sekretaris-karyawan-baru
 

sekretaris-karyawan-baru

Para rekan sekretaris pasti pernah mengalami perasaan khawatir ketika pertama kali masuk di kantor atau perusahaan baru. Apalagi jika fresh graduated dan ini adalah pengalaman pertama bekerja kantoran. Tetapi timbulnya berbgai kekhawatiran tersebut bersumber dari ketidaksiapan mental menjadi “orang baru” di kantor yang baru.

Untuk mengatasinya beberapa tip di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi anda.

Tips Untuk Sekretaris Baru

  • Selalu bersikap Lihat dan TungguPelajari budaya khas di lingkungan kerja baru anda dengan seksama. Lihat dan amati kebiaasaan rekan kerja dan atasan anda  dalam bertindak. Dari sana anda bisa mempelajari bagaimana cara mennyikapinya kelak.
  • Berani bersikap asertifBersikaplah asertif, mampu menolak secara tegas tanpa menyakiti, jika ada senior yang memanfaatkan sementara  tugas yang diberikan bukan wewenang dan tanggung jawab kita.
  • Tahanlah diri dari isu-isuIsu-isu yang berkaitan dengan lingkungan kerja  yang spesifik seperti kenaikan pangkat, gaji, dll. Sebaiknya jika ada ketertarikan  tidak disikapi dengan pro atau kontra. Begitu juga dengan isu-isu lainnya. Ini bisa menghindarkan anda dari terjebak perdebatan atau akan dicap sok tahu.
  • Optimalkan potensi dan kemampuanGunakan potensi anda dengan proporsional  atau sesuai tuntutan tugas. Usaha yang berlebihan untuk menonjolkan kemampuan akan membuat anda dicap sok pandai atau cari perhatian rekan kerja atau atasan.
  • Hindarai menjadi “anak bawang”Dispensasi porsi tugas berupa bimbingan  dan pengarahan dari senior akan didapatkan sedikit di awal sebagai masa pengenalan dan sosialisasi, begitu juga dengan batas tolernsi kesalahan yang dibuat. Tetapi ini sifatnya sementara karena pada saat bimbingan-pengarahan berakhir anda harus siap dan mandiri.
  • Tidak perlu merasa rendah diriSebagai pengalaman pertama bekerja atau anda berada di tempat kerja bersama dengan orang-orang yang terampil, acapkali  dihinggapi kehilangan percaya diri.  Yang perlu diingat adalah bahwa ketika perusahaan memilih dan memberi kesempatan anda untuk bekerja sebagai sekretaris,  itu sudah cukup memberikan gambaran bahwa anda memiliki potensi untuk bekerja di perusahaan ini. Jadi tinggal mengoptimalkan usaha, terus mau belajar, dan menambah pengalaman.

So, sekarang dengan modal tips di atas, sudah cukup siapkah para rekan sekertarisku memulai

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 14 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan