Banyak karyawan saat ini telah menyadari keuntungan dari jaringan. Meskipun kita masih di tempat kerja, menjadi bagian dari suatu jaringan atau memperbanyak  jaringan kontak masih menjadi praktek yang diperlukan karena suatu saat nanti anda akan mendapatkan respon baliknya.

Anda bisa keluar dari pekerjaan suatu hari tetapi anda dapat dengan mudah menemukan pekerjaan baru apakah dengan bekerja di salah satu perusahaan kenalan anda atau bisa juga dengan mengetahui informasi lowongan pekerjaan dari jaringan di kontak anda. Jaringan anda akan membantu anda mendapatkan pekerjaan bukan hanya karena mereka bisa memberikan lowongan tersebut tapi juga karena mereka bisa membantu anda mendapatkan pekerjaan dengan rekomendasi yang diberikan.

Tapi membangun networking tidak sekedar mengumpulkan nama, nomor telepon dan email. Tetapi anda juga harus memiliki teknik yang baik sehingga kontak anda akan membantu anda dalam mendapatkan pekerjaan atau memberikan informasi yang anda inginkan. Sangat tidak baik apabila anda memiliki nama dan nomor mereka kemudian anda berhubungan dengan mereka suatu hari hanya karena anda butuh pekerjaan. Mereka bisa saja mengingat anda, tetapi tentunya hanya sedikit.

Anda perlu melakukan lebih dari sekedar pengenalan diri dan meminta nomor telepon mereka. Anda harus memiliki teknik tentang bagaimana cara yang benar untuk memperkenalkan diri dan membiarkan kesan abadi terbenam dalam benak kontak anda.

Ada banyak orang yang sering mencari kontak melalui sarana online. Mereka mencari situs yang membantu mereka berhubungan dengan lebih banyak orang di industri yang sama. Anda bisa pula menjadi bagian dari kelompok online populer yang anda pikir bisa membantu karir anda, apakah gabung di komunitas online? yahoogroups? facebook, dll.

Dalam melakukan update status di situs-situs online seperti facebook, yahoogroups, twitter dan lain sebagainya, juga harus memperhatikan beberapa hal supaya anda bisa terhindar dari permasalahan yang mungkin akan timbul dikemudian hari. Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca curhat dari pembaca atau tips dalam bersocial media.

Kadang memang diperlukan sebuah hubungan dengan metode tradisional misalnya kopi darat atau kongkow dengan rekan-rekan yang tergabung dalam satu komunitas, tetapi tidak diharuskan untuk berbagung dengan klub atau komunitas yang berbayar untuk menjadi anggota. Usahakan anda masuk kedalam sebuah kelompok, setelah anda berhasil mendekati salah satu anggota kelompok tersebut. Biasanya, kedatangan anda dalam sebuah jaringan melalui rekomendasi anggota tersebut itu lebih mudah diterima dibanding anda datang sendiri dan berusaha untuk meyakinkan kelompok tersebut agar menerima anda.

Hindari berpura-pura dalam berhubungan dengan mereka, berusahalah dengan tulus untuk bisa memberikan masukan maupun menjadi pendengar setia terhadap rekan yang ada di jaringan anda. Jangan egois dan bersikap acuh tak acuh hanya akan turun bila anda memang memerlukan bantuan saja. Ingat, jaringan sosial sangat peka. Satu kata dari seorang anggota akan mudah tersebar ke orang lainnya dan anda pun akan mendapatkan stigma yang kurang baik.

Kesimpulan dari tips yang kami berikan adalah dengan menjalin persahabatan yang sebenar-benarnya, anda akan mendapatkan timbal balik yang positif pada saat anda membutuhkannya tanpa anda minta sekalipun.

Selamat Bersosial Ria Sahabat Sekretaris.

Dilihat: 20 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan