Cover Letter Pentingkah?
 

sekretarisku – Sangat mengejutkan ternyata banyak pelamar kerja mengiriman resume kerja tanpa cover letter diformat dengan benar, malah ada yang tidak ada cover letter sama sekali, berakhir untuk dilemparkan ke tempat sampah dan tidak pernah dilihat sama sekali.

Itu berarti semua kerja keras anda untuk memperbarui resume anda dengan semua kualifikasi yang menakjubkan terbuang percuma pada pekerjaan yang anda lamar karena anda bahkan tidak bisa dievaluasi! Semua kerja keras menjadi sia-sia karena tidak ada cover letter.

Ambil artikel ini sebagai petunjuk dan jangan buang-buang waktu untuk melamar posisi tanpa cover letter karena kebanyakan majikan tidak akan melihat resume dan aplikasi jika mereka tidak benar-benar menganggapnya serius karena mereka pikir anda tidak serius karena tidak ada cover letter terpasang.

Apakah Yang Lebih Penting?

Pada titik ini anda mungkin bertanya-tanya apa yang lebih penting, cover letter, atau resume? Dan jawabannya adalah keduanya sama-sama penting. Anda perlu surat pengantar bagus untuk memperkenalkan diri, menjelaskan resume anda, dan mengapa anda melamar untuk posisi itu. Ketika majikan melihat cover letter yang baik maka resume anda pasti akan dibaca dan dihormati dengan layak. Mengambil sedikit waktu untuk memformat cover letter yang baik atau tidak termasuk sinyal bahwa apakah anda menginginkan pekerjaan ini dengan serius atau tidak. Tentu saja, ini tidak mungkin terjadi dengan semua pengusaha, namun hal ini sebagian besar terjadi, jadi pastikan anda mengirimkan resume anda diformat dengan benar.

Bagaimana Jika Cover Letter Tidak Diminta?

Jika anda belum pernah menulis cover letter maka anda mungkin masih menolak gagasan ini dan berpikir bahwa dalam persyaratan pekerjaan tidak meminta hal itu, maka anda tidak perlu membuang waktu anda untuk menulisnya. Maka anda salah. Anda harus selalu menyertakan hal ini apakah itu diminta atau tidak. Banyak sekali lowongan kerja tidak akan secara implisit meminta cover letter, tetapi anda harus tahu bila anda harus membuatnya. Jadi, perlu diingat bahwa setiap kali anda melamar pekerjaan dengan resume, anda juga harus melampirkan cover letter yang ditulis secara profesional. Ini benar-benar tidak akan pernah merusak peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan dan justru hampir selalu memperbaiki lamaran anda. Jadi, pastikan anda menyertakan hal ini terlepas dari apakah itu diminta atau tidak.

Kustomisasi Cover Letter, Apakah Diperlukan?

Sekarang anda telah yakin untuk mengirimkan cover letter di setiap resume anda, mungkin anda sudah tahu bagaimana menggunakan sedikit waktu anda untuk membuatnya dan bisa pula menggunakan format generik yang tersedia di semua resume anda. Ini adalah kesalahan lainnya yang harus anda hindari. Anda mencoba untuk membuat kesan yang baik ketika anda melamar pekerjaan, terutama jika peluang anda di wawancara berdasarkan pada resume anda. Jadi, jangan mengambil jalan pintas yang mudah dengan mengirimkan format generik. Sebaliknya, gunakan waktu sekitar lima menit dan membuka cover letter dalam program pengolah kata di komputer anda dan menyesuaikannya. Ini akan memakan waktu yang sangat sedikit, tetapi akan membuat dampak besar pada calon majikan untuk melihat bahwa anda serius dan berkomitmen untuk mendapatkan pekerjaan ini. Pastikan untuk menyertakan judul pekerjaan yang akan anda lamar, nama perusahaan, serta contact person. Ini sedikit usaha dari sisi anda untuk membuat semua informasi yang diperlukan tersedia untuk calon majikan.

Apakah Termasuk Persyaratan Gaji?

Ketika membaca iklan lowongan pekerjaan, anda sering akan melihat bahwa majikan ingin anda untuk mengirimkan resume dan cover letter dengan persyaratan gaji anda. Anda mungkin berpikir ini sangat bagus karena anda bisa menyatakan apa yang anda ingin mendapatkan, tapi perlu diingat anda harus punya posisi yang tepat bila nanti perlu bernegosiasi. Jadi, apa yang harus anda lakukan? Jawabannya adalah jelas. Beberapa pengusaha ingin melihat angka, orang lain ingin menjalin komunikasi untuk negosiasi, dan itu adalah tanggung jawab anda untuk mengambil langkah pertama. Jadi, jika perlu untuk menyatakan jumlah nilai tertentu yang diinginkan, tulislah sebuah acuan. Anda bisa mengatakan anda bersedia untuk bekerja sebesar $ 40.000 sampai $ 60.000 tergantung pada tugas pekerjaan yang terkait. Ini akan memberi anda sebuah ruang gerak ketika bernegosiasi menentukan gaji sebenarnya. Jika tidak ada angka tertentu yang diminta, anda cukup nyatakan bila anda senang untuk membicarakan terkait hal itu lebih detail jika majikan tertarik untuk mempekerjakan anda. Dengan demikian anda memiliki kesempatan untuk memulai negosiasi yang tepat!

Sekarang anda telah mengetahui alasan mengapa anda harus menyertakan cover letter bersama resume anda anda dan mungkin telah memutuskan bahwa itu tidak masuk akal, atau bisa pula telah menyimpulkan bila hal ini adalah upaya berharga yang mungkin bisa membuat perbedaan dalam mempekerjakan anda VS status pengangguran. Tapi, masih ada masalah dimana anda tidak tahu bagaimana memformat cover letter yang tepat. Untungnya, itu bukan masalah besar karena ada banyak panduan di Internet yang bisa anda cari dan dijadikan contoh untuk memulai membuat cover letter anda. Jadi, selamat melamar pekerjaan!

sumber: click disini

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 71 kali

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

WordPress spam blocked by CleanTalk.