Menjamurnya budaya kuliner mendorong masyarakat untuk menikmati gaya hidup penuh makanan. ditambah dengan aktivitas harian yang tidak terlalu banyak menguras kalori, dan hobi ngemil bahlan makan, akan membawa dampak negatif, yaitu obesitas. dan kita sudah cukup tahu banyak efek dari obesitas.

itulah sebabnya kita harus tahu kiat agar tetap sehat, menangatur pola makan tanpa harus menyiksa tubuh dengan menghindari makanan.

  • Makan sayur dan buah setiap hari
    Makan sayur dan buah akan membuat perut kenyang. Agar tidak terlalu banyak mengunyah, buah dan buah bisa diparut atau potong kecil-kecil. Jumlahnyayang harus dikonsumsi per hari adalah 500-1000 gram, atau jika sudah dipotong-potong akan tersaji dalam empat mangkuk ukuran sedang.
  • Makan di waktu yang sama
    Menurut banyak ahli, makan di waktu yang sama membuat porsi makan jadi teratur. Melewatkan waktu makan akan menyebabkan  menjadi sangat lapar sehingga bisa memasukkan makanan lebih dari seharusnya. Sedangkan mengemil  di luar jam makan dan jam jajan akan menambah kalori yang tidak dibutuhkan.
  • Hindari camilan tinggi kalori
    Konsumsi camilan rendah kalori seperti roti gandum,  dan kacang sangrai. Hindari makanan manis, gorengan taua makanan yang mengandung garam. Jika tidak ada camilan sehat, hindari ngemil!
  • Perbanyak airr putih
    Diet sehat  yang dilakukan dengan mengkonsumsi banyak serat juga membutuhkan banyak cairan untuk membantu pencernaan. Tanpa air yang cukup tubuh akan mengalami konstipasi alias sembelit. minumlah air putih sekitar 2.5 liter per hari.
  • Sikat gigi sesudah makan
    Kebiasaan menyikat gigi setelah makan, beralasan karena rasa pahit  setelah sikat gigi  membuat kita tidak bernafsu untuk ngemil lagi.
  • Olah raga dan angkat beban
    Tujuan olahraga adalah untuk membakar  kalori. Lakukan aktivitas harian yang dapat mambakar kalori seperti lar pagi atau angkat beban. Atau lakukan kegiatan di rumah sebagai sarana olahraga seperti mencuci, menyapu, mengepel, atau menggosok lantai kamar mandi,dll.

(Sumber : KOMPAS)

Dilihat: 35 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan