Sahabat Sekretaris pastinya sering minum teh, Sebagai minuman sehari-hari teh menjadi populer dan memberikan berbagai manfaat, mulai dari memulihkan sel rusak, membuat kulit halus dan mulus, melancarkan sirkulasi darah di tubuh, menghambat lemak, melangsingkan tubuh, hingga mencegah kanker. 

Semua fungsi tersebut bisa berbeda bergantung pada jenis teh nya sendiri, seperti :

  • Teh Hijau
  • Teh  Hitam
  • Teh Oolong

Senjata rahasia dari kesaktian teh adalah pada zat alami yang terkandung di dalamnya, seperti :

Vitamin E, dalam satu seduhan teh sama dengan kebutuhan sehari kita akan vitamin tersebut yang cukup untuk menjaga kesehatan jantung dan kehalusan kulit. 

Zat Stimulan seperti Thein (kafein) teoflavin, teobromin, minyak esensial, vitamin dan mineral, polifenol berupa katakin dan flafanol. Katekin dalam teh bisa membentuk superoxide dismutas (SOD), suatu enzym yang berfungsi sebagai antioksidan  ampuh untuk melawan kanker dan zat pemicu kanker dan hebatnya antioksidan SOD dalam teh ini 100x lebih kuat dari vitamin C, 40x lebih kuat dari vitamen E, serta 20x lebih kuat dari vitamin A. 

Dalam hal ini jika dikonsumsi 2-4 gelas setiap hari bisa menstimulasi penurunan tekanan darah dan membantu menormalkan tekanan darah pada pengidap hipertensi.

Semua kandungan tersebut ada dalam daun teh, malah mendekati pucuk daun kandungannya semakin tinggi. Tapi kandungan khasiat seperti polifenol, enzim, vitamin dan minyak esensialnya mudah terurai /teroksidasi.

Jika ingin mendapat khasiat yang banyak minumlah teh hijau. Tetapi jika hanya ingin mendapat efek stimulan bisa dipilih teh oolong, black tea atau white tea.

Seduhlah teh dengan air mendidih dibawah 80o C agar jumlah zat penting tetap stabil, karena jika lebih 2/3 zat penting akan teroksidasi, maka yang didapat hanya efek stimulan, badan terasa segar dan pikiran terjaga.

Kiat memilih teh berkhasiat :

  • Teh dengan kualitas bagus biasanya beraroma getir, khas teh.
  • Penampakan teh fermentasi biasanya coklat dan gelap untuk black tea, teh hijau biasanya sedikit transparan dan keliatan warna hijaunya. Dan jika diseduh dengan suhu tepat biasanya warnanya kuning bening kehijauan, bukan coklat atau kemerahan.
  • Simpan teh dalam wadah tertutup rapat dan gelap
  • Pilih teh yang tidak mengandung bahan pengawet

Jangan minum teh yang sudah dibiarkan semalaman, karena khasiatnya sudah teroksidasi.

Dilihat: 22 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan