Sekertarisku – Pesatnya perkembangan teknologi dan peradaban manusia dewasa ini memang membuat persaingan dunia kerja semakin ketat. Tak sedikit dari para pencari kerja yang kesulitan mencari peluang kerja yang sesuai dengan keahlian mereka. Padahal para calon pekerja ini telah memiliki bekal ilmu yang didapatkan saat menempuh program pendidikan tinggi yang baik. Namun pada kenyataan di lapangan, ada banyak sarjana yang menganggur karena tidak tersedianya lapangan kerja yang memadai. Berbagai peluang kerja yang ditawarkan pun tak cukup menampung sumber daya manusia yang siap kerja ini. Apakah ada ketidaksesuaian antara jurusan kuliah yang dipilih dengan ketersediaan dan permintaan sumber daya manusia di dunia kerja yang sebenarnya? Jika ditilik lebih jauh, tidak mungkin sebuah universitas membuka satu jurusan yang tidak memiliki nilai terapan terhadap peradabaan dunia. Tentunya setiap jurusan telah mengalami proses panjang dalam pembentukannya.
Menurut survey yang pernah dibuat oleh Higher Education Statistic Agency di Inggirs, terdapat 10 jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja sangat baik. Berikut ulasannya :

  1. Kedokteran
    Bicara dunia kedokteran memang tidak bisa dipisahkan dari masalah kesehatan. Sebagai kebutuhan fundametal setiap manusia kesehatan yang baik selalu dibutuhkan di belahan dunia manapun. Profesi yang dicetak pun tak asal, dokter dengan berbagai ilmu dan pengetahuannya menjadi sosok idaman dimanapun. Meskipun biaya perkuliahannya terbilang cukup mahal dibandingkan jurusan lain, tapi kebanyakan lulusan kedokteran langsung mendapatkan pekerjaan. Jenjang karirnya pun sangat luas, setiap dokter bisa meningkatkan kualifikasinya menjadi dokter spesialis yang tentu menambah grade value untuk jenjang karir yang lebih baik.
  2. Pendidikan
    Sektor pendidikan adalah hal penting bagi sebuah negara. Ini yang membuat profesi tenaga pengajar memiliki peluang kerja yang sangat luas. Setiap daerah membutuhkan guru untuk menunjang sarana pendidikan. Tak heran jika memang lulusan dari jurusan ini mendapatkan sambutan positif di dunia kerja.
  3. Farmasi
    Sebagai bagian dari aspek penunjang kesehatan, bersama dokter dan rumah sakit membuat jurusan farmasi menjadi bagian yang tak terpisahkan. Para apoteker ini termasuk profesi yang masih sangat dibutuhkan untuk membantu kinerja dokter dan sarana kesehatan.
  4. Hukum
    Jurusan Hukum masuk ke dalam jurusan yang menjanjikan karena lulusannya memiliki peluang kerja di berbagai badan hukum ataupun menjadi pengacara. Pemahaman tentang ilmu hukum ini dibutuhkan di berbagai lini kehidupan dengan gaji yang cukup tinggi.
  5. Pertanian
    Sebagai penunjang pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap pangan tentunya jurusan pertanian adalah jurusan yang paling tepat. Peluang kerja yang sangat luas  membuat jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang diminati. Ditambah lagi inovasi di bidang pertanian membuat dunia agro berkembang dan memiliki pasar sendiri secara ekonomi.
  6. Biologi
    Jurusan ini memiliki peluang kerja di bidang riset bioteknologi mengingat perkembangan ilmu pengetahuan alam dewasa ini berkembang begitu pesat.
  7. Bahasa
    Proses komunikasi yang baik menjadi latar belakang lulusan dari jurusan ini memiliki peluang kerja yang besar. Berbagai kebutuhan komunikasi lintas negara atau bahkan pendidikan berkaitan dengan ilmu bahasa.
  8. Sejarah dan Filsafat
    Meneliti masa lalu adalah pelajaran untu kehidupan masa depan yang lebih baik. Ilmu sejarah termasuk ke dalam jurusan kuliah berprospek baik. Banyak institusi negara yang membutuhkan sarjana lulusan ini.
  9. Matematika
    Kehidupan manusia tidak bisa lepas dari hitung-menghitung dan angka. Ahli matematika bisa menjadi yang paling diincar untuk masalah ini.
  10. Fisika
    Hampir sama dengan Matematika, berbagai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan hukum fisika sangat berguna dan banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dunia teknologi yang berkembang saat ini tak lepas dari pelajaran fisika. Meskipun terbilang ilmu yang rumit, tapi lulusan dari jurusan ini memiliki peluang kerja yang cukup baik.

Itu dia hasil riset yang dilakukan oleh Higher Education Statistic Agency. Tentu riset ini bukan untuk meminoritaskan jurusan lain yang tidak masuk ke dalam daftar. Jurusan lain juga memiliki peluang kerja dengan porsinya masing-masing di masyarakat. Semoga bisa membuka wawasan baru terhadap pandangan pendidikan tinggi yang bermanfaat dan memiliki peluang kerja yang baik.

Dilihat: 70 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan