etika bisnis
 

sekretarisku – Ada pertanyaan masuk ke meja redaksi sekretarisku mengenai etika bisnis yang sebenarnya seperti apa. Sebut saja namanya Eko, intinya menanyakan bagaimana berbisnis yang baik ditengah nuansa bisnis di Indonesia yang orang sudah tau sama tahu kadang hal yang salah menjadi benar karena kebanyakan orang melakukannya.

Etika bisnis adalah keterampilan dasar yang diperlukan bagi orang-orang di setiap tingkat pekerjaan. Etika menunjukkan profesionalisme, mempromosikan kepercayaan dan menunjukkan anda peduli tentang diri anda, perusahaan anda, pelanggan anda dan pekerjaan anda. Dalam banyak kalangan bisnis, mengikuti aturan etika adalah sama pentingnya dengan melakukan pekerjaan dengan baik.

Dasar Etika Bisnis

Postur yang baik, berjabat tangan dengan cara tradisional, membuat kontak mata, tersenyum pada perkenalan pertama dan melakukan pembicaraan kecil adalah dasar-dasar dalam etika bisnis. Mengulangi nama seseorang ketika anda diperkenalkan menunjukkan kepada orang lain bila anda peduli, dan mengatakan nama anda sendiri membuat lawan bicara untuk mengingat nama anda dan tidak perlu malu untuk kembali menanyakan kembali. Dalam lingkaran paling profesional, hindari memanggil langsung dengan nama pertama, ganti dengan “bapak” atau “ibu”, kecuali anda diminta olehnya.

Mengamati dan Bercermin

Jika anda baru ke dunia bisnis, amati interaksi atasan anda dengan rekan kerja dan klien. Sementara model anda mungkin tidak selalu sempurna, observasi akan memungkinkan anda untuk menyerap iklim dan budaya usaha dan belajar dari orang-orang di sekitar anda. Pada pertemuan, duduk atau berdiri ketika kelompok atau lawan bicara yang lain melakukannya, jaga postur tubuh anda dan perhatikan pembicara. Selalu datang tepat waktu dan siap jika anda secara aktif terlibat dalam pertemuan tersebut.

Cakupan Ketepatan Waktu dan Pekerjaan

Selalu tepat waktu untuk bekerja dan mengikuti pertemuan juga merupakan bentuk dasar etika bisnis. Jika anda terlambat atau akan absen, lakukan pemberitahuan terlebih dahulu sebisa mungkin dan berbicara dengan seseorang secara pribadi. Jika situasi memungkinkan, minta rekan kerja untuk menutupi pergeseran kerja atau tugas jika anda memiliki absen yang direncanakan atau liburan, dan biarkan atasan anda melakukan pengaturan.

Etika Komunikasi

Sebagian besar perusahaan besar memiliki standar untuk etika komunikasi dalam bisnis, tapi usaha kecil kadang juga mengikuti dasar etika bisnis juga. Tanggapi semua email dan surat dalam jangka waktu yang ditentukan bahkan jika anda tidak memiliki jawaban segera. Tinggalkan pemberitahuan “keluar kantor” pada sistem voice mail dan email dengan perkiraan waktu untuk kembali dan nama kontak dan nomor alternatif yang bisa dihubungi.

Bahasa, Tingkah Laku dan Berpakaian

Dalam bisnis, anda akan berhadapan dengan rekan kerja dan klien dari berbagai usia, budaya dan latar belakang. Hindari menggunakan hal yang trendi, gaul dan kata-kata kutukan. Periksa pengucapan nama sulit, produk dan tempat. Jika anda tidak yakin dalam pengucapan, tidak apa-apa untuk bertanya. Berpakaian sesuai dengan tingkat klien dan rekan kerja anda dan menghindari perhiasan mencolok, pemakaian cologne yang kuat atau parfum. Tingkah laku yang tidak pantas juga harus dihindari termasuk jabat tangan non-tradisional, memeluk, jabat tangan “jalanan” atau merubah-rubah mimik wajah. Ini semua mungkin sepele tapi termasuk kedalam dasar etika bisnis.

Sumber: Click Disini

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 576 kali

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

WordPress spam blocked by CleanTalk.