Makanan Sehat
 

sekertarisku – Mari kita lihat kehidupan kita sehari-hari, apakah anda makan ketika anda merasa lapar atau sesuai jadwal? Apakah kita makan apa saja yang kita sukai atau kadang-kadang secara sadar mencoba untuk menghindari junk food, berusaha memakan makanan sehat untuk menjaga kesehatan yang baik. Namun, apakah kita benar-benar tahu apakah kita makan makanan sehat atau tidak? Apa tanda-tanda yang memberitahu kita bahwa kita mungkin salah dalam pilihan makanan kita?

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus anda tanyakan pada diri sendiri untuk mengetahui apakah anda makan makanan sehat atau tidak.

1. Apakah anda merasa lelah atau letih sepanjang waktu?

Salah satu tanda-tanda anda tidak makan makanan sehat adalah bahwa tubuh anda tidak merasa cukup energi. Apakah anda kehilangan stamina anda dengan cepat ketika menaiki tangga atau melakukan tugas sehari-hari anda? Ini bisa berarti bahwa anda tidak makan dengan baik atau tidak makan pada interval yang tepat, membuat tubuh anda merasa kekurangan gizi dan energi. Anda harus melihat ke pemenuhan kebutuhan sehari-hari gizi anda segera, atau dapat menyebabkan masalah berat di kemudian hari.

2. Apakah anda sangat sering jatuh sakit?

Ketika seseorang mengkonsumsi makanan sehat, tubuh akan tetap dalam keadaan sehat, dengan tingkat kekebalan yang baik, melawan penyakit yang paling umum. Tetapi jika anda terus-menerus makan makanan dari luar (yang bisa terkontaminasi) atau anda tidak mengkonsumsi jenis makanan yang tepat, maka kemungkinan bahwa anda akan terkena beberapa penyakit misal demam, flu, batuk dan pilek sangat sering. Anda bahkan bisa menghadapi masalah kekurangan kalsium atau zat besi, dan berbagai jenis masalah lain jika anda tidak makan makanan yang baik.

3. Apakah anda makan dengan diet ‘seimbang’?

Ini adalah sesuatu yang perlu anda tanyakan pada diri sendiri dan sadar melihat ke dalam diri anda. Apakah anda makan dalam jumlah yang tepat dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral setiap hari? Bahkan jika anda tidak menyukai beberapa item makanan tertentu, apa yang anda lakukan sebagai pengganti dari makanan yang tidak anda sukai. Jika anda tidak menyadari kebutuhan gizi tubuh anda, maka anda harus mendatangi ahli gizi yang akan memandu anda pada rencana makanan yang dibuat sesuai dengan usia, profesi dan kebutuhan tubuh anda, dan yang akan membantu anda untuk mengkonsumsi makanan diet ‘seimbang’.

4. Apakah anda merasa ‘sehat?

Hal ini tentu saja sangat subjektif. Tapi intinya di sini adalah anda merasa bahagia dan segar setiap saat. Ketika anda bangun di pagi hari, tubuh anda harus merasa baik dan cukup beristirahat, dan anda harus merasa baik sepanjang hari. ‘Merasa’, faktor ini tidak hanya mempengaruhi kinerja fisik dan mental anda di tempat kerja setiap hari, tetapi juga membantu anda untuk menjalani hidup bahagia.

5. Apakah anda makan makanan sehat higienis?

Terakhir, tapi tentunya yang paling penting, apakah makanan anda bersih dan higienis? Salah satu aspek yang sangat penting dari mengkonsumsi makanan sehat adalah untuk memastikan bahwa masakan itu dimasak dalam lingkungan yang bersih dan higienis, sehingga anda yakin tidak ada bakteri atau jamur. Selain itu, penggunaan metode memasak yang baik untuk memastikan bahwa nutrisi dari makanan utuh dan tidak hilang.

Definisi makanan sehat berbeda untuk orang yang berbeda. Hal ini tergantung pada apa kebutuhan tubuh anda dan bagaimana anda bertemu mereka setiap hari. Namun, ini adalah beberapa pertanyaan umum harus anda tanyakan pada diri sendiri untuk mengarahkan anda dalam mengkonsumsi makanan yang baik.

sumber:mfw
oleh: n3m0

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 17 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan