sekretaris-menyikapi-bos-asing
 

sekretaris-menyikapi-bos-asing

Sahabat sekretaris, kali ini ada pertanyaan yang datang dari Laurentina tentang situasi di tempat kerjanya. Berikut pertanyaannya:

“Dear Sekretarisku, aku punya bos baru orang belanda nih aku sebelumnya bos chinese and jepang jadi bingung takut salah sama budayanya…harus gimana ya?

Jawaban:

Tidak  perlu takut atau khawatir, sebenernya harus jadi standar ketika kita beradaptasi adalah kenali secara pelan-pelan dan hati-hati setiap karakter dan budaya kebiasaannya, jangan terburu-buru menyamakan sifat dan kebiasaan dari seoang personal karena pasti beda. Termasuk apakah itu boss, klien  atau rekan kerja. Juga bukan hanya yang dari manca negara, tapi juga yang datang dari sesama kota Indonesia. Indonesia pun kan bisa dilihat memiliki beragam suku yang pastinya beragam karakter dan latar belakang sosialnya. Apalagi yg beda negara dan wilayah, pasti akan timbul perbedaan karakter, perbedaan cara pandang dan sikap. Jadi bijaklah, berhati-hati, adaptasi dan pelajari sikap dan kebiasaan boss anda yang baru.

Pada kebanyakan orang, karakter orang Asia sedikit banyak tidak terlalu memiliki perbedaan yang jauh. Mereka rata-rata menjunjung kesopanan ketika berkomunikasi. Akan ada banyak dimulai “basa-basi”, tapi itu penting terutama untuk orang Jepang atau Korea. Mereka menjunjung tinggi senioritas dan kehormatan, juga mereka sangat keras dalam disiplin dan waktu.

Ini bertolak belakang dengan orang barat seperti eropa Amerika dan Australia. Mereka jarang basa-basi dan to the point langsung. Tapi semua itu kan stereotype. Kebanyakan tidak harus juga begitu, hanya latar belakang sosial budaya yg menyebabkannya jadi berbeda. Jadi bagaimanapun semua dikembalikan pada personalitas masing-masing dan karakter masing-masing. Hanya latar belakang sosial budaya yang tetap jadi faktor penunjang. 

Terkadang karakter juga sedikit bisa berubah karena pengaruh sosial, contohnya para expat yg tinggal cukup lama di Indonesia, atau bahkan menikah dengan orang Indonesia,  mau tidak mau dia akan beradaptasi dan menyesuaikan dengan perubahan. Sama halnya dengan kita, sebagai sekertaris harus siap adaptasi dengan perubahan karakter boss dari manapun dia berasal, bagaimanapun karakternya. Memang ada prosea dan butuh kesabaran dan juga mungkin resiko tertentu jika bermasalah. Tapi percayalah semakin anda sabar dan mau belajar, pasti akan semakin pintar dalam karir, berhasil menjalin  hubungan dan komunikasi. Good luck ya!

Dilihat: 15 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan