Interview kerja - 15 Tips
 

sekertarisku – Sebuah interview kerja adalah salah satu momen yang paling menegangkan dalam hidup kita. Tidak akan ada orang di muka bumi yang tidak akan merasa gugup selama wawancara. Selain kualifikasi dan pengalaman, keinginan anda yang kuat untuk bekerja pada sebuah perusahaan dapat membuat anda diterima.

Tapi, untuk itu, sangat penting untuk mengatasi wawancara anda dan kami merasa bahwa jika anda mengikuti tips yang disebutkan di bawah ini, kemungkinan akan meningkatkan peluang anda melewati proses ini. Kami percaya bahwa anda tidak hanya akan mengatasi kegugupan anda, tetapi juga keluar sebagai bintang bersinar. Berikut tips untuk interview kerja yang bisa anda ikuti.

1. Buat resume yang menarik

Pengenalan pertama anda untuk majikan masa depan anda terjadi melalui resume anda. Oleh karena itu, anda harus berhati-hati ketika menyusun resume anda. Pastikan resume anda dalam format yang tepat dan informasi yang diberikan dalam resume mengikuti standar industri. Juga, pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau kesalahan konyol dalam resume. Hal ini dapat membunuh konten dan memberikan kesan buruk. Jika anda tidak cukup mahir membuat resume, anda dapat bertanya pada teman atau mendapatkan bantuan profesional.

2. Penelitian tentang perusahaan

Ketika anda mendapatkan panggilan untuk interview kerja, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan penelitian tentang perusahaan. Latar belakang penelitian tidak hanya membantu anda belajar tentang masa lalu dari perusahaan dan masa depan tetapi juga akan membantu anda memberikan kesan pada pewawancara ketika dia bertanya pada anda apapun yang berhubungan dengan perusahaan mereka.

3. Review kelebihan dan kekurangan anda

Sebelum anda bersiap-siap untuk interview kerja, pastikan anda meninjau kemampuan tertinggi dan terendah anda. Anda harus menjadi orang pertama yang tahu apa yang baik dan apa yang tidak untuk anda. Untuk ini, anda bahkan dapat mengambil pengalaman masa lalu anda untuk disampaikan. Jika anda tidak tau kualifikasi anda, anda tidak bisa meyakinkan pewawancara untuk mempekerjakan anda.

4. Kenakan pakaian yang tepat

Wawancara adalah kesempatan formal dan anda harus memiliki pakaian yang sesuai untuk itu. Anda tidak dapat memakai setelan olahraga atau memberikan tampilan kasual. Tidak ada denim, yang ada adalah dasi, tidak ada rok Mini. Kancingkan kancing bawah kemeja dan gunakan celana panjang. Atau anda dapat memasangkan baju anda dengan rok panjang selutut. Ikat rambut anda menjadi sanggul atau setidaknya pastikan mereka rapi. Jangan pergi ke sebuah interview kerja untuk menunjukkan gaya rambut baru anda.

5. Hindari kelebihan makeup

Interview kerja adalah interaksi profesional yang tidak memiliki tempat untuk makeup. Kecuali anda harus pergi ke sebuah agen modeling untuk wawancara, anda tidak seharusnya memakai make-up tebal. Makeup yang sederhana adalah pilihan terbaik untuk wawancara kerja.

6. Tepat waktu ke tempat interview kerja

Waktu adalah uang. Anda pasti sudah mendengar pepatah ini beberapa kali di masa lalu. Tapi, ketika datang ke wawancara, sebenarnya ini pun berlaku. Jika anda mencapai lokasi tepat waktu, anda akan membuat kesan yang baik dan jika anda membuat kesan yang baik, ada kemungkinan tinggi bila anda akan lolos interview kerja. Jika anda lolos interview, anda akan mendapatkan uang! Jadi, anda lihat, mereka semua saling terkait.

7. Sapa pewawancara

Segera setelah anda bertemu pewawancara, sapalah dia. Ini adalah cara formal untuk memecahkan kebekuan. Plus, hal ini akan memberitahu pewawancara bahwa anda memiliki pengetahuan tentang etika wawancara.

8. Kenakan senyum yang menyenangkan

Selama melalui proses interview kerja, pertahankan senyum yang menyenangkan. Jangan nyengir atau menyeringai. Buat senyum anda terlihat asli, bukan pura-pura. Senyum juga akan membantu anda menyembunyikan kegugupan anda. Hal ini juga akan memudahkan untuk berbicara dengan pewawancara.

9. Menjaga kontak mata

Selama wawancara, pastikan anda mempertahankan kontak mata dengan pewawancara. Tidak melihat ke sana-sini atau melihat dinding atau hal-hal yang ada di sekitar. Bila itu anda lakukan, akan memberikan kesan buruk, mengungkapkan kegugupan anda dan di bawah keyakinan.

10. Tenang

Ini adalah interview kerja dan anda harus menangani tekanan itu, sehingga anda tidak perlu merasa gugup, gelisah atau apapun itu. Tapi anda harus menyadari bahwa, anda dapat mengalihkan kegelisahan anda dengan memberikan perhatian anda untuk tetap fokus pada wawancara. Oleh karena itu, tenang. Ambil napas dalam-dalam jika perlu.

11. Bicarakan tentang kekuatan anda

Selama wawancara, anda seharusnya benar-benar menjual diri. Bicarakan tentang prestasi anda dari masa lalu dan juga menunjukkan bagaimana kekuatan dan bakat yang sangat cocok untuk posisi yang telah anda lamar.

12. Akui kelemahan anda

Akui titik lemah anda dan berbicara tentang itu ketika pewawancara meminta anda tentang hal yang sama. Tapi, pastikan anda menempatkan poin anda dengan cara yang benar sehingga kelemahan anda tidak tampak seperti kelemahan tetapi sebagai aset perusahaan. Misalnya, anda bisa mengatakan, anda bosan sangat cepat ketika anda tidak memiliki proyek yang menantang. Yang satu ini akan memberikan petunjuk kepada pewawancara bahwa anda ingin menghadapi tantangan dan anda mampu dipilih untuk proyek prioritas.

13. Sampaikan harapan gaji anda

Ketika pertanyaan yang sebenarnya datang, itu pasti tentang uang, sampaikan jawaban anda dengan cara yang benar. Alih-alih mengutip gaji seorang tokoh tertentu, beritahu pewawancara bahwa anda akan suka untuk dibayar sesuai dengan kekuatan anda, bakat anda dan pengalaman anda. Anda kemudian dapat bernegosiasi pada jumlah yang tepat ketika pewawancara mulai menyampaikan tawaran dari perusahaan.

14. Berterima kasih pada pewawancara

Ketika anda selesai dengan wawancara, berdiri dan berterima kasihlah pada pewawancara. Tidak peduli seberapa baik atau buruk wawancara telah terjadi, itu adalah suatu keharusan untuk berterima kasih kepadanya.

15. Jawab kembali

Jika anda mendapatkan email dari perusahaan, jawab kembali dengan jawaban yang cocok, gunakan bahasa yang formal, tepat dan menarik. Jika anda tidak mendapatkan pekerjaan itu, anda dapat mengirim email ke HR profesional atau perusahaan sebagai tindak lanjut. Dengan cara ini, perusahaan akan mendapatkan kesan bahwa anda sangat tertarik dalam pekerjaan.

Interview kerja dapat menjadi salah satu momen paling mengerikan tapi itu tidak seburuk tampaknya. Perusahaan membutuhkan orang yang bekerja untuk mereka dan jika mereka menemukan anda berharga, mereka tidak akan membiarkan anda pergi, apa pun yang terjadi. Jadi anda lihat, itu semua tentang kepercayaan diri. Jadi, pergilah dengan percaya diri!

sumber: click di sini

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 7 kali

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

WordPress spam blocked by CleanTalk.