sekertarisku – Sinar matahari terik di siang hari, hujan di malam hari; angin di waktu pagi. Ya, cuaca bergantian antara panas dan dingin sudah sering kita rasakan apalagi di kota besar seperti Jakarta. Hal ini akan terus berfluktuasi di masa pancaroba, dan perubahan suhu sepanjang hari membuat banyak dari kita sakit.

Cara terbaik untuk tetap sehat di tengah perubahan mendadak dan dramatis dalam cuaca dan suhu adalah dengan diet seimbang dan mencoba untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

Mulailah hari sahabat sekretaris misalnya dengan beberapa jus buah segar. Makanan dan minuman yang anda konsumsi harus segar. Saran kami adalah untuk menemukan makanan dan minuman yang kaya vitamin C. Jadi bisa saja anda membuat beberapa jus buah segar dari buah-buahan yang berwarna hijau atau kuning dalam warna untuk memulai pagi anda. Jika anda memiliki sakit tenggorokan atau batuk, cobalah menambahkan beberapa madu untuk jus buah segar anda.

Bawalah termos berisi teh herbal ke tempat kerja anda. Setelah banyak orang menghabiskan sebagian besar hari mereka di kantor, ini akan membantu anda tetap sehat dimana anda mempersiapkan termos dengan campuran jahe, rosehip, linden dan teh chamomile. Hal ini tidak hanya akan membantu mendukung kesehatan anda, juga akan memastikan anda minum cairan yang cukup saat di kantor.

Salah satu zat besi dan energi adalah madu, merupakan sumber energi yang indah dengan efek antioksidan yang sangat kuat untuk membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Madu adalah cara yang bagus untuk mempermanis secangkir teh herbal, ia juga bekerja sebagai agen anti-inflamasi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dapatkan tujuh sampai delapan jam tidur setiap hari. Jika anda ingin bangun merasa kuat dan segar, anda harus memiliki tidur panjang yang berkualitas tinggi. Jangan pernah lupa bahwa tubuh mendapat kesempatan untuk beristirahat selama tidur dan tidur itu adalah ketika tubuh mengumpulkan energi dan memperbaiki dirinya sendiri. Anda perlu memperhatikan masalah seperti sleep apnea, sindrom kaki resah dan masalah tidur lainnya yang dapat mencegah anda merasa nyaman di pagi hari. Jika anda memiliki salah satu dari masalah ini, pastikan untuk pergi ke seorang ahli untuk membantu.

Hujan membantu Anda tertidur dengan mudah di malam hari, dan mereka dapat menjadi awal yang baik untuk pagi hari Anda. Juga, ketika datang untuk tidur, ingat bahwa dimana anda tidur sangat penting: jika kamar tidur anda terlalu panas, terlalu dingin, lembab, berdebu atau tidak nyaman, peluang anda untuk tidur malam yang baik bisa hancur dan sistem kekebalan tubuh bisa melemah. Pastikan kamar tidur anda mendapat udara segar untuk setidaknya satu jam setiap hari. Dan jangan lupa mandi hangat, di pagi hari dan di malam hari jika mungkin, untuk mempercepat sirkulasi dan membuat anda merasa segar dan santai.

Selama periode fluktuasi cuaca yang cepat pastikan anda mendapatkan banyak vitamin C. Jika itu adalah musim dingin pastikan anda mendapatkan banyak vitamin B juga. Cara terbaik untuk memastikan asupan vitamin anda cukup adalah dengan memiliki diet seimbang dibanding anda menambah suplemen. Makan banyak buah-buahan berwarna kuning, hijau dan merah. Namun, penelitian menunjukkan bahwa buah saja tidak akan memberikan 1.000 miligram vitamin C. Bila iklim tidak dapat diprediksi dan anda tidak bisa mendapatkan vitamin C dengan cara lain, anda bisa mendapatkan 1000-2000 miligram vitamin C melalui suplemen setiap hari.

Air adalah perisai yang bekerja untuk melindungi tubuh anda dari penyakit. Air menjaga sistem pertahanan anda kuat. Agar tubuh anda tetap dibersihkan dan bekerja dengan baik, anda perlu minum banyak air. Cobalah untuk minum rata-rata dua sampai tiga liter air per hari.

Mengapa perubahan cuaca bisa begitu berbahaya?

Tubuh manusia harus tetap dalam suhu tertentu agar tetap sehat, antara 36,5-37 derajat Celcius. Tapi kondisi cuaca luar berubah tiba-tiba, mekanisme regulasi tubuh sendiri dapat tertangkap tanpa sadar, sehingga memicu perubahan suhu tubuh. Sistem kekebalan tubuh bekerja dalam sebuah harmoni dengan sistem regulasi, juga terpengaruh. Orang-orang paling berisiko menjadi sakit selama periode transisi musiman.

Cara berpakaian untuk perubahan kondisi cuaca

Selama musim dingin yang kering dipagi hari dan panas terik di waktu siang, anda harus mengenakan pakaian yang memungkinkan udara untuk bersirkulasi. Pakailah sarung tangan, topi dan syal untuk membantu melindungi diri anda. Pastikan pakaian dalam anda bisa bersikulasi dan tidak membuat anda berkeringat, dan pastikan anda memakai lapisan yang mudah untuk dilepas dan dipakai sesuai dengan suhu. Anda akan menemukan bahwa sesak atau longgarnya pakaian anda juga dapat menimbulkan masalah dalam hal menjaga tubuh anda cukup hangat atau cukup nyaman, sehingga pakailah pakaian yang nyaman, tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

sumber: TZ

Dilihat: 4 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan