sekretaris-ku-office-politics
 

sekretaris-ku-office-politics

Dear SekertarisKu, saya sudah bekerja di beberapa perusahaan dan selalu diahadapkan masalah yang sulit untuk saya hadapi yaitu adanya dua kubu atau lebih disekitar saya dimana mereka saling bersaing dan kadang saling menjatuhkan. Belum lagi dari bos yang sepertinya punya style sendiri dalam memimpin. Terlihat perusahaan-perusahaan ini seperti memiliki athmosphere politik sendiri. Bagaimana sih langkah terbaik yang harus saya lakukan?

Demikian pertanyaan dari sahabat SKers yang masuk ke meja redaksi. Politik dalam kantor itu ada dan anda tidak akan terlepas darinya. Dari mulai anda bekerja sampai ketika anda pensiun kerja, politik dalam kantor ini akan selalu mempengaruhi anda. Perfomance kerja, hubungan kerja anda dengan yang lain dan kadang masa depan dari perusahaan ditentukan oleh office politics.

Karyawan akan selalu berhadapan dengan office politics dan harus bisa mengatasinya karena hal ini akan berhubungan dengan karir. Melarikan diri dan masa bodoh dengan office politics mungkin terlihat baik, namun itu akan membuat posisi anda seperti orang asing dan ini sangat buruk bagi karir anda. Office politics harus ditangani dengan strategi yang baik sehinga bisa mendorong karir anda.

Selain memberikan tekanan yang berat, office politics kadang membuat kita mendapatkan perlakuan diskriminasi dari orang lain. Bukan karena rasis atau perbedaan agama, tapi lebih karena anda berada di “sisi lain” bersebrangan dengan kelompok lainnya di dalam kantor anda. Ini hanya skenario yang umum terjadi dan anda harus bisa mengatasi hal ini jika ingin survive.

Ada beberapa langkah yang bisa SekertarisKu bagi untuk sahabat SKers semua. Beberapa diantaranya:
1. Bicaralah paling akhir. Office politics kadang berujung sangat jelek, apalagi dengan caci maki, umpatan, dan lain-lain. Tahanlah diri anda sampai semua orang telah berbicara. Kadang amat sangat menggoda untuk langsung melawan balik dengan kata-kata, tapi camkanlah, semakin cepat anda merespond, semakin cepat pula anda kalah.

Meskipun and pikir berada dalam posisi yang benar, anda harus mendengarkan semua omongan orang untuk memastikan anda mengucapkan kata yang tepat. Anda bisa menunjukkan kemampuan kepemimpinan anda dengan membereskan masalah yang anda dan bisa mencegah pecahnya pertempuran berikutnya.

2. Selalu berpikir sebelum bertindak. Anda harus yakin dengan apa yang akan anda lakukan. Anda harus benar-benar memikirkan tindakan anda sebelum melakukannya. Kata kunci disinia dalah “SELALU”, artinya anda jangan pernah melupakan hal ini.

Bencana di office politics hanya memerlukan satu kali saja salah langkah. Apapun yang anda lakukan bila hal ini sudah terjadi akan menyedot banyak energi anda.

3. Sama sekali tidak ada favorit. Meskipun salah satu pihak terlihat benar, anda tidak bisa untuk langsung koar-koar mengatakan bahwa si A salah dan harus di hukum. Anda harus tetap ada ditengah dan biarkan mereka untuk berkomunikasi.

Hadapi office politics tanpa ragu dan gunakan itu untuk menunjukkan skill anda sehingga anda akan mudah untuk mendapatkan promosi. Good luck!

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 42 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan