Sahabat Sekretaris, beberapa hari lalu kami mendapatkan suatu pelajaran baru dari salah satu rubrik koran mengenai judul di atas
, yang ditulis oleh pakar people development ternama. 

Dan menariknya ini akan menjadi salah satu acuan kita, para sahabat sekretaris untuk membenahi lagi personal skill masing-masing.

Apa  sebenarnya yang dimaksud dengan “behaviour intelligence”?

Dalam terjemahan bahasa Indonesia artinya adalah : Kecerdasan perilaku.

Tetapi dalam arti yang lebih luas,  behaviour  intelligence atau kecerdasan perilaku ini adalah : sekumpulan keterampilan dan kemampuan untuk menyeleksi, mengeksekusi, dan memilih tindakan yang tepat  untuk mengelola suatu situasi, baik sosial maupun yang bersifat proyek non manusia.

Ciri-ciri seseorang yang mempunyai behaviour intelligence adalah :

  • Cara berpikirnya efektif
  • Mempunyai kemampuan time management yang baik atau kuat
  • Mempunyai kapasitas operasional yang kuat
  • Peka terhadap deadline
  • Tidak egois, dan sangat mengutamakan team work

Kemampuan ini jelas tidak tergantung pada posisi, pangkat, wewenang atau latar belakang tugas seseorang dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Bahkan seorang sekretarispun yang punya kompetensi, bisa mempunyai kemampuan behaviour intelligence yang baik.

Jadi siapapun menjadi mutlak untuk menggali dan mengasah kemampuan behaviour intellegence untuk menjadi lebih baik dalam berperilaku tidak hanya dalam karir tapi juga dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Memang berbeda antara behaviour intelligence dengan emotional intelligence (kecerdasan emosi),  tetapi akan menjadi saling mendukung dan berkaitan.

Katanya orang dengan kecerdasan emosi yang tinggi itu  “smart with people”.

Sementara orang dengan behaviour intelligence yang tinggi, tahu cara menyelesaikan tugas, baik yang melibatkan orang maupun tidak.

Juga tidak semua yang ber-EQ tinggi otomatis memiliki kecerdasan perilaku.

Akan banyak situasi yang membutuhkan kemampuan operasional yang baik yang tentunya hanya dipunyai oleh seseorang yang memiliki kecerdasan perilaku yang baik pula.

Oleh karenanya behaviour intellligence ini harus dijaga dan dikembangkan.

Dilihat: 26 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan