public speaking - berbicara di depan umum
 

sekertarisku – Apakah anda mendapatkan perut anda keram ketika seseorang meminta anda untuk mengatasi kerumunan besar? Apakah presentasi atau menyampaikan pidato, membuat anda gugup? Jika anda mengalami ketakutan, maka silakan coba tips ini dan ikuti mereka dalam rangka untuk mengembangkan keterampilan public speaking atau berbicara di depan umum.

1. Kerjakan pekerjaan rumah anda

Hal pertama yang harus dilakukan adalah untuk memperkenalkan diri dengan topik yang harus bicarakan. Jika ini adalah salah satu mata pelajaran favorit anda, itu akan mudah untuk melakukan penelitian pada topik dan membuat catatan. Jika topik tidak sesuai dengan selera anda, perlu sedikit usaha lebih untuk membuat presentasi. Namun, ini akan meningkatkan kepercayaan diri anda terkait pekerjaan anda. Siapa tahu, anda mungkin juga jatuh cinta dengan topik ini.

2. Gali lebih dalam topik anda

Fahami dan gali lebih jauh topik anda. Dengan cara ini, anda akan berpengalaman dengan topik itu dan siap untuk setiap perkembangan ketika anda melakukan public speaking seperti berpidato. Untuk menggambarkan, mungkin saja anda punya sedikit waktu untuk menguraikan topik anda atau sebaliknya. Ketika anda menguasai dengan baik topik anda, anda tahu poin mana anda dapat memperkayanya dan mana yang bisa dihilangkan untuk menghemat waktu.

3. Praktek

Setelah anda siap dengan isi pidato anda, bacalah keras-keras. Lakukan ini sampai anda merasa yakin bahwa anda telah hafal dengan baik. Untuk menghindari kekacauan ketika anda telah berada di atas panggung, anda dapat mencetak bagian penting dari pidato dan melakukan kutipan sehingga anda dapat mengingat mereka dan menyampaikan pidato dengan baik.

4. Mengolah

Ketika Anda berlatih untuk pidato, anda dapat melakukannya di depan teman-teman anda atau orang yang anda cintai. Minta mereka untuk memberikan komentar dan ulang sesuai dengan saran-saran dari mereka. Salah satu cara yang lebih obyektif menilai keterampilan berbicara pada anda sendiri adalah untuk merekam pembicaraan anda, dengarkan klip suara anda sendiri dan kemudian membuat perubahan yang diperlukan dalam intonasi dan pengucapan. Juga, anda perlu melihat waktu yang anda pakai ketika anda melakukan pidato. Ini penting karena jika anda berbicara terlalu panjang, maka pendengar akan bosan.

5. Latih

Pada hari anda akan bicara, lihatlah tempat satu atau dua jam sebelum acara. Silahkan lihat pada pengaturan tempat duduk dan fasilitas teknis yang diberikan. Pastikan bahwa semuanya di tempat. Terutama jika anda harus melakukan presentasi selama pidato anda, pastikan bahwa proyektor, layar proyektor dan peralatan terkait yang bekerja dengan baik. Coba berdiri di atas panggung jika diperbolehkan, dan berlatih untuk terakhir kalinya. Dengan cara ini anda akan tahu berapa banyak anda harus mengatur suara anda di depan mikrofon. Juga anda akan mengetahui jika lampu di atas anda mengganggu atau menghalangi pandangan dari notepad anda atau tidak.

6. Yakinkan dengan keyakinan

Ketika anda mulai bicara, mulai dengan senyum. Berbicara dengan percaya diri. Ini adalah bukti keyakinan anda dalam topik yang akan memaksa penonton untuk mendengarkan anda. Bahkan jika anda melakukan kesalahan, bersabarlah dan terus berbicara. Para penonton akan menghargai anda untuk rasa percaya diri anda. Penghargaan ini akan membantu anda mengatasi demam panggung anda.

7. Bahasa Tubuh

Ketika anda menyampaikan pidato, penonton tidak hanya mendengarkan isi pidato tersebut, tetapi juga terus memperhatikan anda. Oleh karena itu, sangat penting bahwa bahasa tubuh anda menyampaikan rasa percaya diri anda. Bahkan jika Anda gugup, jangan perlihatkan kepada penonton. Tersenyum atau berhenti untuk menarik napas setiap kali anda merasa anda terlalu gugup. Anda dapat mengesankan penonton dengan gerakan aktif anda seperti menggerakkan tangan anda atau memberikan jempol ketika seseorang dari penonton memberikan jawaban yang tepat untuk pertanyaan anda.

8. Berinteraksi dengan penonton

Menyampaikan pidato tidak hanya berarti belajar hafalan beberapa poin dan menyampaikan hal itu dengan keyakinan. Hal ini juga berarti memenangkan perhatian penonton. Bahkan, bagi kebanyakan orang, menyampaikan pidato adalah masalah bagi mereka karena mereka takut saat melihat kerumunan besar. Tapi, teman-teman, seandainya tidak ada orang yang mendengarkan anda, tentu tidak diperlukan public speaking? Penonton yang banyak berarti lebih banyak orang siap untuk mengikuti anda. Terserah anda untuk meyakinkan mereka atau kehilangan itu dengan menjadi takut pada mereka.

Untuk menang atas penonton, hal terpenting yang harus dilakukan adalah untuk berinteraksi dengan mereka. Mereka tidak ingin mendengarkan orang yang mengabaikan kehadiran mereka. Sebaliknya, anda harus berbicara dengan mereka. Meminta mereka untuk bertanya. Sampaikan lelucon satu atau dua. Mengutip beberapa contoh dari mereka agar mereka terlibat. Dengan cara ini, pidato anda akan meresap dalam pikiran mereka dan anda akan menjadi populer dalam waktu singkat!

9. Bersiaplah untuk yang terburuk

Setiap kali anda menyampaikan pidato, anda harus selalu siap untuk yang terburuk. Di sini, terburuk berarti apa-apa. Batuk mendadak atau cegukan tak terkendali atau tenggorokan kering, mungkin akan membuat situasi anda memalukan. Dianjurkan untuk mempersenjatai diri untuk menghadapi kecelakaan seperti itu. Ada tips sederhana, seperti membawa sebotol air sehingga anda dapat dengan mudah minum, tanpa menumpahkan tetesan. Anda harus selalu membawa saputangan atau kertas tisu untuk menutupi mulut anda dalam kasus batuk atau untuk menghapus keringat. Ketika anda mempersiapkan diri untuk yang terburuk, Anda merasa jauh lebih percaya diri dan cenderung mengurangi rasa takut.

10. Tips Public Speaking terakhir: Hindari meminta maaf

Setiap kali anda meraba-raba atau mengambil jeda untuk mengumpulkan pikiran anda, jangan meminta maaf untuk itu. Ini juga berlaku untuk batuk di tengah pidato atau salah mengeja nama. Ini sangat alami dan anda tidak perlu menyesal untuk itu. Para penonton mengerti, itu manusiawi. Selain itu, jika anda mengatakan maaf, anda cenderung untuk membawa kesalahan anda dan penonton terganggu dari topik yang sebenarnya. Ini juga mengurangi kredibilitas anda.

Public speaking pasti tugas yang sulit bagi pemula. Namun, jika anda telah berhasil mencobanya sekali dan terus membiasakan diri, dijamin, anda akan memiliki pengagum yang banyak!

sumber: magforwoman, sk

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 135 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan