sekretaris-ku-personal-assistant
 

sekretaris-ku-personal-assistant

SekertarisKu, tanya dong… Bedanya sekretaris dengan PA apa sih? Kok gajinya PA lebih gede… Thanks yaa (xxx dari Tangerang)

Dear SKers, istilah PA ( Personal Assistans) baru-baru saja ramai di Indonesia. Sesuai dengan singkatannya, PA lebih bertanggung jawab untuk satu orang saja, dalam hal ini executive atau bos yang menghirenya. Sedangkan sekretaris lebih bertanggung jawab kepada perusahaan secara umum.

PA di hire untuk memberikan kemudahan bagi executive. Selain mengerjakan pekerjaan-pekerjaan sekretaris seperti filing, mengetik surat, dan lain-lain, namun juga memberikan bantuan untuk hal yang lebih personal lagi seperti memberi hadiah ulang tahun, mengambil laundy, mengambil hadiah perusahaan dan lain-lain pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh executive atau bos sendiri namun tidak ada waktu untuk menyelesaikannya. Bahkan mungkin saja termasuk memegang membership gym dari si bos atau membuat reservasi untuk makan malam keluarga.

Jika sekretaris tentu pekerjaan yang dilakukan adalah semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan kantor dalam keseharian. Mengetik, filing, bikin surat, mengatur meeting dan lian-lain. Secara umum intinya memastikan apa yang ada di kantor bos berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Namun di beberapa perusahaan, tentu saja hampir tidak ada perbedaan diantara sekretaris dan PA. Seperti contohnya di Indonesia, umumnya sudah menjadi kebiasaan bila sekretaris kadang juga membantu hal-hal personal dari si bos yang berhubungan dengan kerja. Lain halnya misalnya di Hongkong dimana dunia kerja disana lebih professional lagi. Perbedaan antara PA dan sekretaris ini sangat kentara.

Mudah-mudahan sahabat SKers tidak bingung lagi ya 🙂

Dilihat: 1415 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan