Sekertarisku – Jika kantor kamu mengijinkan karyawannya memakai baju batik kantor, tak ada salahnya tuh mengkoleksi beberapa buah baju batik untuk kamu pakai kerja. Memakai baju batik pada saat kerja punya banyak keuntungan, loh. Selain turut serta dalam melestarikan warisan budaya Indonesia yang unik dan sudah mendunia, kamu juga bisa tampil menarik dan keren. Selain itu, pakai baju batik berarti kamu tidak harus diribetkan dengan kemeja atau jas kantor yang seringkali berbahan panas dan bikin gerah. Jika setelah ngantor ada undangan kondangan pun, kamu tak perlu bawa baju dobel.

Baju batik juga punya berbagai ragam corak dan model yang bisa kamu pilih sesuai selera kamu. Namun tentu saja, buat memilih baju batik kantor yang tepat, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan. Kamu pasti ingin kan penampilan kamu menjadi memukau karena pakai batik yang pas? Simak yuk tipsnya:

  1. Batik pilihan kamu harus dari bahan berkualitas.
    Karena kamu akan memakainya sepanjang hari dan dalam lingkungan yang formal dan profesional, batik kamu juga harus berkualitas tinggi, dong. Batik berkualitas biasanya terbuat dari bahan yang halus serta kuat. Ada beberapa jenis kain yang bisa kamu pilih. Batik dari kain katun tidak akan memimbulkan sensasi gatal. Tapi, raba dulu ya bahannya, apakah cukup lembut dan nyaman dipakai. Kamu juga bisa memilih jenis kain yang sejuk di kulit seperti kain paris. Sebaiknya baju batik kantor kamu juga terbuat dari bahan yang menyerap keringat biar kamu tidak kegerahan saat kerja.
  2. Pilih pola yang pas.
    Ada banyak sekali ragam motif dan corak baju batik yang bisa kamu pilih sesuai selera. Tapi sebaiknya, buat ngantor, kamu pilih pola yang tidak terlalu heboh seperti garis-garis. Jangan pilih yang bunga-bungaan ya, kecuali kantor kamu memang bidang kreatif atau keramah-tamahan. Selain itu, sesuaikan juga ukuran polanya dengan postur tubuh kamu.
  3. Perhatikan warnanya.
    Pilihan warna batik kamu sangat berpengaruh terhadap oke tidaknya penampilan kamu. Baju batik yang bagus warnanya sangat menyatu dengan serat kainnya. Sehingga biar pun sudah dicuci berulang kali, batik tersebut tidak akan cepat pudar atau luntur.
    Buat cewek, biasanya akan lebih suka memilih warna-warna cerah seperti biru muda, hijau atau merah muda. Sedangkan warna gelap lebih cocok dipakai kaum lelaki. Sesuaikan juga dengan warna kulit kamu. Jangan memilih baju batik yang malah bikin kulit kamu terlihat kusam. Padukan baju batik kantor kamu dengan celana kain gelap atau dengan warna yang sesuai dengan yang baju kamu. Jika kantor kamu mengijinkan kamu pakai jeans, boleh sih kamu padukan dengan celana jeans. Tapi pastikan yang warnanya gelap ya. Pakai celana jeans yang dikombinasikan dengan baju batik akan menghilangkan nuansa formal batik, jadi kamu harus bijaksana kapan dan dimana memakainya.
  4. Pilih jahitan yang bagus.
    Baju batik yang bagus tentu bisa dilihat dari jahitannya. Jadi sebelum kamu membeli, pastikan kamu menelusuri setiap jahitan dengan teliti. Pilih baju batik dengan jahitan yang rapi dan kuat agar tahan lama. Nggak lucu kan, kalau baju batik favorit kamu jahitannya lepas-lepas.
  5. Harga tidak menjamin kualitas.
    Memang sih, biasanya batik mahal terbuat dari bahan yang kualitasnya tinggi dipadukan dengan jahitan yang kuat. Namun, ini tidak selalu benar. Selalu cek dulu baju batik pilihan kamu dengan seksama. Kadang walaupun mahal, tidak selalu akan terlihat bagus saat kamu pakai. Datangi butik-butik yang menjual pakaian batik secara khusus agar kamu punya banyak pilihan.
    Itulah beberapa tips mencari baju batik kantor yang pas. Tunjukkan kebanggaan kamu dengan budaya warisan nenek moyang dengan memakai batik.

Dilihat: 69 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan