Dear sekretarisku,

Perlu bantuan nih, aku kadang suka bingung kalo lagi melaksanakan ritual di pagi hari sebelum bekerja, tau dooong maksudnya apa hehehehe. Kadang yang jadi kendala adalah mecari anting yang cocok dengan model baju kantor wanita yang akan aku pakai, bisa minta tolong dong di share?

(kiki, jakarta)

Dear Kiki,

Aksesoris adalah hal yang tak bisa lepas dari wanita. Anting, kalung, jam tangan, bros… semua itu adalah benda-benda imut yang akan membuat wanita tampak berbeda dan percaya diri. Sebagai seorang sekretaris, kamu pasti ingin selalu tampil cantik. Namun, karena kamu memakai aksesoris untuk urusan pekerjaan, ada beberapa batasan yang harus kamu perhatikan.
Anting-anting bisa memberikan efek besar pada keseluruhan penampilanmu. Untuk memilih anting-anting yang pas, inilah beberapa tips yang bisa kamu jadikan contekan:

  1.  Anting-antingmu harus menambahkan nilai ke keseluruhan busanamu.
    Coba patutlah dirimu di depan cermin dan perhatikan baik-baik model baju kantor wanita yang kamu pakai. Apakah penampilanmu sudah lengkap tanpa anting-anting? Jika baju yang kamu pakai sudah terlalu semarak ditambah dengan aksesoris lain seperti sabuk atau baju, pertimbangkan memilih anting-anting yang sederhana atau tidak memakainya sama sekali. Begitu pun sebaliknya. Jika keseluruhan busanamu akan lebih memukau dengan tambahan aksesoris telinga, pakailah.
  2. Anting-antingmu harus proporsional dengan tubuh dan wajahmu.
    Trik memakai busana kerja adalah mengendalikan kemana ‘mata memperhatikan.’ Ketika dilakukan dengan baik, fokus tetap berada padamu dan busanamu melengkapi tujuan ini. Perhiasan bisa mendukung atau menghalangi tujuan ini.
    Kamu bisa memilih anting-anting yang cocok dengan bentuk mukamu. Jika wajahmu berbentuk bulat, pilihlah bentuk tipis dan panjang dengan lengkungan lembut dan jatuhan panjang. Ini bisa mengaksentuasi wajahmu. Jika wajahmu bentuk hati, pakailah anting berbentuk air mata. Jika wajahmu kotak, hindari anting-anting kotak, pilihlah anting yang kecil. Sedangkan jika wajahmu segitiga, pakailah anting bundar untuk membuat wajahmu lebih lembut. Yang paling bebas berkreasi adalah si wajah oval yang bisa cocok memakai anting bentuk apa pun.
  3. Anting-antingmu harus melengkapi warna kulit dan pakaianmu.
    Perhatikan warna dan model baju kantor wanita yang kamu pakai. Warna dan model tertentu akan cocok dengan jenis anting tertentu. Pakailah logam dan batu mulia yang menyinari warna alamiah kulitmu. Anting emas atau warna emas cocok dengan kebanyakan model dan warna pakaian dan kulit.
  4. Hindari anting panjang dan terlalu rumit.
    Alasan utama menghindari anting panjang adalah karena ini akan menciptakan distraksi baik pada pemakai dan rekan kerja. Selain itu, anting ini bisa menimbulkan suara berisik saat kamu bergerak.
    Perhiasan yang sederhana dengan desain klasik bisa kamu pakai untuk kerja maupun acara-acara istimewa. Anting hoop kecil baik emas maupun perak adalah perhoasan klasik yang cocok dipakai saat kerja maupun acara setelah kerja. Anting mutiara sederhana juga merupakan aksesoris pokok bagi sekretaris.
  5. Setiap anting harus fleksible.
    Tujuan dari memakai aksesoris adalah untuk menambahkan poin menarik pada model baju kantor wanita yang kamu pakai. Perhiasan yang baik bukan hanya harus cantik, tapi bisa melengkapi beberapa busanamu sekaligus. Jika kamu hanya membeli anting yang cocok jika dipakai bersamaan dengan baju atau kalung yang satu set, bukan hanya akan ketinggalan jaman, namun malah akan membatasi ruang gerakmu. Selain itu, kamu juga akan berpakaian seperti kostum atau seragam, yang malah bisa membuat orang-prang terdistraksi dan hanya memperhatikan perhiasanmu dan bukan kamu. Kamu harus memakai anting-anting yang menambahkan sesuatu yang baru dan menarik pada busana kantor sehari-harimu.
  6. Pakailah anting sesuai dengan acara.
    Pasangkan anting-antingmu dengan model pakaian yang sesuai dengan acara yang sedang kamu jalani hari itu. Anting-anting yang kamu pakai untuk acara semi-formal dengan bos dan klien setelah jam kerja berbeda dengan anting-anting untuk konferensi atau meeting resmi di kantor.

Itulah beberapa tips untuk memilih anting-anting yang cocok untuk dipakai di tempat kerja. Walaupun kecil, anting bisa membuat perbedaan dramatis pada penampilan keseharianmu, loh. Jadi, kreatiflah dalam memilih dan memadukannya, ya.

Dilihat: 228 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan