sekretaris-rekan-kerja-tidak-sopan
 

sekretaris-rekan-kerja-tidak-sopan

Sehubungan dengan artikel kami tentang Tips Santun Bisnis Wanita Karir, ternyata banyak sahabat sekretaris yang merespond dengan beberapa pertanyaan melalui FB kami. Berikut pertanyaan-pertanyaan tersebut:

dari Valentina:
… klo lingkungan kerja sekitar kita tdk sopan dan tdk punya etika, bagaimana menyikapinya?

dari Salomo:
Namun banyak anak2 muda yg baru bbrp Tahu terjun di dunia kerja, yg tdk memiliki sopan santun. Sehingga seringkali membawa suasana yg tdk mengenakkan. bagaimana Cara mengatasinya?

Jawaban dari kami:
Valentina, saya kurang tahu pasti sejauh apa lingkungan tidak sopan dan tidak punya etika. Tapi sejauh Valentina masih bisa mentolerir semuanya, Valentina harus bertahan dan tidak boleh terbawa suasana. Valentina bahkan bisa membuat perbedaan dengan bertahan dan menyebarkan kebaikan etika di tempat kerja.  Kita bisa saja mengatakan bahwa hal-hal yang berlaku di tempat kerja sekarang tidak sesuai dengan etika dan kesopanan yang semestinya. Semoga kita bisa membuat perubahan dan pengertian pada perusahaan bahwa etika memang diperlukan dalam lingkungan kerja.

Untuk mas Salomo, kita sebagai senior di perusahaan dibanding mereka yang baru, tentunya lebih mempunyai pengaruh dibanding mereka yang baru. Kita punya hak untuk menegur mereka dengan cara-cara yang baik tentunya. Setiap orang memerlukan pendekatan yang berbeda-beda, namun yang paling penting adalah yang bisa kena dari hati ke hati. Pola komunikasi tetap terbuka, tegas namun tidak terkesan menggurui. Bagaimanapun kita harus memahami bila semua orang yang masuk di kantor adalah berbagai macam orang dengan latar belakang, pola asuh dan life style yang berbeda-beda. Itulah sebabnya kita dituntut untuk terus belajar agar bisa bersaing jadi lebih baik, termasuk menerima ilmu, kritikan dan teguran. Apalagi arahnya kepada perbaikan, bukan bullying.
Secara tidak langsung disini kita belajar bagaimana membuat komunikasi jadi efektif memperbaiki kondisi yang tidak baik menjadi baik, semua memang perlu kerja keras. Bagaimanapun kesopanan itu perlu dijaga karena ketidak sopanan akan menjurus ke arogansi yang malah lebih banyak merugikan.

Mudah-mudahan jawaban-jawaban dari kami bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sahabat sekretaris :), bila ada pertanyaan lagi, tidak usah ragu untuk menanyakannya kepada kami!

Dilihat: 28 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan