Salah satu cara untuk memperbiki mood dan pikiran sahabat sekretaris yang tegang adalah dengan spa, Banyak manfaat yang bisa didapat dari spa yng sekarang tumbuh menjamur dimana-mana.  Selain rasa relaks kita juga mendapatkan perawatan dari ujung tubuh bgian atas sampai kaki. Tetapi agar tidak salah memilih jenis perawatan yang diperlukan sebaiknya ceritakan dulu pada terapis apa yang anda rasakan dan menjadi keluhan, misalnya seperti otot yang tegang, kehilangan tenaga, pegal-pegal, dst.

Sebelum menjalani perawatan ada baiknya untuk mandi, supaya minyak esensial tidak tercampur meresap dengan debu dan keringat ketika dipijat. Tetapi jika mandi dullu maka minyak esensial akan terserap sempurna ke dalam kulit.

Berikut beberapa perawatan yang diberikan dalam sebuah spa.

Pijat

Ada berbagai tehnik pijat yang dilakukan dari yang tradisional seperti Thai message, stone massage, dan shiatsu.  Terapi ini dikombinasikan dengan memakai minyak esensial dari tumbuhan dengan aroma tertentu. Caranya bisa dipijatkan sebagai minyak atau dibakar sehingga tercium aromanya.

Beberapa jenis pijat yang biasanya tersedia pada beberapa spa :

  • Pijat Tradisional Indonesia : Cocok untuk anda yang menginginkan relaksasi dan melemaskan otot-otot yang tegang. Pijatannya menggunakan kombinasi telapak tangan dn ibu jari.
  • Thai Massage : Gerakannya halus seperti orang menari, pijatannya tidak terlalu kencang. Fungsinya untuk relaksasi dan membangkitkan gairah. Pijatan ini cocok untuk dinikmati bersama pasangan.
  • Stone massage : Menggunakan batu untuk memijat yang dihangatkan terlebih dahulu. Gunanya untuk relaksasi dan membuang toksin lewat pengambilan energi negatif dari batu.
  • Shiatsu dan totok : Pijatan ini memberikan tekanan pada titik-titik tertentu untuk menyehatkan dan memperbaiki organ tubuh yang bermasalah. Tekanannya juga cukup kuat.
  • Hawaian massage : Jika tubuh pegal karena aktivitas fisik pijatan ini paling sesuai. Anda akan dipijit  dengan siku dan tekanan yang kuat. Teknik ini cocok untuk yang suka pijatan keras.
  • Swedish massage : Lebih banyak menggunakan telapak tangan dan tekanannya lembut. Cocok untuk yang membutuhkan relaksasi dan tidak suka pijatan yang keras.
  • Frensch massage : Cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan karena pijatan dilakukan di titik-titik limpatik untuk membantu minyak esential terserap ke jaringan kulit dan membantu memecah lemak.

Scrub atau Lulur

Setelah dipijat kita bisa memakai scrub atau lulur, yang fungsinya dibutuhkan bagi kulit yang bersisik dan mengangkat sel kulit mati yang sudah menumpuk. Yang ingin meremajakan kulit bisa memilih bengkuang atau beras. Dan yang ingin melembutkan kulit bisa memakai lulur alpukat. Beberapa spa tradisional mengandalkan lulur jawa tradisional seperti jahe untuk menghangatkan, kopi yang bisa menghaluskan kulit, dst. Atau bisa juga menggunakan peeling salt dari laut mati yang kaya mineral, yang tidak hanya menyehatkan kulit tapi melancarkan juga predaran darah dan metabolisme tubuh.

Body Warp

Setelah kulit mati terangkat masker akan membantu melembabkan kembali, biasanya disebut body wrap. Hampir sama seperti lulur bisa dari bengkuang, alpukat, coklat, juga lumpur. Lumpur juga menstimulasi kelenjar keringat yang mengeluarkan racun (detoks), mengencangkan  dan memperindah kulit. Meningkatkan kadar oksigen dalam sel kulit, melancarkan sirkulasi darah dan merampingkan tubuh,

Ganggang laut juga bisa mencegah dan mengurangi jerawat serta amenyembuhkan gatal-gatal.

Berendam

Perawatan berikutnya ada yang disebut hydriteraphyl water therapy atau berendam dalam bathtub atau mandi dengan shower. Intinya menggunakan air untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Bisa berendam dalam air panas (thermal therapy) atau steam bath atau sauna dan electric blanket. Jika anda pegal karena lelah fisik sebaiknya lakukan dulu thermal therapy baru kemudian pijat.

tetapi ada catatan penting bahwa thermal therapy kontras indikasi bagi anda yang tubuhnya ada mental (contohnya alat pacu jantung), tekanan darah tinggi, dan kadar gula tinggi. Jadi diperlukan konsultasi dokter sebelum melakukan therapy ini.

Berendam bisa menggunakan campuran susu yang memberikan nutrisi dan mencerahkan kulit.  Atau bisa juga dengan campuran garam mandi dan herbal untuk relaksasi dan melemaskan otot yang pegal.  Tapi garam tidak disarankan bagi yg punya penyakit kulit.

Perlu selalu memperhatikan faktor higienis, karena air adalah tempat hidup nyaman bagi bakteri, virus dan jamur. Termasuk kualitas air dan kebersihan fasillitas.

Dilihat: 13 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan