Sekertarisku – Perkembangan dunia usaha dewasa ini cukup berkembang dengan pesat. Dengan segala kepentingannya setiap pimpinan perusahaan memiliki sosok sekretaris untuk mendukung aktivitas kantor yang cukup rumit seperti menangani arsip, penjadwalan, mengurusi surat menyurat, administrasi, hingga urusan pribadi pimpinan perusahaan. Untuk itulah peran sekretaris profesional cukup besar dalam menunjang kegiatan perusahaan. Dibutuhkan stamina prima, keterampilan super, hingga kecerdasan dan pengetahuan yang optimal.

Sekretaris berasal dari bahasa Latin yaitu secretum yang berarti rahasia. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut secretary yang berasal dari kata secret dan memiliki arti “rahasia”. Dari asal kata inilah sekretaris diartikan sebagai orang yang diberi kepercayaan untuk menyimpan rahasia dan melaksanakan tugasnya. Kepercayaaan dan loyalitas sangat dibutuhkan seorang sekretaris.

Untuk melaksanakan tugasnya yang bermacam-macam, seorang sekretaris diharuskan memiliki kompetensi dasar yang baik. Mulai dari kecerdasan, kecekatan, fokus, kedisiplinan, bahkan pemikiran terbuka dan selalu memperbarui informasi terkini. Didasari dengan loyalitas dan kepercayaan yang tinggi, tugas sekretaris sangat menentukan kinerja pemimpin dan keberlangsungan perusahaan. Seorang sekretaris yang profesional sebaiknya memiliki pengetahuan dan keterampilan di luar tugas kesekretarisannya, yaitu:

  1. Keterampilan berkomunikasi
    Dalam menjalankan tugasnya, seorang sekretaris mau tidak mau harus berurusan dengan orang lain selain atasannya. Bisa itu rekan bisnis, bawahan, tim kerja, dan orang-orang yang mendukung kelancaran tugasnya. Untuk itu keterampilan berkomunikasi yang baik harus dimiliki seorang sekretaris. Keterampilan ini adalah keterampilan vital, karena semua tuntutan pekerjaannya berhubungan dengan orang lain dan disitu terlibat komunikasi verbal maupun nonverbal yang kental.
  2. Kemampuan Search and Development
    Tugas seorang sekretaris termasuk mencari data yang diperlukan oleh pimpinan perusahaan. Tak jarang seorang pemimpin memasrahkan urusan ini dan menuntut hasilnya secepat mungkin. Seorang sekretaris harus memiliki kemampuan mencari, kemudian menginterpretasikan data yang didapat serta memanfaatkan informasi tersebut guna memenuhi data yang ditugaskan oleh pimpinan perusahaan. Dibutuhkan penguasaan keterampilan penunjang seperti kecakapan menggunakan teknologi internet, gadget, dan rekanan bisnis yang cukup luas. Keterampilan ini biasanya akan dipelajari ketika sekretaris berkecimpung di dunia teknologi informasi yang membutuhkan data cepat dan akurat.
  3. Kemampuan Problem Solving
    Seringkali masalah yang dihadapi pimpinan juga harus dipikirkan oleh sekretaris dan harus sesegera mungkin melakukan tindakan. Dalam hal ini sekretaris diposisikan sebagai penasehat bagi pimpinannya. Sekretaris diberi tanggung jawab sebesar ini karena secara tidak langsung seorang sekretaris tahu betul seluk beluk perusahaan. Langkah terdahulu yang pernah dilakukan akan mempengaruhi keputusan selanjutnya. Pemberian solusi yang tepat dan saran brilian dari sekretaris sangat dibutuhkan pada saat genting. Kemampuan ini biasanya akan terasah seiring dengan pengalaman kerja yang dilewati selama bertahun-tahun dan konsisten.
  4. Team Work
    Bekerja sama adalah dasar dari pekerjaan dalam perusahaan. Semua orang memiliki visi dan misi yang sama yaitu memajukan perusahaan tersebut. Oleh karena itu sudah selayaknya semua divisi bekerja sama dalam menanggulangi masalah. Sekretaris sebagai tangan kanan pimpinan perusahaan sangat erat hubungannya dengan membangun kerjasama tim dengan divisi lain. Sekretaris tidak bisa kerja sendirian tanpa bantuan orang lain.
  5. Memiliki Human Relation Skills
    Kadangkala diluar urusan bisnis, seorang sekretaris juga perlu membangun jaringan dan relasi dengan orang lain diluar rutinitas dan tuntutan profesi. Selain dapat menambah teman dan pengetahuan, ke depannya membangun network sangat berguna bagi pengembangan diri dan keterampilan personal dari sekretaris. Diharapkan dengan banyaknya relasi yang dibangun, semakin berkembang juga wawasan dan pengetahuan seorang sekretaris. Ini adalah investasi jangka panjang untuk karir ke depannya.
  6. Komitmen
    Seperti disebutkan sebelumnya, seorang sekretaris harus memiliki komitmen yang kuat karena pekerjaannya dibangun diatas loyalitas dan kepercayaan. Komitmen untuk menjaga rahasia dan terus mengabdi pada perusahaan adalah integritas yang harus dijaga dalam diri seorang sekretaris.
  7. Bersemangat dan Mengembangkan Diri
    Setelah memiliki komitmen yang kuat, adalah tugas seorang sekretaris untuk semangat dalam mengerjakan setiap tugas yang dibebankan. Sekretaris dituntut untuk fokus dan siap kapan saja dalam menjalankan tugas dari pimpinan. Semangat ini juga harus ditunjang dengan keinginan untuk terus berkembang. Mengingat dunia kerja dan setiap perusahaan memiliki target setiap tahun untuk menaikkan keuntungan perusahaan maka seorang sekretaris juga harus mengahadapi tuntutan tersebut.

advertising – Baca Juga :

Dilihat: 316 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan