Etika Bisnis
 

sekretarisku – Perjalanan bisnis sering menjadi suatu keharusan ketika anda bekerja untuk sebuah perusahaan besar atau bisnis kecil berbasis rumah. Namun begitu banyak bisnis dapat dilakukan melalui telepon, e-mail, komputer dan faks. Suatu hari akan datang ketika anda perlu melakukan perjalanan untuk bisnis, dan bagaimana anda melaluinya, bisa menentukan sebuah perjanjian bisa disepakati atau tidak. Oleh karenanya, etika bisnis dalam bepergian sangat penting untuk diperhatikan.

Yang Harus Diperhatikan Dalam Etika Bisnis

Selalu ingat bahwa anda mewakili perusahaan anda dalam seluruh perjalanan anda, baik dari saat anda memulai maupun ketika mengakhiri perjalanan anda di bandara. Segala gerak gerik anda akan menjadi perhatian bagi maskapai personil, kuli Hotel, karyawan restoran dan orang lain yang anda temui di perjalanan. Anda tidak pernah tahu kapan seseorang yang anda temui mungkin berhubungan dengan CEO perusahaan klien anda atau ketika anda memperlakukan buruk seseorang dan orang itu membuat keluhan resmi kepada majikan anda. Berperilakulah yang terbaik ketika anda bepergian dan anda akan membangun hubungan yang dapat berdampak dari bawah ke atas. Sebagai bonus, anda akan lebih menikmati perjalanan anda bila anda lebih sopan dan baik kepada orang lain. Ini hal penting pertama terkait etika bisnis ketika dalam perjalanan.

Pelajari Budaya

Etika bisnis yang perlu anda lakukan setelah anda memesan perjalanan anda, lakukanlah penelitian. Mulailah dengan mempelajari adat dan budaya dari tempat yang akan anda tuju. Jika anda mengunjungi sebuah negara asing, cobalah membaca sebuah surat kabar online dari kota di mana anda akan tinggal. Gunakan internet untuk memilih restoran untuk makan bersama klien anda, dan membuat pemesanan sebelumnya. Segarkan ingatan anda pada dasar-dasar perkenalan, cara makan dan memberi hadiah sebelum anda meninggalkan rumah dan memulai perjalanan anda.

Ketika Di Dalam Pesawat

Jika anda bepergian dengan orang lain, mintalah padanya agar anda duduk di samping rekan bisnis anda di pesawat. Duduk bersama-sama akan memastikan percakapan anda rahasia dan penumpang lain akan menghargai dan tidak harus mendengarkan anda berbicara di lorong atau di melalui kursi. Hindari alkohol ketika di pesawat dan selama perjalanan anda. Traveling bukan alasan untuk menikmati minuman beralkohol dan atasan anda tidak akan menghargai untuk tagihan berlebihan atau mendengar tentang kejenakaan liar anda di pesawat.

Hadiah Dalam Bisnis

Memberikan hadiah bagi perusahaan yang anda kunjungi termasuk dalam etika bisnis yang harus anda ketahui. Sebelum bepergian, pastikan juga anda mengerti etiket perusahaan yang anda kunjungi terkait pemberian hadiah. Sadarilah bahwa banyak perusahaan dan kantor-kantor pemerintah memiliki aturan ketat tentang menerima hadiah. Hubungi resepsionis atau sekretaris perusahaan dari orang yang akan anda temui. Dan anda bisa menentukan bagaimana hadiah yang oke dalam perjalanan ini.

Penggunaan Teknologi

Ini etika bisnis yang sangat penting anda perhatikan di saat ini. Gunakan teknologi dengan tetap menghormati orang di sekitar anda. Gunakan earphone ketika anda mendengarkan laptop atau ketika memegang gadget. Ubah ponsel anda dalam keadaan off saat terbang dan ketika menghadiri pertemuan. Jika anda harus menerima sebuah telepon, beritahukan orang lain tahu sebelumnya dan meninggalkan tinggalkan pertemuan ketika panggilan telepon masuk.

Tepat Waktu

Jadilah tepat waktu dalam semua pertemuan anda dan berpakaian secara profesional, ini tentu menjadi rahasia umum yang banyak orang ketahui terkait etika bisnis. Gunakan pakaian kasual anda untuk malam hari dan akhir pekan ketika anda tidak akan menghabiskan waktu anda dengan klien. Buat rencana untuk selalu mensibukkan diri dan tidak mengharapkan klien untuk menghibur anda. Jika anda diundang untuk makan santai atau kegiatan lain di luar jam, jangan ragu untuk menerima tetapi perhatikan pakaian anda. Bahkan ketika tuan rumah anda meminta anda untuk berpakaian santai, perlu diingat bahwa anda masih melakukan bisnis dan pastikan anda menjaga “bisnis” dalam keadaan “bisnis santai.” Anda memang sedang bersantai, tapi etika bisnis harus tetap diperhatikan.

Sosial

Menahan diri anda untuk membahas isu-isu yang tidak pantas saat bepergian seperti agama, politik, dan lain-lain adalah termasuk etika bisnis. Tanggapi dengan hormat ketika anda dimintai pendapat atas suatu topik sensitif dan kemudian beralih cepat ke topik lain. Jika siapa pun, termasuk klien, mulai untuk menyinggung kebangsaan anda, jangan tersinggung. Beritahu mereka bahwa anda memahami kenapa mereka berpendapat demikian dan ubahlah topik pembicaraan. Pertemuan dengan klien tidak ada tempat untuk memasukkan urusan pribadi.

Ketika kembali

Ketika anda kembali ke kantor anda, kirim dalam bentuk tulisan tangan rasa terima kasih anda segera. Biarkan klien anda tahu betapa anda menghargai keramahan mereka dan berapa banyak anda menikmati perjalanan anda. Sebuah catatan tulisan tangan jauh lebih pribadi daripada e-mail yang dikirim buru-buru. Hal ini mungkin jarang diketahui orang bila termasuk dalam etika bisnis.

Penutup

Memperhatikan etika bisnis saat anda bepergian dapat membantu anda mencapai promosi yang anda inginkan atau kesepakatan perjanjian yang telah anda tunggu-tunggu sekian lama. Anda mungkin tidak memiliki kontrol atas jadwal perjalanan anda, dimana bagasi anda berakhir atau dimana klien anda ingin bertemu, tetapi anda memiliki total kontrol terhadap perilaku anda sendiri. Dengan memperhatikan tata krama bisnis, perjalanan anda akan menyenangkan, produktif dan menguntungkan.

sumber: click disini

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 50 kali

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

WordPress spam blocked by CleanTalk.