Home Karir Contoh Pertanyaan Wawancara untuk Posisi Staf Administrasi

Contoh Pertanyaan Wawancara untuk Posisi Staf Administrasi

by webmaster
 

sekertarisku – Staf administrasi memiliki tugas utama dalam mengatur dan mengkoordinasikan aktivitas yang berkaitan dengan administrasi dan ketatausahaan di perusahaan. Mereka harus mampu menangani berbagai tugas seperti mengelola surat menyurat, menyusun dan memasukkan data, membuat pembukuan, mengatur jadwal, dan melakukan panggilan telepon, serta tugas-tugas teknis lainnya.

Untuk menjadi bagian dari tim staf administrasi, calon karyawan harus melewati beberapa tahapan seleksi seperti seleksi berkas, tes potensi akademik dan tes psikologi. Setelah melewati tahap-tahap tersebut, wawancara kerja merupakan tahap selanjutnya yang harus dilalui.

Untuk memastikan wawancara kerja berjalan lancar dan membantu kamu mempersiapkan diri, inilah beberapa contoh pertanyaan yang bisa kamu pelajari.

  1. Mengapa Anda Layak Menjadi Pilihan Kami?
    Pertanyaan ini diajukan oleh perekrut untuk memastikan apakah Anda memiliki potensi untuk berkontribusi dan memecahkan masalah dalam perusahaan. Berikan jawaban yang meyakinkan perekrut bahwa Anda memiliki kompetensi dan dedikasi yang dibutuhkan.
  2. Apa Pengetahuan Anda Tentang Perusahaan Kami?
    Untuk mempersiapkan diri menjawab pertanyaan ini, pelajari informasi mengenai perusahaan sebelum menghadiri sesi wawancara. Kunjungi situs resmi perusahaan, perhatikan bidang usaha, visi dan misi, serta latar belakang perusahaan. Buat catatan yang berguna dan latih jawaban Anda sebelum menghadiri wawancara.
  3. Mengapa Anda Berminat Bekerja Sebagai Staff Administrasi di Perusahaan Kami?
    Tanyakanlah pada diri sendiri, apa yang membuat kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan ini dan mengambil posisi sebagai staff administrasi. Jika sudah menemukan jawabannya, pastikanlah untuk menyampaikan dengan jelas dan meyakinkan pada perekrut. Jangan lupa untuk mempromosikan kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki, dan bagaimana kamu dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.
  4. Bisa Ceritakan Tentang Diri Anda?
    Menjawab pertanyaan ini, ceritakanlah secara singkat tentang identitas dan profil kamu. Sertakanlah tujuan dan target karir yang ingin dicapai, dan bagaimana perusahaan ini bisa membantumu mencapainya. Jangan lupa untuk menyertakan faktor yang membuat kamu tertarik dengan perusahaan ini dan posisi staff administrasi. Jawablah dengan jujur dan ringkas namun tetap informatif.
  5. Apa Kekurangan Kelebihan Anda?
    Menjawab pertanyaan “Apa Kekurangan dan Kelebihan Anda?” sangat penting dalam sesi wawancara kerja. Terlebih untuk posisi staff administrasi, perusahaan pasti ingin tahu apa saja skill yang kamu miliki dan bagaimana kamu mengatasi kekuranganmu.

Untuk kelebihan, pastikan untuk menyebutkan kompetensi-kompetensi penting seperti ketelitian, manajemen emosi dan waktu yang baik, serta kesabaran. Tak hanya itu, prestasi dan sertifikasi yang kamu miliki seperti sertifikasi pelatihan Microsoft Excel atau pelatihan bahasa Inggris juga bisa diceritakan.

Namun, setiap individu pasti memiliki kekurangan. Oleh karena itu, jawablah dengan jujur apa saja kelemahanmu dan bagaimana kamu berusaha untuk memperbaikinya. Misalnya, jika kamu sering lupa, ceritakan bagaimana caramu mencatat tugasmu dan membuat notes untuk membantumu mengingat.
Dengan demikian, perekrut akan melihat bahwa kamu memiliki kesadaran akan kekuranganmu dan berusaha untuk memperbaikinya.

Itu tadi beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja untuk posisi staff administrasi yang bisa kamu jadikan panduan. Di era New Normal ini persaingan kerja semakin ketat lho, dibutuhkan skill dan kemampuan yang terus berkembang untuk jadi yang terbaik. Cara praktis untuk mengasah kemampuanmu adalah dengan mengikuti pelatihan online di TopEdu, yuk mulai pelatihanmu sekarang!

Dilihat: 401 kali

Pin It

You may also like

Leave a Comment