Memakai pakaian yang benar untuk bekerja ketika musim hujan adalah sebuah pekerjaan khusus tersendiri. Seema Khinnavar seorang stylish dari India memberikan tip yang bisa membantu sahabat sekretaris dalam berpakaian yang benar pada saat musim hujan.

Ketika hujan datang memberikan berkah kepada kita, hujan juga membuat jalanan menjadi basah, kaki yang penuh lumpur dan transportasi yang macet disepanjang jalan menuju tempat kerja. Hal ini kadang memberikan dilema kepada sahabat sekretaris bagaimana berpakaian tetap baik ketika tiba di kantor.

Seorang trainer Management dari Rediffusion Wunderman – Harveen Narula – mengatakan, “Sangat penting untuk tetap tampil profesional dan tetap nyaman di tempat kerja. Namun ketika musim hujan, Saya tidak bisa memakai sepatu kulit formal saya atau terusan yang panjang. Namun, saya akan memakai rok panjang selutut dan legging, digabung dengan syal dan sandal anti hujan. Bahkan saya telah membeli payung lebar untuk menghadapi musim hujan”, demikian katanya.

Idealnya, pakaian apapun yang dipakai tidak akan bermasalah. Seorang pegawai harus dinilai berdasarkan keahlian dan kemampuannya. Namun di dunia nyata penampilan sangat penting dan kadang selalu digambarkan sebagai representasi dari karakter dan individu orang tersebut, pada saat inilah memilih pakaian ketika musim hujan menjadi sangat tricky. Anda mungkin hebat dalam bekerja, tapi bila anda datang dalam keadaan basah kuyup, pakaian yang kotor dan sepatu yang penuh lumpur, hal itu akan memperburuk image profesional anda. Dengan sedikit tips cara berpakaian, anda akan percaya diri untuk menghadapi musim hujan dengan tetap gaya dan nyaman.

Mall saat ini sangat banyak menawarkan payung dan jas hujan yang penuh warna, transparan atau corak-corak yang bagus. Pastikan memilih payung lipat yang dapat melindungi anda dari hujan tapi juga masuk ke dalam tas. Ketika hujan sangat deras, jas hujan adalah pilihan terbaik dibanding payung untuk menjaga anda tetap kering. Namun, ketika anda tiba ditempat kerja, mengeringkan dan menyimpang jas hujan akan menjadi masalah.

Tinggalkan sepatu kulit, namun pilihlah sepatu balet flat yang penuh warna, sepatu lembek atau bahkan sepatu crocs. Sendal jepit platik akan terlihat norak di lingkungan profesional sehingga memilih alas kaki dengan nuansa netral dan desain minimal merupakan pilihan terbaik. Pastikan memakai sepatu yang mempunyai alas kaki yang kokoh dan cengkraman kuat pada tanah sehingga tidak licin. Jika anda bekerja di tempat yang sangat formal, bawa sepatu formal anda dalam tas atau masukan kedalam kabinet anda bila memang anda memilikinya.

Atasi cuaca mendung dengan pakaian yang bernuansa merah cerah, ping, oranye atau biru. Gunakan bahan yang ringan seperti lycra atau polyester dan lain-lain. Bahan-bahan seperti ini bebas dari lipatan dan mudah untuk dicuci dan dikeringkan. Hindari memakai baju yang berwarna putih atau pastel karena mereka cenderung akan menjadi transparan ketika basah sehingga bayangan tubuh anda akan terlihat.

Terusan jas hujan panjang yang kuno dipadu dengan baju atau terusan formal juga taruhan yang oke untuk musim hujan. Ketika memilih terusan, pastikan memilih yang bercorak pantaloon gelap. Jauhi bahan jenis jeans atau corduroy karena mereka bisa mudah kotor dan menyerap air sehingga akan berat ketika anda pakai.

Cuaca lembab yang ekstrim di udara juga dapat merusak gadget anda, jadi pakaikan bungkus anti air yang baik untuk alat anda.

Begitu pula dengan rambut, pemakaian pengering dengan pemanas untuk meluruskan atau mengkeritingkan rambut anda supaya dihindari karena rambut anda akan berantakan ketika bersentuhan dengan cuaca yang lembab.

Juga hindari tas kulit atau tas berbahan kain karena mereka akan mudah berjamur ketika terkena lembab dan basah. Lebih baik masukan peralatan anda kedalam tas anti air. Hindari pula pemakaian perhiasan yang berlebihan ketika musim hujan, pakailah seminimal mungkin. Bisa saja anda memakai perhiasan berbahan dasar plastik karena perak akan berwarna hitam ketika terkena lembab.

Dan yang terakhir adalah parkirlah mobil anda dengan aman di tempat yang kering dan ternaungi. Bila anda memarkis mobil anda di jalanan, akan sangat sulit bagi anda mencapainya tanpa menginjak lumpur atau becek disekitarnya.

Setiap kantor memiliki budaya yang berbeda-beda antara satu dan lainnya dan anda harus mengikuti aturan tidak tertulis tentang bagaimana berpakaian yang cocok di lingkungan anda. Jadi pastikan anda mengikuti aturan tapi tetap menjaga kenyamanan anda sendiri. Selamat bekerja!

Dilihat: 44 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan