Sahabat sekretaris pasti sudah tahu kalau Puasa identik dengan mudik, memang bulan Ramadhan belum separuh terlewati, namun patut kiranya sahabat sekretaris mulai memikirkannya karena jauh-jauh hari bila tidak dipersiapkan, bukan liburan yang asik yang didapat, malah bisa jadi liburan yang penuh prahara yang sahabat sekretaris dapatkan.

Banyak cara yang bisa dipakai untuk mudik, dan setiap cara memerlukan persiapan yang berbeda tentunya. Oleh karenanya, sekertarisku hanya akan menyampaikan hal yang umum-umum saja namun juga merupakan hal yang paling penting untuk memperlancar acara mudik anda.

Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Persiapan Mental dan Fisik

Langkah pertama yang benar-benar harus diperhatikan adalah anda harus ingat bila suasana mudik itu adalah crowded, padat, kadang macet merayap dan rute yang ditempuh juga cukup jauh. Oleh karenanya diperlukan persiapan fisik dan mental yang bagus. Kalau biasanya anda membawa gudang sabar, sekarang bawa pabrik sabarnya sekalian. Anda dituntut sabar dalam perjalanan, tahan emosi dan jangan gampang tersulut dengan kondisi yang anda temui. Bila anda terpancing, perjalanan anda sepanjang jalan akan menjadi tidak nyaman. Begitu pula dengan fisik anda, persiapkan dengan baik dan kalau perlu di tune up dahulu ke ahli-ahli refleksi, tukang urut dan lain-lain yang anda percaya untuk membuat tubuh anda segar dan fit ketika akan melakukan bepergian.

Cek Kondisi Kendaraan

Baik anda membawa motor maupun mobil, pastikan anda mengecheck semua kondisi kendaraan anda dengan baik. Hal-hal seperti kaca spion, lampu-lampu, tekanan ban, kondisi mesin, aki dan sebagainya harus teliti untuk di lihat. Pastikan anda tune up dan service terlebih dahulu kendaraan anda sebelum melakukan perjalanan jauh ini. Ban juga harus diperhatikan, jangan sampai botak, begitu pula dengan rem, pastikan bekerja dengan baik mengingat nanti bisa saja anda harus berhenti ditengah tanjakan atau turunan ketika macet.

Jangan lupa hal yang sangat penting perlu anda bawa yaitu perlengkapan untuk service darurat ditengah jalan seperti dongkrak bila anda membawa mobil pribadi, kemudian tool kit, ban serep kalo perlu, dan tentu saja surat-surat kelengkapan kendaraan anda.

Yang Perlu Dibawa Dalam Kendaraan

Anda akan menempuh perjalanan jauh, oleh karenanya persiapkan makanan dan minuman secukupnya. Bila kendaraan anda telah penuh dengan banyak barang, cukup persiapkan ransum atau persediaan makanan dan minuman anda untuk cukup memenuhi sampai ke pom bensin atau tempat pemberhentian berikutnya. Dengan selalu menjaga persediaan secukupnya, kondisi dalam kendaraan anda tidak kotor berantakan oleh terlalu banyaknya makanan berserakan sehingga perjalanan tidak nyaman. Untuk motor juga anda bisa nyaman ketika berkendara bila makanan dan minuman yang dibawa tidak terlalu banyak.

Bila anda berkendaraan dengan motor, pastikan minuman yang paling penting agar diletakan di tempat yang paling mudah dijangkau. Berhentilah sejenak untuk makan dan minum supaya anda aman dan tidak mengurangi konsentrasi ketika melakukan perjalanan.

Selain makanan dan minuman secukupnya, jangan lupa persiapkan juga P3K yang berisi obat-obat standar yang dibutuhkan seperti obat demam, obat luka, plester, obat pusing, obat sakit perut dll sebaiknya anda bawa. Bila ada anggota keluarga yang sedang dalam keadaan rutin minum obat, jangan lupa untuk diingatkan. Jangan sampai penyakitnya kambuh ditengah jalan, bisa berabe!

Taati Rambu dan Peraturan Lalu Lintas

Walaupun anda mungkin nanti akan ikut tanpa sadar bersama-sama ribuan kendaraan lainnya, jangan ikut-ikutan ngebut atau melanggar rambu dan peraturan lalu lintas demi agar segera bertemu dengan sanak saudara. Pastikan anda mengerem dengan baik dan tidak dilakukan tiba-tiba. Jangan terlalu pergunakan kaca spion ketika melakukan belokan, lihat juga dengan mata anda sendiri keadaan sekitar. Maklum, ditengah acara mudik sering kali motor berlalu lalang di kiri dan kanan anda.

Ketika dalam perjalanan juga pergunakan alat keamanan dengan baik. Pakai helm yang baik bila anda memakai motor dan pergunakan seat belt bila anda memakai mobil. Hindari menerima telpon ketika sambil berkendara dan selalu berhati-hati. Bila anda mengantuk, istirihatlah sejenak! Gunakan dengan baik posko-posko dari para sponsor sepanjang jalan untuk menyegarkan tubuh anda atau sekedar meluruskan kaki anda.

Mudik Bersama Balita

Bagi para sahabat sekretaris yang telah memiliki momongan, perlu ada trick tersendiri supaya mudik anda nyaman. Kadang si kecil akan rewel karena tidak tau kita ini akan berangkat kemana? Belum lagi dia merasa bila perjalanan kok belum sampai juga, sehingga si kecil rewel ditengah jalan dan ingin pulang, gawat bukan?!

Berikut point-point yang harus diperhatikan bila anda berencana untuk mudik bersama balita.

  • Beritahu anak anda kota apa yang akan anda kunjungi, tunjukkan kota tersebut dengan internet sehingga anak tahu kesanalah tujuan kita. Beritahukan juga berapa lama perjalanan yang akan ditempuh sehingga anak tidak merasa khawatir terus sepanjang jalan karena merasa perjalanan yang ditempuh tiada akhir.
  • Minta kerabat anda untuk mengirimkan photo mereka bersama anak-anak mereka via email, sehingga si anak tahu ada saudara-saudara yang akan ditemui. Usahakan photo terbaru biar anak tidak bingung ketika bertemu.
  • Booking langsung ticket pulang pergi bila anda menggunakan kendaraan umum jauh-jauh hari. Besar kemungkinan anda tidak akan mendapatkan ticket bila anda memesannya ketika sampai ditujuan.
  • Bawa keperluan anak seperlunya saja, jangan dibawa semua isi lemari karena bisa memenuhi kuota bagasi pesawat. Buat daftarnya dan cocokan barang yang harus dibawa ketika pergi dan pulang.
  • Membawa cairan pembersih tangan dan tissue basah adalah keharusan, jangan lupa untuk membawanya.
  • Persiapkan makanan kecil buat anak anda supaya dia tidak kelaparan diperjalanan. Ada makanan ringan dan camilan di kendaraan anda akan mengurangi sedikit stress pada anak.

Mungkin ada banyak hal-hal penting lainnya yang perlu diperhatikan selain daftar yang umum seperti diatas. Anak special atau anggota keluarga yang mempunyai kelainan memerlukan perhatian lebih dan kebutuhan barang yang dibawa berbeda tentunya dengan anggota keluarga yang normal, jadi hanya anda yang tahu apa saja yang paling tepat untuk kondisi anda. Namun sayangnya persiapan dari jauh-jauh hari harus segera dilakukan untuk mendapatkan perjalanan yang nyaman bagi para sahabat sekretaris.

Akhir kata, selamat jalan dan sukses untuk mudiknya ya!(nm)

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 13 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan