Perceraian bagi anak
 

sekretarisku – Yup, kali ini kami akan membahas curhat dari SKers semua yang masuk kepada kami, bila terjadi perceraian, bagaimana sikap kita kepada buah hati kita? Tentu banyak diantara sahabat atau teman kita yang mengalami hal ini bukan?

Anda benar-benar tidak ingin bercerai, tapi kadang-kadang segala sesuatu datang tanpa bisa ditolak, dan perpisahan adalah opsi terakhir. Situasi memang kadang tidak bisa seperti yang anda harapkan. Perceraian adalah satu-satunya jalan keluar untuk memulihkan perdamaian ke dalam hidup anda sekali lagi. Itu akan menjadi hal yang berbeda sama sekali jika anda tidak memiliki anak. Tapi sekarang, bila anda memiliki anak-anak anda yang indah untuk diurus, anda sering merenungkan bagaimana anda akan mengatur kehidupan mereka dan anda terutama setelah perceraian?

Anak-anak memang secara alami adalah rapuh dan mereka mungkin datang dengan sebuah kesimpulan segera. Sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan kehati-hatian harus diambil untuk memastikan bahwa mereka tidak merasa diabaikan. Tips berikut akan membantu anda dalam membuat anak anda menerima lebih baik kehidupan baru setelah perceraian.

1. Terbuka tentang perceraian kepada anak-anak

Sulit untuk setiap anak untuk melihat bahwa orang tua mereka bercerai. Semakin mereka pergi keluar dan melihat pasangan lain bahagia, semakin kecemasan mereka akan berlabuh kepada anda berdua. Oleh karena itu, sangat penting untuk membahas masalah ini secara terbuka dengan anak-anak anda. Anak-anak bisa berakhir dengan membenci anda karena anda berdiam diri terhadap seluruh kegagalan. Sebaliknya, pembicaraan terbuka dan jujur akan menghapus banyak kesalahpahaman. Anda dapat memberitahu mereka alasan di balik perpisahan dan membuat mereka menjadi bagian dari diskusi. Ini akan membuat saling pengertian antara anda dan anak-anak anda. Dengan cara ini, mereka akan berada dalam keadaan yang lebih baik untuk memahami hal ini.

2. Membuat anak-anak anda menyadari bahwa hidup tidak akan berubah setelah perceraian

Hal yang paling anak-anak benci adalah perubahan. Sejak kecil, mereka terbiasa untuk hidup berkisar orangtua mereka, teman-teman dan rumah. Apapun perubahan dari pola harian ini akan sangat mengganggu mereka dan lebih sering mengganggu daripada tidak, apakah mereka akan menyalahkan diri sendiri untuk segala sesuatu, atau mereka akan menuduh orang tua mereka bertanggung jawab untuk mengubah hidup bahagia mereka. Untuk memastikan bahwa situasi menakutkan seperti itu tidak muncul, anda harus memberitahu mereka bahwa tidak akan ada gangguan dalam cara mereka menjalani hidup mereka. Jika salah satu satu orang tua mendapat hak asuh anak, orang tua lainnya tidak harus menghilang dari kehidupan anak. Orang tua lainnya harus tetap bisa menemui anak-anak misal setiap minggu. Ini tidak akan membuat mereka merasa diabaikan.

3. Tampilkan anak anda cinta tak terbatas anda melalui jaminan

Sering terjadi bahwa anak-anak mengembara sendiri ketika orang tua bercerai. Mereka membentuk dunia mereka sendiri, dan bisa saja opini sendiri muncul sehingga ada perasaan bersalah, murung dan orang dewasa menjadi marah. Ketika orang tua tidak menghabiskan cukup waktu dengan mereka setelah perceraian, anak-anak pergi mengurung diri dan ini mungkin tidak baik bagi masa depan mereka. Tunjukan pada mereka cinta anda dan pastikan bahwa anda akan selalu ada untuk mereka. Jaminan dari orang tua bahwa anak mereka adalah orang yang paling penting di dunia akan memberikan keajaiban untuk anak dan semua perasaan sakit akan dihilangkan.

4. Biarkan anak-anak untuk menyampaikan pikiran mereka tentang perceraian

Keputusan untuk perceraian adalah milik anda, tetapi anak-anak anda mungkin berakhir di sisi yang salah hanya karena anda tidak berpikir pendapat mereka cukup penting. Dalam kasus tersebut, duduk dengan anak anda dan mintalah pikirannya tentang perceraian. Biarkan mereka menghapus keraguan mereka. Jika mereka marah atas anda, buat mereka memahami perlunya perceraian bukan memarahi mereka. Ini harus ditangani dengan hati-hati dan anda tidak harus menyakiti anak anda dengan cara apapun. Dengarkan apa yang mereka katakan dan hargai pikiran mereka dan kekhawatiran masa depan. Buat mereka sadar bahwa semua kekhawatiran mereka akan diselesaikan secara damai dan bahwa kehidupan mereka akan dipertahankan dan tidak akan terganggu.

Sebuah perceraian mungkin sulit untuk anak-anak, tetapi dengan cinta dan perawatan yang berasal dari orang tua, mereka akan mampu mengatasi dengan situasi dalam cara yang jauh lebih baik. Habiskan waktu yang berkualitas dengan anak-anak anda dan beri mereka cinta dan kasih sayang. Perhatian penuh adalah apa yang mereka butuhkan setelah bercerai, jadi pastikan anda memberikan hal itu.

Sumber: click disini

advertising – Baca Juga :

Dilihat: 23 kali

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

WordPress spam blocked by CleanTalk.