Home Tips-Trick Tips Efektif Buat Kamu Yang Sedang Cari Kerja

Tips Efektif Buat Kamu Yang Sedang Cari Kerja

by webmaster
 

Sekertarisku – Kamu sedang bingung cari kerja? Ada banyak lowongan pekerjaan yang tersedia setiap harinya, namun jumlah pelamar juga jauh lebih banyak lagi. Biar kamu menjadi salah satu dari mereka yang beruntung bisa dapat pekerjaan tepat dalam waktu yang tak lama, ada banyak hal dan persiapan yang harus kamu perhatikan.

Berikut adalah beberapa tips buat kamu yang sedang cari kerja saat ini:

  1. Cari pekerjaan yang pas dengan kemampuan kamu. Apa minat dan bakat kamu? Prestasi apa yang telah kamu raih sejauh ini? Apa pengalaman kamu yang paling menonjol? Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum cari kerja adalah mengenali diri kamu sebaik-baiknya. Banyak orang yang mencari pekerjaan sekadarnya lalu berusaha mengutak-atik agar skill-nya nampak cocok dengan persyaratan yang diminta. Ini jelas salah kaprah. Kamu harus cari pekerjaan yang pas agar mendapatkan kepuasan dan kenikmatan berkarir. Kalau tidak, kamu bisa menghabiskan setiap pagi mengutuki ‘kesialan’ kamu terjebak dalam sebuah pekerjaan yang kamu tidak cocok.
  2. Buat daftar kemampuan dan kelebihan kamu. Lalu, tentukan industri atau bisnis semacam apa yang akan diuntungkan dengan skill tersebut. Bahkan seandainya kamu bukan tipe anak yang semasa sekolah berprestasi dalam bidang akademik atau jago organisasi, tentu ada hal yang kamu cukup menonjol dibanding teman-teman sekitarmu. Bisa jadi kamu penggila game yang paham seluk beluk komputer dan piranti lunak. Bisa juga kamu pecinta kegiatan alam bebas yang cocok jadi guide atau event organizer outbond dan beragam kegiatan wisata. Atau kamu punya banyak kenalan, yang membuat kamu cocok bekerja di bidang marketing atau relasi publik.
  3. Cari lowongan yang sesuai dengan keinginan  kamu. Karena kamu bukan cuma akan bekerja untuk seminggu atau sebulan, pastikan kamu akan merasa nyaman dengan posisi itu. Perhatikan baik-baik deskripsi kerja, jam kerja, fasilitas serta gaji dan tunjangan yang ditawarkan oleh pihak yang membutuhkan lowongan. Yang terpenting, perhatikan juga kualifikasi yang dibutuhkan. Jangan panik jika kamu tidak memenuhi kualifikasi itu 100 %. Jika hal itu bisa dikompensasikan dengan kelebihan kamu yang lain dan kamu mau selalu belajar untuk jadi lebih baik, pihak perusahaan pasti mau mempertimbangkan, kok.
  4. Revisi resume kamu. Sebelum mulai cari kerja, pastikan resume kamu lengkap dan up-to-date. Resume kamu adalah petunjuk penting bagaimana diri kamu serta apa yang bisa kamu tawarkan. Jangan pernah mengarang informasi di resume itu. Carilah deskripsi pekerjaan yang ditawarkan dan tonjolkan bidang yang relevan untuk menonjolkan kemampuanmu dalam menangani pekerjaan tersebut. Deskripsikan diri kamu secara padat menggunakan kata-kata sifat dan kata kerja aktif. Lalu, telitilah baik-baik seandainya ada salah pilihan kata atau ketik. Format resume kamu juga harus gampang dibaca. Kecuali lamaran itu meminta portofolio kreatif atau kamu memang ingin bekerja di bidang kreatif, jaga agar resume kamu tetap klasik. Pastikan juga nama dan kontak informasi tertera jelas.
  5. Riset perusahaan yang kamu lamar. Selain mengenali dengan baik posisi yang ingin kamu coba masuki, kamu juga harus paham dengan perusahaan atau lembaga yang membuka lowongan tersebut. Carilah di internet, tanyai kenalan atau anggota keluargamu, atau kalau memungkinkan kunjungi perusahaan itu. Pahami gambaran usaha dan visi misi perusahaan itu dengan baik. Temukan alasan mengapa kehadiran kamu di sana akan berkontribusi positif terhadap kinerja perusahaan itu.
  6. Persiapkan diri kamu untuk panggilan wawancara. Beberapa wawancara diawali dengan pertanyaan seperti “ceritakan tentang diri Anda.” Usahakan agar dalam waktu singkat kamu bisa memberi gambaran detail mengenai kapasitas kamu sebagai pekerja. Hapalkan hal-hal yang dasar agar lancar dan tidak terbata-bata. Namun, berimprovisasilah, karena kamu tidak ingin terdengar seperti robot kan?

    Yang terpenting, kamu harus selalu percaya diri dalam melamar pekerjaan. Tunjukkan hal itu dalam resume dan bahasa tubuh serta intonasi kamu saat wawancara. Selamat mencari kerja!

Dilihat: 47 kali

Pin It

You may also like

Leave a Comment