Sekertarisku РBekerja terlalu keras atau workaholic ternyata dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Orang yang workaholic biasanya mengabaikan kesehatannya demi  pekerjaannya. Berbagai tips kesehatan tidak berlaku dan tidak masuk dalam memorinya. Yang ada dalam pikirannya hanyalah kerja, kerja, dan kerja. Bekerja memang baik, namun bekerja terlalu keras dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan.

Kontraktor adalah salah satu pekerjaan yang sagat menuntut kerja keras yang tinggi. Bayangkan menggarap mega proyek apartemen misalnya, pasti membutuhkan tenaga ekstra keras untuk megerjakannya. Begadang setiap malam untuk mengawasi proyek yang sedang berjalan itu pasti. Ditambah suasana di lapangan yang penuh dengan limbah pembangunan menyebabkan berbagai dampak kesehatan yag kurang baik. Oleh karena itu sebaiknya para kontraktor memperhatikan berbagai tips kesehatan untuk kebaikan dirinya.

Berikut ini tips kesehatan yang hendaknya dipatuhi oleh para kontraktor untuk memperbaiki kualitas kesehatannya dalam menghadapi kerasnya pekerjaan yang dihadapi.

  1. Tidur cukup minimal 8 jam sehari cukup membantu menjaga kualitas kesehatan. Setelah seharian bekerja keras segeralah beristirahat untuk mengembalikan stamina tubuh kembali. Jangan biarkan tubuh kurang istirahat karena tuntutan pekerjaan. Salah-salah malah badan remuk karena terlalu mementingkan pekerjaan.
  2. Hindari begadang, terkadang memang kontraktor harus begadang demi mengejar target. Namun rupanya ini sangat tidak baik untuk kesehatan, baik jangka panjang maupun jangka pedek.
  3. Minum air putih minimal 2 liter perhari, mineral tubuh yag terkuras habis di lapangan harus dikembalikan dengan cara banyak meminum air putih. Ditambah caira isotonic juga disarankan untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.
  4. Hindari kopi dan kafein lainnya. Kopi dan kafein memang cederung melekat pada pekerja keras yang lagi meghilangkan kantuknya untuk bekerja di jam tidur. Hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan karena kafein mengandung senyawa jahat yang tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak dan dalam jangka waktu yang lama.
  5. Perbanyak makan buah dan sayuran hijau. Makan buah dan sayuran hijau terbukti mampu mengembalikan sel-sel tubuh yang rusak akibat gaya hidup yang kurang sehat.

Tips kesehatan diatas hendaknya dipenuhi oleh para kontraktor yang banyak melakukan aktivitas berat di luar rumah. Jika terpaksa tidak dapat memenuhi jam tidur yang dianjurkan demi mengejar target, sebaiknya manfaatkan kesempatan siang hari saat jam istirahat untuk rehat sejenak. Sekedar memejamkan mata sejenak guna mengistirahatkan raga sudah cukup membantu dari pada tidak melakukan apapun.

Jangan sampai tuntutan pekerjaan yang terlalu berat malah mengakibatkan masalah kesehatan yang berdampak besar dan panjang bagi kehidupan. Berikut ini berbagai penyakit yang dapat timbul akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurangnya istirahat/tidur :

  1. Penyakit ginjal
    Penyakit ini muncul sebagai respon tubuh akibat kurangnya minum atau cairan yang tidak diimbangi dengan asupan air yang cukup. Ditambah kebiasaan buruk sering menunda BAK maka akan semakin memperparah keadaan penyakit ini.
  2. Penyakit diabetes
    Diabetes juga muncul karena pola hidup yang tidak sehat disertai asupan makanan yang kurang bergizi dan dominasi oleh 1 zat saja, yaitu karbohidrat.
  3. Penyakit darah tinggi
    Berbagai komplikasi penyakit pun muncul karena kurangnya menjaga kesehatan. Darah tinggi juga menyerang tiap golongan umur. Stress dan tekanan pekerjaan dapat meyebabkan munculnya penyakit darah tinggi.

Itulah sebagian penyakit yang muncul bila tidak menjaga kesehatan. Bagi para kontraktor, sudah tahu kan mengapa kita dituntut untuk tidak mengabaikan berbagai tips kesehatan?

Dilihat: 15 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.