SekertariskuPeluang kerja teknik informatika bisa dikatakan cukup cerah. Informatika merupakan ilmu yang mempelajari tentang perangkat baik itu sistem ataupun alat yang bisa menyebarkan serta menyampaikan suatu informasi. Jadi, informatika ini sangat berkaitan dengan informasi. Tidak terletak pada penyampaiannya tetapi, lebih tertuju pada bagaimana cara menghasilkannya. Secara rinci, informatika diartikan sebagai perangkat yang menghasilkan informasi lebih menunjuk pada jaringan ataupun telekomunikasi. Seperti yang kita ketahui, bahwa perkembangan teknologi membuat berbagai jaringan terutama komputer menjadi hal sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena, komputer memiliki berbagai teknologi yang siap memudahkan urusan terutama dalam pendataan sebuah file ataupun dokumen. Pada dasarnya, sekolah dengan jurusan teknik informatika adalah membimbing seseorang untuk bisa mengembangkan berbagai program informatika dengan menggunakan bahasa pemograman.

Setelah membahas sedikit tentang pengertian teknik informatika selanjutnya ada akan menyimak peluang kerja teknik informatika yang akan dijelaskan berikut ini.

  1. Programmer.
    Menjadi lulusan teknik informatikan berkaitan erat dengan pembuatan program. Membuat program sebagai perangkat lunak dari komputer untuk memudahkan fungsi – fungsi tertentu menjadi salah satu pekerjaan seorang programmer. Dimana, programmer ini mampu bekerja dalam bidang pertelevisian, media, perbankan, industri, intansi pemerintah, ekonomi dan beberapa perusahan lain yang bisa menjadi peluang terbaik sarjana teknik informatika.
  2. Software Engineer.
    Sarjana teknik informatika juga bisa berprofesi sebagai seorang software engineer yang bertugas dengan mengembangkan suatu software atau perangkat lunak untuk beragam keperluan. Jadi, ketika ada permintaan seorang software engineer harus bisa memenuhi sesuai dengan kebutuhan klien. Contohnya, mengembangkan software untuk pendidikan , untuk hiburan, bisnis, ataupun sebuah software permainan. Perangkat lunak yang dikembangkan ini biasanya juga digunakan untuk suatu simulasi – simulasi khusus.
  3. IT Consultant.
    Mendalmi bidang IT atau Teknologi Informasi tentu akan membuat seseorang lebih fashih tentang teori – teori teknologi. Selain itu,  juga mengasah keahliannya dalam membuat program berbasis komputer yang efektif untuk dijalankan. Dengan asumsi tersebut lulusan teknik informatika bisa menjadi konsultan IT, yang bisa menerapkan ilmu – ilmunya secara nyata dalam sebuah organisasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga sebuah evaluasi dalam menerapkan teknologi serta informasi.
  4. Web Engineer atau Web Administrator.
    Website merupakan salah satu wujud nyata dari berkembangnya teknologi dan informasi. Website menjadi media dan lahan untuk menyampaikan informasi yang berbasis komputer. Tetapi, untuk membuat website perlu memahami teori dari seorang programmer. Peluang kerja yang didapatkan dalam bidang ini adalah menjadi perancang website lengkap dengan basis domain, fitur dan fasilitasnya hal inilah yang menjadi tugas utama seorang web administrator.
  5. System Analyst.
    Sarjana informatika juga mempunyai peluang kerja sebagai System Analyst. Pekerjaan seorang system analyst adalah melakukan suatu analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan. Analisis ini dilakukan untuk menemukan suatu jalan keluar atau solusi yang lebih, mengedepankan teknologi dengan memanfaatkan perangkat lunak yang terkait.

Peluang kerja lulusan teknologi informatika diatas memang bisa menjadi pilihan tepat. Karena, pada dasarnya menjadi seorang lulusan teknologi informatika itu bisa bekerja dengan mudah karena semakin teknologi bekermbang maka seorang IT akan semakin dibutuhkan. Belum lagi bekerja menjadi beberapa jabatan diatas juga tidak perlu kepanasan dan kehujanan. Cukup didepan komputer dengan kemampuan otak dan kekreatifan jari – jari anda untuk mnerapkan berbagai ilmu teknologi sesuai bidangnya.

Dilihat: 62 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan