Sekertarisku – Ketika panggilan tes atau wawancara datang, setiap orang pasti merasakan kombinasi antara semangat dan harap-harap cemas. Bagaimana agar bisa maksimal dalam menjawab soal dan pertanyaan interview? Bagaimana agar peluangmu diterima sebagai sekretaris di perusahaan impianmu menjadi nyata?
Dengan beberapa persiapan, kamu pasti bisa mengumpulkan amunisi yang cukup untuk menjalani tes panggilan. Ini adalah tips untuk meningkatkan peluang kerja sebelum menjalani tes dan interview :

  1. Riset perusahaan tempatmu melamar
    Kumpulkan informasi relevan sebanyak mungkin tentang perusahaan yang ingin kamu masuki. Riset selama beberapa jam tentang calon kantor kamu adalah langkah pertama untuk mempersiapkan tes dan wawancara yang sempurna. Informasi ini bisa kamu pakai sebagai bahan untuk membuat surat lamaran, menjawab soal tes serta pertanyaan wawancara secara efektif. Cari info tentang perusahaan itu di internet, lewat orang yang pernah bekerja di sana, serta lewat media lain. Punya wawasan mendalam tentang perusahaan yang kamu lamar menunjukkan keseriusan kamu dan memperbesar peluangmu agar diterima.
  2. Pelajari lagi resume kamu
    Buatlah beberapa copy berkualitas tinggi dari resumemu. Lalu, baca ulang resumemu dari awal hingga akhir agar kamu familiar dengan informasi yang dimiliki perusahaan tentang kamu. Berhati-hatilah terhadap area ‘merah’ seperti jeda ketika kamu menganggur. Nanti ketika tes wawancara, kamu harus bisa menerangkannya dengan masuk akal.
  3. Persiapkan diri kamu menjawab pertanyaan umum
    Mulailah sering berlatih tes-tes kemampuan dasar serta tes kebahasaan yang biasa muncul saat tes kerja. Sempurnakan juga kemampuan komputer kamu dengan mengulak-ulik fitur-fitur Microsoft Word dan Excel serta program lain yang kamu kuasai. Untuk menghadapi tes wawancara, pelajari beberapa pertanyaan wawancara yang sering keluar dan siapkanlah jawabannya. Praktekkan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelumnya. Ini bisa menambahkan rasa percaya diri yang kamu butuhkan sehingga peluang kerja kamu akan meningkat. Siapkan juga daftar pertanyaan yang ingin kamu ajukan di akhir sesi wawancara.
  4. Organisir dokumen-dokumen penting
    Kumpulkan dokumen-dokumen penting dalam sebuah folder profesional untuk dibawa saat tes. Selain salinan dari surat lamaran dan daftar riwayat hidup, sertakan juga salinan dari referensi-referensi yang kamu punya. Jika kamu punya piagam prestasi atau sertifikat pelatihan maupun tes kompetensi kebahasaan, bawa juga karena hal itu sifatnya penting. Bawa juga salinan proposal atau presentasi yang kamu rasa mendukung. Di dalam folder itu, sertakan sebuah notes dan pena sehingga kamu bisa menulis catatan selama wawancara atau proses tes lainnya.
  5. Ketahui kemana kamu harus pergi
    Satu tips paling esensial agar peluang kerja kamu meningkat pada saat tes atau wawancara adalah datang tepat waktu dan memberi kesan disiplin. Untuk mencapai ini, kamu harus tahu pasti dimana lokasi tes, berapa lama waktu yang diperlukan untuk sampai tempat itu, dan siapa yang harus kamu temui di perusahaan itu. Sebelum jadwal tes, telponlah perusahaan itu untuk mendapatkan petunjuk arah yang benar jika kamu tidak paham lokasinya. Catat nama dan posisi orang yang harus kamu temui dan simpan nomor telpon perusahaan atau orang tersebut seandainya ada situasi darurat seperti terjebak macet.
    Datanglah sekitar 10 menit sebelum jadwal tes atau wawancara sehingga kamu bisa menenangkan dan mempersiapkan diri.  Kadang, perlu juga melakukan tes berkendara ke lokasi tes terutama jika kamu tak yakin tentang arah dan waktu yang diperlukan. Sertakan petunjuk arah di mapmu. Jika kamu menggunakan transportasi umum, rencanakan rutemu dengan hati-hati dan jangan sampai salah naik angkutan, ya.
  6. Kurangi rasa cemas kamu
    Sebelum tes, gerakkan otot-otot di tubuh kamu. Cobalah jalan-jalan, melakukan peregangan, atau latihan lain yang membuat napasmu teratur dan kamu jadi rileks. Jangan sampai lupa makan sebelum tes atau wawancara. Snack atau sarapan ringan akan memberimu energi cukup untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan menantang. Lagipula, siapa yang mau perutnya berbunyi di tengah-tengah hening tes atau waktu wawancara?

Hiasi harimu dengan senyum. Katakan berulang-ulang pada dirimu bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi itu dan jadikan pikiran kamu selalu positif.

Dilihat: 22 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan