Bagi seorang wanita karir khususnya para sahabat sekretaris, etika dan sopan santun yang baik akan menciptakan suasana kerja yang nyaman. Karena jika dilakukan dengan benar dan konsisten maka pengaruhnya bukan saja untuk diri pribadi tapi juga hubungan dengan relasi atau rekan kerja. Berikut beberapa tips dalam santun di dunia bisnis atau karir.

  • Selalu tunjukan bahwa kita tahu tata kesopanan yang baik dan belajarlah keterampilan bergaul.
  • Sopan santun dan etika dalam bisnis berbeda dengan lingkup pergaulan sosial keseharian. Dalam dunia kerja wanita dituntut bertindak sesuai etika bisnis. Dan pria-wanita mempunyai peranan yang sama. Harus memegan prinsip profesionalisme. Wanita tidak perlu takut untuk bertindak asertif karena hatus mempertahankan sikap profesionalisme.
  • Menjaga segala sesuatu dalam batas-batas jam kerja  dan tetap berpijak pada aturan-aturan perusahaan, dan sikap ini sepantasnya dilakukakn dan dijaga.
  • Seringkali orang melontarkan berbagai pujian  karena penampilan yang cantik, menarik atau prestasi kerja yang baik. Pujian yang berlebihan dari atasana atau rekan kerja  atau bakan klien, rasanya cukup dibalas dengan sewajarnya yaitu “ucapan terima kasih” yang sederhana dan tidak berlebihan. Ada dua jalan yang dianjurkan  untuk mengatasi pendekatan yang berlebihan tadi yaitu :  dengan humor atau menganggap sepi. Tapi selalu usahakan tetap menjaga kesopanan dan profesional.
  • Sebaiknya hindari untuk berkencan dengan klien. selain tampak tidak profesional, hal tersebut bisa saja mengganggu hubungan bisnis. Tetapi tentang hal ini bisa dibahas dalam rubrik yang khusus.
  • Peganglah selalu komitmen dan loyalitas pada pekerjaan , karena ini merupakan bagian dari etika bisnis.
  • perlu adanya kemampuan komunikasi yang baikdalam lingkungan kerja . Kesalahpahaman dapat dihindari jika kita selalu berkomunikasi dengan baik. Lakukanlah setiap percakapan dengan menunjukan respepk terhadap lawan bicara.
  • Milikilah kepekaan terutama terhadapa masalah-masalah pribadi sejawat atau staff-karyawan.  Memiliki rasa belas kasihan bukanlah kelemahan melainkan kekuatan berharga  yang membuat seseorang kelak selalu akan dikenang. Tapi kepekaan bukan berarti ikut campur dan ingin tahu urusan pribadi orang lain, hanya bersikaplah empati dan punya kadar belas kasihan yang tepat, tepat saatnya  dan sesusi dengan kondisinya.
  • Hindari sikap menyombongkan diri, sok tahu atau merasa paling tahu. Karena prestasi dan bakat yang kita miliki diperhatikan oleh orang sekeliling, dan tidak perlu dipamerkan. Selalu membicarakan diri sendiri pada orang lain hanya akan membuat oranng lain jengah dan jemu.
  • Jagalah selallu kerapian, karena kerapian juga bagian dari kesopanan. Jagalah meja agar tidak berantakan dan kotor. ketidakrapian menunjukan bahwa kita kurang kemampuan mengorganisasi atau mengatur.

Dilihat: 6 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan