Tanya :  

Sahabat sekretaris ada hal yang ingin saya tanyakan, Saya bekerja di sebuaah perusahaan kontraktor sudah lebih dari 8 tahun dan saya adalah wanita pertama yang bekerja di perusahaan. Karena masa kerja yang lama dan juga peran saya sebagai sekertarisnya otomatis semua pekerjaan dan masalah yang terjadi di perusahaan saya ketahui dari boss, dan terkadang beberapa memang harus dikerjakan atau mencari solusi bersama tidak hanya boss dan sekretaris tapi juga staff lainnya.

Dari mulai mengantar tamu, klien atau tugas-tugas lazimnya seorang sekretaris.

Tapi akhir-akhir ini hubungan kami dinilai negatif olah istri boss, selalu dicurigai untuk pekerjaan yang berhubungan langsung dengan boss. Sehingga saya ada perasaan tidak enak jika bertemu muka. Saya mencoba bersikap baik, tapi malah kata-kata yang tak mengenakan. sampai akhirnya saya tidak mau lagi bertemu muka dengan istri boss. Tapi setelah direnungkan kembali hal ini malah menambah masalah baru. Jadi harus bagaimana yaa.. padahal realitas yang terjadi jauh dari apa yang dicurigai istri boss.

Jawab:

Jika dijawab dengan asumsi bahwa tidak ada hubungan khusus antara anda dengan boss, maka sejauh ini tidak perlu ada kekhawatiran. Karena setiap orangpun punya hak untuk berpersepsi macam-macam, apalagi istri boss. Wajar juga jika menganggap ada hubungan istimewa  karena seringnya bekerja, berinteraksi bersama dalam waktu yang lama, kadang mungkin jika harus dinas keluar kantor atau keluar kota. Sehingga memberi kesan atau persepsi kekhawatiran tersendiri bagi sitri boss.

Tapi juga jangan under estimate terhadap istri boss, karena pada dasarnya wanita cukup peka  dan mampu mengamati cermat apa yang sedang terjadi.  Mungkin saja ada hal-hal kecil  yang tanpa disadari  menjadi benih kecurigaan. Bisa saja anda mengatakan tidak mungkin,  dan itu  mungkin benar bagi anda. tapi apakah tidak mungkin bagi sang istri? Tidakkah mungkin bagi sang istri melihat “sedikit” perubahan dari suaminya yang juga boss anda?

Jika memang tidak ada apa-apa, bersikaplah sewajarnya, tidak perlu merasa bersalah, tak perlu terpengaruh. Semakin anda bertanya2 dalam hati , semakin anda akan merasa salah tingkah, dan semakin anda patut dicurigai oleh istrinya. Pikiran dan hati yang tulus akan terbaca dari  wajah dan mata anda. karena wajah adalah jendela pikiran dan hati anda. Dan bila anda tersambar api kecemburuan orang lain, maka salah-salah anda akan terbakar dan tidak akan pernah keluar sebagai pemenang.

Ada dua pilihan :

1.Lari dari jilatan api dan keluar dari pekerjaan.  Artinya melarikan diri dari masalah dan masalah baru dengan resiko hilang pekerjaan.

2.Atau mematikan jilatan api itu sendiri, dan air  yang dingin adalah senjatanya. 

Percaya diri bahwa tidak ada yang salah dan perlu dikhawatirkan

Ungkapkan dengan pikiran dan hati yang tulus

Ungkapkan dengan sikap dan perilaku yang wajar dan fokus pada tugas dan tanggung-jawab.

Jangan terpancing kata-kata panas

Pancarkan sinar wajah, mata  dan gerakan tubuh  dan setiap perkataan  dengan kepercayaan diri yang tinggi.

Tetapi anda bisa memperoleh hal-hal di atas tadi jika anda bersih. Kebersihan hati dan pikiran  membuat  Yang Maha Kuasa  menyirami  kejernihan anda. Dan akhirnya memberikan benteng sekaligus pengaruh pada orang sekeliling anda.  Dan ini bisa diperoleh seketika. Perlu latihan setiap saat, tanpa henti dan konsisten.

Sikap tersebut akan lebih efektif bila didasari keinginan yang kuat untuk menolong istri boss keluar dari lingkaran apinya sendiri, yaitu dengan menjaga jarak antara anda dengan boss. membatasi hanya pada hal-hal yang relevan dengan kerja.

Dilihat: 16 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan