tips negosiasi sekretaris
 

sekertarisku – Negosiasi merupakan bagian integral dari kehidupan kita. Dari tempat kerja ke pasar, di setiap tempat, anda harus menghadapi situasi di mana anda tidak bisa membiarkan orang lain untuk memaksakan keputusannya pada anda, tetapi anda juga tidak ingin merusak hubungan anda dengan orang itu. Pada saat seperti inilah keterampilan negosiasi anda datang untuk menyelamatkan anda.

Keterampilan negosiasi tidak ada hubungannya dengan berdebat atau menang atas suatu keadaan. Bahkan, itu adalah proses dimana dua pihak yang memiliki kepentingan yang berbeda mendapatkan solusi yang terbaik untuk kedua belah pihak. Di sini, solusinya harus memuaskan kebutuhan kedua belah pihak. Oleh karena itu, aturan utama untuk negosiasi adalah bahwa anda tidak hanya harus melihat segala hal harus memenuhi syarat anda, tetapi juga harus datang dengan solusi yang akan menguntungkan orang di ujung lain. Berikut adalah beberapa tips negosiasi yang, jika diikuti, akan menuntun anda menghasilkan hasil terbaik.

1. Katakan apa yang anda inginkan

Langkah pertama dan terpenting menuju awal negosiasi adalah dengan mengatakan apa yang anda inginkan. Jika anda bertindak pemalu atau menunjukkan sikap bahwa anda tidak yakin tentang permintaan anda sendiri, orang di ujung meja mungkin mengambil hal ini sebagai kesempatan untuk memenuhi permintaannya, tanpa terdengar agresif. Untuk menghindari hal ini, apa yang harus anda lakukan adalah menyuarakan permintaan anda dengan cara yang tegas. Jangan bertindak agresif karena hal ini akan mengurangi kesempatan anda untuk datang ke sebuah keputusan yang dapat diterima bersama.

2. Dengarkan

Ketika mulai bernegosiasi, anda jangan dulu berdebat. Anda harus mendengarkan orang lain. Berikan kesempatan mereka untuk berbicara. Ketika mereka menempatkan ide-ide mereka, anda bisa mengenal sisi mereka dari cerita yang disampaikan. Dengan cara ini, anda dapat dengan mudah menyampaikan keinginan anda yang mempunyai titik temu dengan apa yang disampaikan lawan bicara anda. Sebuah sesi negosiasi harus mencakup mendengarkan selama hampir 70% dari waktu dan berbicara untuk sisa 30%. Dari hasil mendengarkan, anda dapat menyampaikan pertanyaan terbuka lainnya yang akan memaksa dia untuk memberikan jawaban rinci. Dengan cara ini, anda akan tahu segalanya tentang kesepakatan itu dan anda akan dapat bernegosiasi dengan baik.

3. Siapkan diri anda

Setiap kali anda harus bernegosiasi dengan seseorang, penting bahwa anda melakukan pekerjaan anda dengan baik. Di sini, mempersiapkan diri berarti anda mempersiapkan diri untuk menghadapi pertanyaan yang mungkin muncul selama percakapan dan merumuskan jawaban yang akan membawa kue ke arah anda, tanpa harus merebut kue tersebut! Kedua, anda juga harus siap dengan rencana cadangan. Hanya dalam kasus jika apa yang terjadi tidak sesuai harapan, anda harus siap dengan rencana alternatif. Jika itu tidak dilakukan, anda akan harus menerima apa yang disampaikan pihak lain, bahkan jika itu berarti menandatangani perjanjian yang menempatkan anda dalam posisi yang kalah.

4. Luangkan waktu anda

Banyak kali, orang tidak sabar selama sesi dan mereka kehilangan kemenangan di tengah pertempuran. Jangan lupa, anda berada di sini untuk bernegosiasi dan mencari solusi. Anda tidak bisa kehilangan kesempatan anda. Seringkali, negosiasi adalah suatu langkah yang diambil sebagai kesempatan terakhir dan sekali kalah, banyak yang harus dibayar untuk itu nanti. Jadi, lebih baik untuk menjaga kesabaran anda. Luangkan waktu anda untuk membangun poin anda. Biarkan orang lain memikirkan hal itu dan memutuskan. Pada akhirnya, tujuan anda adalah untuk tidak menang atas orang ini tetapi untuk mendapatkan keuntungan menjadi milik anda.

5. Hal terakhir dalam negosiasi yang harus diperhatikan: Jangan perlihatkan anda tertekan!

Selama sesi negosiasi, adalah sangat penting untuk tetap tenang. Apapun yang terjadi, anda tidak harus mengungkapkan tekanan yang anda rasakan. Setelah anda menunjukkan kepada mereka bahwa anda memiliki masalah, mereka bisa memanfaatkannya. Sebaliknya, anda harus fokus pada tekanan mereka. Melacak akarnya dan kemudian memanfaatkan situasi untuk keuntungan anda.

Dalam dunia sekarang ini, setiap orang tergantung pada orang lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan seseorang tanpa menyakiti yang lain. Siapa tahu, anda mungkin perlu orang lain pada suatu saat yang tidak anda sangka. Jadi, yang terbaik adalah melakukan negosiasi dengan orang itu, memenuhi kebutuhan anda dan membangun hubungan baik dengan orang itu; baik itu atasan anda, rekan kerja anda, dealer mobil anda atau orang lain.

sumber: mfw

Advertising – Baca Juga:

Dilihat: 24 kali

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

WordPress spam blocked by CleanTalk.