Mendapatkan pekerjaan mungkin hal yang mudah. Tapi menjadikan karir sesuatu yang bisa mengaktualisasikan diri kita jauh lebih sulit. Buat kamu para wanita muda yang memulai menapaki dunia bisnis dengan menjadi asisten atau sekretaris, tantangan dan kesulitan pasti ada di hadapanmu untuk ditaklukkan. Intip yuk beberapa tips singkat dan mendasar agar kamu bisa bertahan dan mengembangkan karir dengan lancar.

  1. Jangan pernah keberatan menerima kritik sepedas apa pun itu terdengar. Kritik sangat krusial perannya dalam proses pembelajaran.
  2. Pelajari para atasanmu. Kamu pasti bekerja dengan orang-orang berpengalaman yang memiliki banyak kebrilianan. Belajar dari contoh mereka sangatlah berharga.
  3. Kreatif dan inovatiflah di tempat kerja. Kamu muda dan menawarkan outlook yang segar dalam lingkungan itu. Sumbangkan ide-idemu.
  4. Pahami bahwa tidak ada pekerjaan yang ‘terlalu nggak penting’ buatmu. Kamu akan terkejut betapa banyak yang bisa kamu pelajari dari tugas yang nampaknya tidak berarti.
  5. Penampilanmu memang penting, tapi tidak sepenuhnya relevan secara profesional. Jangan takut berdandan terlalu feminin seperti memakai baju dengan warna pink asal kamu sopan dan profesional. Sebaliknya, jangan merasa harus memakai high heels dan make-up tebal hanya agar terlihat seperti sekretaris profesional jika kamu tidak nyaman. Intinya, hargai orang lain dengan penampilanmu. Namun jadilah dirimu sendiri.
  6. Jangan pernah malu buat bertanya atau minta bantuan. Kamu muda, kamu masih belajar. Banyak bertanya akan membuatmu semakin jago.
  7. Tulis surat dan e-mail ‘terima kasih.’Ucapkan dengan jelas dan verbal apresiasimu pada kolega dan atasan atau klienmu.
  8. Coba menabunglah biar sedikit apapun kamu bisa. Bawa bekal makan siang, manfaatkan kartu diskonan, dan berbelanjalah di toko atau butik terjangkau. Kamu pasti ingin menghasilkan uang dari kerja kerasmu, bukannya menyisakan enol rupiah dan hanya lelah tiap akhir bulan.
  9. Ramahlah pada setiap orang di kantormu. Setiap orang berarti termasuk staf kebersihan, tukang kebun, dan satpam kantor. Baik hati dan ramah pada rekan kerjamu bukan cuma menciptakan lingkungan positif, kamu juga akan mendapat banyak bantuan untuk membuat karir yang kamu jalani makin sukses.
  10. Jadilah fleksibel. Peranmu akan sering berganti-ganti. Sebagai sekretaris, seringkali hal yang kamu lakukan akan berbeda dengan deskripsi tugasmu sehari-hari. Pengalaman dan pengetahuan baru akhirnya akan menjadikanmu lebih mumpuni.
  11. Jangan kecilkan kekuatan pendidikan. Jika kamu punya kesempatan dan cara untuk mendapatkannya, kejarlah. Namun, ini bukan berarti kamu harus menggelontorkan banyak uang buat kursus, les atau mengambil perkuliahan setelah kerja. Ada banyak pilihan di luar sana dan tak ada salahnya kamu bersikap masuk akal mengenai pengeluaranmu.
  12. Usahakan agar hubungan pribadimu tidak berbaur dengan lingkungan kerja. Hubungan pribadi bisa berantakan dan kamu pasti tak ingin ini bisa mengganggu kesuksesan pekerjaanmu. Selain itu, jika kamu terlibat pekerjaan dengan rekan kerjamu dan gagal, melihatnya setiap hari setelah putus bisa jadi sangat tidak nyaman.
  13. Selalu ikuti berita tentang profesimu. Baca artikel dan blog tentang dunia sekretaris dan bidang perusahaanmu bergerak. Jagalah agar pengetahuanmu selalu up-to-date.
  14. Pada dasarnya, kamu cuma bisa membuat rencana. Bersiap-siaplah segala kemungkinan akan terjadi. Miliki rencana back-up dari setiap rencana yang kamu buat.
  15. Kadang, kamu mungkin merasa harus bekerja lebih keras untuk membuat kesan baik dibanding para pria. Tak apa-apa, gunakan itu sebagai motivasi. Jangan pernah merasa inferior dengan jenis kelamin atau pekerjaanmu.
  16. Gunakan bahasa tubuh untuk mengekspresikan poin-poin penting. Manfaatkan keluwesanmu untuk sukses berkomunikasi
  17. Sabarlah. Sangat mudah frustasi ketika kamu tidak berhasil melakukan apa yang kamu rencanakan baik karena pekerjaanmu memang terlalu susah atau karena pihak lain tidak mau bekerja sama. Kadang bahkan kamu mungkin bekerja di kantor yang tidak menawarkan banyak penghargaan bagi kerja kerasmu. Sadari bahwa hal itu hanya akan membuatmu lebih tangguh. Hal-hal baik akan datang pada saat yang tepat.
    Ingat untuk selalu tersenyum, percaya diri, dan menjaga mimpi-mimpimu. Teruskan tingkah positifmu dan kamu akan bisa meraih apa pun yang kamu inginkan di karirmu.

Dilihat: 8 kali

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

WordPress spam blocked by CleanTalk.