sekretaris-kualitas-tidur
 

sekretaris-kualitas-tidur

Sahabat Sekretaris, dengan begitu banyaknya pekerjaan di kantor, belum lagi perjalanan panjang menuju ke kantor dan kembali ke rumah, sudah pasti memakan energi yang tidak sedikit.
Diperlukan pengaturan waktu istirahat yang cukup di sela-sela semua yang kita lakukan. Termasuk diantaranya adalah tidur.
 
Saat terbangun pagi setelah sekian jam kita mengistirahatkakn tubuh dan pikiran, sudah seharusnya badan menjadi lebih segar. Oleh karenanya tidue sebagai salah satu kebutuhan biologis harus terpenuhi selain makan dan bernapas.
 

Berikut adalah panduan kebiasaan tidur yang sehat :

1. Cukupi kebutuhan tidur sekurangnya 8 jam
2. Sembilan jam sebelum tidur hindari konsumsi kafein, karena kafein baru habis dari peredaran darah setelah 9-12 jam. Jika merasa dapat menikmati kafein tanpa menggangu tidur, hati-hati..ini bisa jadi kekurangan tidur atau hipersomnia (tidur berlebihan).
3. 3 jam sebelum tidur sudah tidak ada aktivitas olahraga. Karena olah raga memeng membuat tubuh lelah tetapi justru meningkatkan kadar adrenalin yang menyegarkan otak.
4. 1 jam sebelum tidur semua aktivitas pekerjaan sudah ditinggalkan. Lakukan aktivitas yang santai dan hindari yang sifanya membuat “excited”.
5. Naiklah ke tempat tidur jika benar-benar mengantuk. Jangan melakukan kegiatan apapun di tempat tidur selain tidur.
 
Selain itu  untuk dapat memulai waktu tidur diperlukan kondisii yang relaks  dan meyenangkan, tidak berada dalam teknan dan stress. Mungkin bagi rekan sekretaris sebelum beranjak tidur dapat melakukan perawatan wajah yang bisa membuat rileks, atau mendengarkan musik santai yang disukai, atau membaca bacaan yang ringan.
 
Jadi begitu tiba di rumah, apalagi masuk kamar tidur hindari untuk membawa pekerjaan kantor.
 
Selamat beristirahat…

Dilihat: 44 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan