Sekertarisku – Buat kamu yang sedang sibuk cari kerja, proses tes dan wawancara pasti merupakan santapan atau tantangan yang harus dilibas. Jadwal interview memang seringkali bikin deg-degan. Biar proses wawancaramu jadi sekretaris lancar, ini nih beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan pada hari H :

  1. Matikan peralatan elektronik
    Ketika kamu sampai di lokasi wawancara, matikan ponselmu. Kini kamu akan sepenuhnya fokus pada wawancara dan tak akan diinterupsi oleh dering ponsel. Menggunakan iPod atau bermain tablet ketika menunggu proses wawancaramu adalah sebuah etiket buruk dan memberi kesan kamu tak benar-benar punya ketertarikan menjalani itu.
  2. Ucapkan salam pada sang resepsionis
    Berikan salam pada resepsionis dengan sopan dan bicaralah dengan penuh percaya diri ketika kamu memperkenalkan dirimu. Jelaskan alasamu berada disana.
    Kamu sebaiknya datang sepuluh menit lebih awal. Habiskan waktu ini dengan mengobrol dengan sang resepsionis. Kamu akan bsia mendapatkan informasi berguna mengenai perusahaan itu atau pewawancaramu sekaligus membuat kesan yang positif pada sang resepsionis. Kamu juga mungkin akan dimintai untuk melengkapi beberapa formulir waktu tiba. Pastikan bahwa kamu memberikan informasi yang benar dan lengkapilah segala persyaratan.
    Kadang, orang yang bertugas mewawancarai para pelamar yang cari kerja bisa jadi akan menanyai asisten mereka tentang pendapat mereka terhadap kandidat. Jadi, pastikan kamu bersikap profesional dan sopan pada semua staff. Pandanglah semua kontak yang kamu lakukan di perusahaan itu sebagai bagian dari proses wawancaramu. Apalagi, sebagai calon sekretaris, kamu harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik dan bisa bekerja sama dengan semua pihak di perusahaan itu.
  3. Salami sang pewawancara
    Kesan pertama dalam proses wawancara sangatlah penting. Kesan pertama yang muncul dalam pandangan sang pewawancara tentangmu bergantung pada caramu memberinya salam. Pastikan kamu berdiri, melihat langsung ke mata sang pewawancara dan memberinya jabatan tangan yang kokoh. Ucapkan juga salam padanya. Sangat berguna untuk mengetahui nama pewawancaramu sehingga kamu bisa memanggilnya dengan namanya. Ini akan membangun hubungan yang baik. Tunggu sampai sang pewawancara memberimu sinyal untuk duduk, baik dengan gestur tangan atau ketika dia sendiri juga sudah duduk.
  4. Duduklah dengan baik
    Jika kamu duduk di depan meja atau kursi dengan meja, tempatkan dokumenmu pada meja dan bukannya di pangkuanmu. Jika kamu membawa tas tangan, taruhlah tas itu di lantai dekat kakimu. Akan sangat menghalangi jika kamu meletakkannya di pangkuan atau di meja.
  5. Jangan terbata-bata
    Ini juga berarti jangan bergumam, jangan berputar-putar, jangan tidak menjawab pertanyaan apa pun yang diajukan kepadamu. Jawablah semua pertanyaan dengan tepat bahkan seandainya kamu butuh waktu beberapa saat untuk diam  sejenak dan mengumpulkan alur pikiran untuk menjawabnya. Penting untuk diingat: lebih baik sih kamu diam dulu sejenak untuk memikirkan jawaban dari pada kamu langsung bicara dengan instan dan menyesali jawabanmu.
  6. Positiflah
    Orang yang mewawancaraimu akan memikirkan bagaimana rasanya bekerja sama denganmu. Jadi, hal terakhir yang ingin mereka dengar adalah ceritamu tentang bos dan kolega lamamu yang mentebalkan. Para pewawancara ingin melihat seseorang yang menikmati tantangan dan antusias. Apalagi, karena kamu sedang cari kerja jadi sekretaris, kamu harus bisa selalu terlihat enerjik dan menyenangkan setiap saat.
  7. Ingat bahasa tubuhmu
    Selain apa yang kamu katakan, yang sangat penting juga adalah bagaimana caramu mengatakannya. Selama wawancara, jangan melipat lenganmu atau bersandar atau melihat lantai. Duduklah dengan tegak dan jagalah kontak mata yang baik. Gunakan tanganmu ketika sedang membuat sebuah pernyataan penting. Banyak orang tidak bisa berpikir dan mengendalikan bahasa tubuh di saat yang bersamaan, karena itulah kamu harus mempersiapkan diri dengan baik.

Itulah tujuh tips wawancara untuk persiapanmu ketika melalui rangkaian proses mencari kerja. Pastikan mengikuti tiga aturan P: persiapan, praktek, performa. Kamu pasti bisa menjadi kandidat yang mengesankan siapa saja.

Dilihat: 76 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan