Sekertarisku – Lembur kerja sering kali dilakukan oleh beberapa kalangan karena memang sudah tuntutan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Tips kesehatan saat lembur menjadi hal penting yang harus anda ketahui supaya gangguan kesehatan tidak muncul sehingga proses penyelesaian tugas bisa tertangani dengan maksimal. Pada saat lembur seseorang harus memiliki tenaga ekstra supaya bisa melakukannya dengan maksimal. Lembur sering dilakukan pada malam hari sementara, tubuh harus beristirahat. Jika hal tersebut terus dilakuan tanpa diimbangi dengan melakukan hal positif maka penyakit jantung, darah tinggi, diabetes, bahkan sampai stress karena setiap hari begadang sampai malam. Kurang tidur juga bisa mnyebabkan kepala menjadi pusing. Untuk itu saat melakukan lembur anda harus mengetahui tips kesehatan untuk lembur kerja berikut ini :

  1. Minum air putih dalam jumlah cukup, karena air ini penting bagi metabolisme tubuh. Dengan mengkonsumsi air dalam jumlah cukup racun didalam tubuh juga akan dikeluarkan oleh tubuh sehingga tubuh tetap bugar. Jika anda sedang kerja lembur sampai larut malam, tubuh hanya mendapatkan sedikit waktu beristirahat. Dalam hal ini anda harus menghindari konsumsi kopi dan lebih meningkatkan konsumsi air putih. Air putih memiliki banyak kandungan mineral sehingga tubuh anda akan tetap fresh dipagi harinya.
  2. Sebelum rencana lembur dimalam hari sebaiknya tidur siang terlebih dahulu. Mungkin anda akan berfikir bagaimana bisa tidur sementara siang itu juga harus bekerja. Tidur siang tentu saja bisa dilakukan karena, untuk orang dewasa tidur siang itu tidak membutuhkan waktu lama hingga 2 jam cukup 15 hingga 20 menit saja untuk tidur siang. Selain mampu mengembalikan sedikit tenaga tidur siang dalam waktu singkat juga tidak membuat tubuh menjadi gemuk.
  3. Konsumsi makanan bergizi, karena makanan sehat akan membantu tubuh anda untuk tetap mengembalikan kesegaran tubuh anda. Salah satu jenis makanan bergizi yng bisa dikonsumsi adalah buah dan juga sayur. Karena, didalam sayur dan buah mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan demikian anda tidak mudah sakit baik itu pusing ataupun stress karena tubuh yang terlalu lelah.
  4. Jika ingin menkonsumsi camilan pilihlah jenis jajanan kecil yang mampu mencegah munculnya rasa ngantuk serta hindari camilan, yang hanya membuat tubuh menjadi tidak sehat. Camilan sehat yang tidak menyebabkan ngantuk adalah kacang almond, atau sandwich tanpa keju yang menjadi camilan sehat dimalam hari. Hindari mengkonsumsi camilan manis karena, kandungan gula yang berlebihan mampu meningkatkan berat badan dengan cepat.
  5. Jaga kondisi tubuh dengan minuman berenergi, karena saat lembur juga membutuhkan banyak tenaga untuk itu siapkan minuman bernegeri yang siap menjaga kesehatan tubuh anda. Namun, jangan konsumsi minuman berkafein tinggi sangatlah lebih baik jika anda siapkan STMJ, kemudian wedang jahe, ataupun sekedar susu manis.
  6. Tidur sejenak untuk merefresh otak, juga bisa dilakukan saat lembur malam hingga dini hari.

Beberapa tips kesehatan saat lembur bisa anda lakukan dengan mudah. Sehingga tanggungan kerja yang harus dikerjakan bisa terselesaikan dengan baik serta tubuh akan tetap sehat. Kondisi tubuh akan mudah lemah ketika tidak dijaga dengan nutrisi secara tepat. Konsumsi juga makanan yang mampu menjaga kesehatan mata karena saat lembur mata juga akan terus memandang komputer untuk itu konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin A.

Dilihat: 43 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan