Ada beberapa langkah yang dapat sahabat sekretaris terapkan dengan sedikit usaha yang dapat membantu anda tetap sehat di kantor. Sebuah perencanaan dan sedikit tambahan untuk rutinitas sehari-hari, kantor anda dapat membantu anda menjalani gaya hidup sehat.

Menjaga Kondisi Cairan Tubuh

Air membantu tubuh anda agar kinerja fisik dan mental tetap optimal, detoksifikasi dan menjaga pencernaan. Simpanlah botol air di meja anda dan anda akan lebih mudah untuk bisa melakukan rutinitas 8 gelas air setiap hari. Menambahkan beberapa mineral ionik dalam minuman dapat membantu mengurangi stress karena dehidrasi dan menghasilkan energi untuk sepanjang hari.

Bersihkan Wilayah Kerja anda

Apakah meja anda membuat anda pusing?. Keyboard, mouse, telepon dan bahkan meja anda sendiri pelabuhan kuman, mikroorganisme, virus dan bakteri. Gunakan tisu desinfektan, lampu UV atau kain mikro – serat alami dengan larutan desinfektan untuk membantu menjaga ruang kerja anda bersih dan bebas dari hal-hal tersebut.

TIP : Jangan lupa tentang ponsel anda. Gadget adalah tempat berkembang biak yang baik bagi bakteri dan salah satu benda paling kotor yang anda miliki dan anda menyentuhnya setiap saat.

Cuci Tangan Anda

Selain ruang kerja anda, apa pun yang anda sentuh di tempat kerja berpotensi untuk terkonstaminasi penyakit. Jadi sebuah ide yang baik untuk mencuci tangan anda secara teratur. Sabun biasa dan air hangat cukup untuk membasuh tangan dan wajah anda. Jika anda berada di ruangan dengan banyak orang di siang hari atau mungkin ditengah keramaian, selalu persiapkan botol kecil pembersih tangan alami di dekat anda atau di mobil. Ingat, bisa saja anda menjaga kebersihan dan ruang kerja yang bersih, namun orang lain yang bekerja dengan anda mungkin tidak.

Gunakan Pencahayaan yang Penuh

Miskin pencahayaan di kantor anda?, Tidak ada jendela di tempat kerja anda?. Pencahayaan kantor yang kurang dapat membuat anda merasa terkuras atau lelah. Dapatkan lampu spektrum penuh kecil untuk area kerja anda, anda mungkin akan merasakan perbedaan yang besar nanti. Mensimulasikan siang hari di dalam ruangan anda, pencahayaan yang cerah atau terang secukupnya, menghemat energi anda dan membuat nyaman mata anda.

Jangan Paksakan Mata Anda

Redupnya ruangan bukan satu-satunya masalah anda di kantor. Jika anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, pastikan untuk berpaling dari monitor secara berkala dan fokus pada target lain pada jarak yang bervariasi untuk memberikan mata anda istirahat setiap 15-30 menit.

Dapatkan Kursi yang Baik

Jika anda menghabiskan lebih dari 8 jam di kursi hampir setiap hari, berinvestasi di kursi berkualitas tinggi akan mendapatkan manfaat kesehatan yang besar. Tidak ada kursi dapat mengatur kebiasaan postur tubuh yang tepat di tempat kerja, tapi beralih ke kursi yang baik dapat memberikan anda dengan manfaat langsung dan membuat perbedaan dalam cara anda bekerja dalam keseharian.

Bangun, Regangkan dan Berjalan

Istirahatlah sejenak, berdiri, dan bergerak di setiap 30 menit atau lebih. Cukup bangun dan bergerak di sekitar selama beberapa saat dikombinasikan dengan beberapa peregangan ringan dapat membantu membuat anda tetap fokus, mengurangi lelah dan anda akan merasa lebih baik.

Makanan Sehat

Nutrisi yang baik merupakan dasar untuk setiap gaya hidup sehat dan itu tidak sulit untuk melakukannya di hari kerja. Cobalah untuk memutuskan makanan yang sehat di tempat kerja dan pastikan untuk memilih makanan yang berkualitas dan bervitamin setiap kali makan. Suplemen makanan yang tepat diantaranya dengan makanan hijau, probiotik dan omega-3, asam lemak dan lain-lain sering dapat memiliki dampak besar pada kesehatan anda secara keseluruhan.

Nyemil biji dan kacang-kacangan di tempat kerja dapat memberikan energi yang berkelanjutan dan banyak memberikan manfaat kesehatan. Memasok tubuh anda dengan lemak, protein, mineral, dan lain-lain akan membuat sistem kekebalan tubuh anda meningkat dengan hanya makan segenggam kecil kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti: pistachio, kacang mete, kemiri, kenari, biji labu, almond, dan biji bunga matahari.

Gunakan Penyaring Udara

Tempatkan penyaring kecil atau penyaring udara portabel dekat meja anda untuk menjaga udara di lingkungan anda agar tetap bersih. Ini bisa sangat berharga jika anda menderita alergi, sensitif terhadap polusi udara, atau jika anda bekerja di lingkungan kantor dengan ventilasi udara yang buruk.

Tidur Malam yang Baik

Tidur sangat penting untuk penyembuhan tubuh anda dan regenerasi sel. Tidur yang cukup dan berkualitas meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tingkat energi anda sekaligus meningkatkan memori, konsentrasi dan waktu reaksi. Tidur malam yang baik adalah cara jitu untuk membuat badan kita lebih baik dan bekerja lebih baik setiap hari.

sumber: aviva

Dilihat: 13 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan