Sekertarisku – Berkarir menjadi suatu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang tidak terkecuali para kaum wanita. Dalam kamus bahasa Indonesia karir memiliki definisi sebagai perkembangan dan kemajuan baik dalam kehidupan, pekerjaan ataupun jabatan seseorang. Secara umum pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan, yang mendapatkan imbalan yakni berupa gaji. Beberapa orang sering kesulitan untuk menentukan karirnya dengan demikian mereka mencoba untuk berkonsultasi pada konsultan karir. Jasa konsultan karir akan memberikan bantuan perorangan ataupun kelompok dalam mengeksplorasi dan pengambilan keputusan terkait dengan pilihan kerja, yang akan terus berlanjut pada dunia kerja nyata maupun pelatihan profesi lanjutan. Namun, untuk kali ini akan lebih banyak membahas tentang jenis karir untuk kaum wanita. Di era emansipasi wanita tingkat perkembangan wanita karir juga mengalami peningkatan yang tinggi terlebih, para wanita karir berkecimpung dibidang perkantoran.

Wanita karir merupakan seorang wanita yang bekerja diluar rumah entah itu di kantor perusahaan, instansi pemerintah, ataupun pada pihak domestik seperti pramugari dan jabatan lainnya. Meskipun peningkatan jumlah wanita karir yang kian bertambah beberapa wanita juga merasa bingung untuk menentukan jenis karir sesuai dengan skill didalam dirinya. Maka dari itu beberapa wawasan perlu diketahui konsulitasi karir juga perlu dilakukan demi mengetahui skill yang memang ada didalam dirinya. Kendati demikian, anda perlu mengetahui beberapa jenis karir untuk wanita berikut ini :

  1. Sekretaris, yang dituntut untuk berpenampilan feminim dan siap tampil cantik setiap saat. Dengan demkian, tidaklah heran jika banyak wanita yang ingin menggelutinya. Bagi anda yang berkeinginan menjadi sekretaris, sebaiknya jadilah sekretaris yang penuh santun dengan kepribadian baik dan memiliki keahlian dalam penguasaan bahasa asing supaya bisa menjadi seorang sekretaris profesional dalam mengerjakan tugas – tugas atasannya.
  2. Menjadi seorang guru, mungkin profesi yang banyak digemari wanita karena seorang guru juga bisa disebut sebagai ibu. Wanta dinilai memiliki naluri keibuan yang alami sehingga bisa membuat anak – anak dekat dengannya. Profesi sebagai guru juga sangat ramah terhadap waktu sehingga, menjadi seorang guru memiliki banyak waktu untuk beraktifitas dirumah.
  3. Perancang busana, cocok untuk dijadikan karir seorang wanita mengingat mereka sangat menyukai bidang fashion. Dari kesukaannya tersebut membuat mereka jadi ingin terlibat didalamnya. Banyak wanita yang memilih untuk bekerja sebagai perancang busana. Dengan memiliki kemampuan dalam merancang busana anda bisa memiliki karir yang lebih baik dengan membuka butik sendiri.
  4. Desain interior, merupakan salah satu jenis karir yang cocok untuk seorang wanita. Seorang desaigner interior hanya bertugas mendesain tamplan interior rumah, kantor, dan bangunan lainnya. Secara umum, wanita memiliki ekstetika yang jauh lebih baik dari pria. Dengan demikian banyak para wanita yang ingin menggelui pekerjaan tersebut.
  5. Dokter, hal ini dilihat berdasarkan fakta yang ada dimana banyak wanita memilih mendalami ilmu kedokteran. Oleh sebab itu, kebanyakan dokter umum atau perawat didominasi oleh wanita. Sementara pria lebih menyukai pekerjaan dalam bidang teknik.
  6. Pramugari, merupakan profesi yang banyak dilakukan oleh para wanita. Sifat sabar dan telaten pramugari dinilai mampu menenangkan penumpang, sehingga pramugari bisa dijadikan sebagai pilihan karir tepat bagi seorang wanita.

Beberapa jenis karir untuk wanita yang disebutkan diatas bisa dijadikan pilihan tepat untuk meningkatkan kondisi ekonomi diusia muda. Sebelum memilih beberapa jenis karir ada baiknya anda mengetahui skill yang ada didalam diri dengan melakukan konsulitasi pada konsultan karir terlebih dahulu.

Dilihat: 49 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan