Model Baju 4 Dekade Terakhir
 

sekertarisku – Jika kita mencoba untuk meneliti sejarah model baju di Amerika untuk wanita, kita akan sibuk untuk membuka tumpukan demi tumpukan arsip.
Fashion tidak hanya terbatas pada level rendah atau level masyarakat kelas tinggi. Bahkan jaket yang sederhana yang dipakai oleh seorang wanita yang sedang membeli sayuran di pasar merupakan produk fashion yang harus disaring dari jalanan. Mari kita coba lintasi waktu untuk melacak perubahan wajah fashion di Amerika.

Tahun 1970-an

Tahun tujuh puluhan adalah masa Disco! Campuran rok dengan berbagai ukuran – dari mikro, mini hingga maxi bersama dengan beberapa pakaian yang lebih ringan seperti kaftan, celana gober, dan sepatu-sepatu yang digemari. Tank top telah membuat comeback hari ini ketika pertama kali mereka muncul pada tahun tujuh puluhan. Dikombinasikan dengan pakaian rajut, biasanya ini yang menjadi model baju terkini bila memakai tank top. Pada masa ini pula disebut dengan “kekuatan bunga” yang memunculkan banyak hippie memakai baju longgar atau kemeja dengan motif bunga.

Tahun 1980-an

Bila pada tahun tujuh puluhan kita melihat padanan baju yang sempit dengan bawahan celana yang lebar (biasa disebut cutbray¬† di Indonesia Red.), model baju di awal tahun delapan puluhan menjadi terbalik. Perempuan mulai memakai kemeja longgar dan celana ketat. Dalam dekade ini, situasi keuangan orang mulai meningkat; sebagai hasilnya, ‘mode’ menjadi lebih mudah diakses bagi masyarakat umum. Nama-nama merek seperti Ralph Lauren dan Calvin Klein menjadi nama rumah tangga. Selama ini, lagu single Madonna, “Like a Virgin” telah dirilis dan dia diberi judul “Material Girl”. Dia menginspirasi jutaan wanita dengan gaya anehnya. Kecenderungan model baju dengan lebih dari ukuran bahu dipopulerkan dalam acara Amerika seperti ‘Dallas’, ‘Dinasti’ dan film berjudul ‘Flashdance’. Pada tahun delapan puluhan, subkultur musik Rap dan Hip-Hop juga telah menjadi sangat populer, mempengaruhi tren fashion yang lebih luas.

Tahun 1990-an

Dipengaruhi oleh timbulnya musik Grunge di dekade ini, tampilan grunge adalah dominan. Wanita memanjangkan rambutnya dengan bergelombang alami, dan mengenakan sepatu sneakers dengan percikan warna liar. Terlepas dari tampilan grunge, model baju 90-an juga tentang jaket pendek dan tubuh dengan bahu seperti terangkat. Celana tidak lagi dibatasi hanya untuk laki-laki. Pada masa ini dikenal juga dengan celana ‘tiga-empat’ atau ‘Capris’, awalnya membuat debut mereka dimulai pada tahun delapan puluhan.

Fashion 1990 juga melihat kedatangan pakaian Gothic di mana makeup hitam berani dan pakaian hitam yang populer. Fitness juga menjadi rutinitas, semua orang punya kesadaran yang besar di tahun sembilan puluhan, dan karenanya model baju Lycra mulai memasuki pasar fashion-olahraga. Kulit murni keluar dari mode, dan kulit imitasi mengambil tempatnya. Pada masa ini telah tumbuh kesadaran akan kekejaman yang dijatuhkan terhadap binatang untuk mendapatkan kulit. Pinggul ketat dengan tank top dan perhiasan yang mengkilap terlihat di mana-mana.

Model baju 2000-an dan seterusnya

Fashion menjadi lebih bergaya dan feminin datang menjadi popularitas selama masa ini ketika fashion wanita di Amerika Serikat menjauh dari gaya yang lebih unisex dari tahun sembilan puluhan. Wanita bergeser ke rok mini denim, klasik Burberry swatch dengan mantel juga celana olahraga berwarna tunggal. Dan untuk alas kaki, perempuan turun ke sandal jepit warna-warni yang cocok dengan hampir segala sesuatu, kemudian celana dan tank top mengekspos bagian perut. Pada tahun 2000-an, Crocs menjadi sangat populer untuk kedua jenis kelamin.

Melihat perubahan model baju dari masa ke masa dalam empat dekade terakhir, akan melihat masa depan juga sangat menarik. Di Amerika, fashion selalu dan akan selalu mencerminkan pengalaman, negara, ekonomi, agama dan budaya dari warga. Mark Twain telah berkata, “Pakaian yang telah membentuk manusia.”

Sumber: click Disini

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 51 kali

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

WordPress spam blocked by CleanTalk.