Madu Alami
 

sekertarisku – Tidak seperti madu yang telah diproses, madu alami tidak dipanaskan atau disaring dan mempertahankan lebih banyak nutrisi. Madu alami mengandung sejumlah kecil dari resin yang sama ditemukan dalam propolis. Lebah madu membuat propolis dengan resin tanaman dan sekresi mereka sendiri. Lebah menggunakan zat ini untuk menutup sarang dan melindunginya dari bakteri. Ada bahaya dan manfaat yang terkait dengan pemanis alami ini.

Bahaya dan Manfaat Madu Alami

Risiko botulisme bagi bayi

Spora botulisme berada di udara, tanah, air dan tanaman. Dengan tidak adanya oksigen, spora berkecambah dan menghasilkan racun. Proses perebusan menghancurkan spora bakteri dan racun. Madu alami merupakan sumber potensial dari Clostridium botulinum spora. Centers for Disease Control, American Academy of Pediatrics dan Dewan Madu Nasional merekomendasikan bahwa anda tidak memberikan madu pada bayi di bawah usia 12 bulan. Botulisme pada bayi adalah penyakit langka yang disebabkan oleh bakteri, Clostridium botulinum. Penyakit ini menyebabkan berbagai tingkat kelumpuhan. Anak-anak di atas usia 1 tahun dan orang dewasa yang sehat memiliki sistem pencernaan yang matang yang diperlukan untuk mencegah spora botulisme berkembang.

Penyembuhan luka

Madu alami sebagai obat penyembuhan luka kembali ke zaman Mesir kuno dan Yunani. Kedokteran modern menemukan kembali sifat penyembuhan dari cairan ini. Adam Voiland menulis bahwa peneliti percaya madu memiliki kemampuan untuk membunuh mikroba. Dalam artikelnya, “The Healing Power of Honey,” yang ditayangkan online di US News & World Health Report , Voiland, seorang penulis majalah, laporan keasaman dalam madu dan kemampuannya untuk mendehidrasi bakteri dapat menjadi alasan untuk daya terapeutik di penyembuhan luka. Penggunaan madu bagi penyembuhan, menyebabkan kerusakan jaringan menjadi berkurang dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan perubahan jaringan.

Sumber energi

Madu alami merupakan sumber karbohidrat, baik fruktosa dan glukosa, yang diubah tubuh menjadi energi. Satu porsi madu – 1 sendok makan – mengandung 17 gram gula alami. Glukosa menyediakan energi instan, sedangkan fruktosa lebih lambat diserap, memberikan energi berkelanjutan. Atlet dan anak-anak yang aktif menggunakan manfaat dari madu asli untuk meningkatkan energi mereka. Madu merupakan sumber alami mineral seperti kalsium, zat besi dan kalium serta vitamin B kompleks.

Pertimbangan dan Tips

Silahkan untuk menikmati dan memanfaatkan madu alami untuk kesehatan, tetapi konsumsinya harus di atur dan jangan berlebihan. Setiap sendok akan menyajikan 64 kalori, dan sementara ini mungkin tidak tampak seperti banyak. Namun itu dapat bertambah dengan cepat jika anda makan madu secara teratur. Pastikan untuk mengukur porsi anda untuk menghindari degan sengaja memakan madu kelebihan, dan memperhitungkan kandungan kalori ketika menghitung asupan energi harian anda.

Gunakan madu alami di salad buatan sendiri – cairan ini sangat baik berpasangan dengan mustard dan jus lemon, atau dengan air jeruk nipis dan jalapeno cincang – atau menggunakannya sebagai rasa bagi gandum digulung atau yogurt Yunani tanpa lemak.

sumber: Click disini

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 794 kali

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

WordPress spam blocked by CleanTalk.