Untuk menjaga agar stamina dan energi sahabat sekretaris tetap terjaga, sekalipun kita dalam situasi yang sangat sibuk dan waktu yang serba terbatas. Berikut hasil penelitian para ahli kesehatan yang bisa bermanfaat untuk menjaga peforma kita supaya tetap prima.

1. Bangun tidur dengan teratur, Meskipun tertekan atau lelah usahakan bangun pagi di jam sama seperti biasanya. Langsung mandi di bawah cahaya terang. Pada saat stres siklus tidur biasanya mundur 12 menit setiap hari. Stres sebulan sama dengan memundurkan waktu tidur selama 6 jam. Jika siklus tidur mundur otomatis siklus bangun pun ikut mundur. Dan jika dibiarkan akan bertambah drop. Untuk itu sambutlah sinar matahari. Jalani ritual ini tanpa perduli hari libur atau hari kerja.

2. Banyak konsumsi protein dan batasi karbohidrat, walaupun bisa menyediakan energi dalam waktu singkat, tapi konsumsi yang berlebih bisa menyebabkan lelah dan mengantuk. Mereka yang mengkonsumsi protein akan lebih energik dibanding yang mengkonsumsi karbohidrat. Batasi karohidrat tidak lebih dari 150gr sehari. Pilih sarapan 40gr outmel (setara 25 gr karbohidrat) dan 1 buah apel(20 gr karbohidrat), untuk makan siang : 1. Cangkir nasi merah 55 gr nasi merah + 0.50 cangkir brokoli (5 gr karbohidrat) Dan makan malam secangkir spageti bayam dengan sedikit saos tomat.

3. Minum kopi di sore hari supaya terjaga stamina coba minum setengah atau secangkir kopi menjelang sore atau ketika kantuk menyerang. Tapi jika sensisitf lawan dengan kegiatan jalan-jalan di sekitar. Kopi mengandung kafein yang bekerja dengan cara mengahalangi efek adenosina, yaitu senyawa kimia di otak yang membuat kita semakin mengantuk. Jadi minum kopi menjelang sore itu pas.

4. Makan tepat waktu Makanlah 3 kali sehari dengan tepat waktu dan gizi yang seimbang. Kebutuhan kalori kita mirip dengan ritme harian , dan tubuh butuh asupan makanan pada pukul 7 atau 12 siang . Jika kita tidak peduli maka tubuh akan cepat lelah, dan rasa lapar yang tetunda mendorong kita makan lebih banyak.

5. Luangkan waktu untuk meditasi atau olah napas lakukan meditasi meski hanya dalam 3 detik. Karena dapat mengurangi produksi hormon stres yang menekan otot dan pembuluh darah. Meditasi juga meningkatkan hormon endorfin ‘pereda sakit’ dan ‘pembangkit semangat’. Cari tempat-tempat tenang untuk meditasi atau olah napas, duduk dan pejamkan mata. Dengarkan alunan napas kita sendiri. Tarik napas perlahan dan hembuskan perlahan. Lakukan dalam beberap hitungan. Bayangkan alam yang indah. Tempat yang sejuk dan segar di pikiran. Intinya selama meditasi visualisasikan sesuatu yang membuat kita bahagia.

6. Jalan-jalan sore tidak ada salahnya atau break sebentar dari pekerjaan untuk meluangkan waktu untuk jalan-jalan. Atau pergi ke luar jendela untuk melihat pemandangan di luar ruangan.

7. Mulai hari dengan musik Dengarkan musik lewat ipod, mp3 palyer atau media lainnya untuk memulai hari. Atau untuk menghindari kebosanan.

8. Matikan lampu menjelang tidur Studi menunjukan bahwa cahaya yang terang yang setara dengan matahari pagi bisa meningkatkan aktiitas otak. Sama seperti cahaya komputer di malam hari apalagi video game. Ganti hiburan di komputer dengan menonton tv. Jaga jarak dengan layar minimal 5 meter. Tapi sebaiknya bacalah buku atau majalah agar lebih cepat mengantuk. Pastikan juga lampu yang digunakan berkekuatan tidak lebih dari 60 watt. Biasakan untuk mematikan komputer 1 jam sebelum tidur.

Semoga bermanfaat.

Dilihat: 5 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan