Tip menghindari zika
 

sekertarisku – Virus Zika menyapu dunia, dan itu datang untuk bayi Anda juga! Sementara virus Zika berbaris melalui Amerika Tengah dan Selatan, orang yang terinfeksi hanya akan mengalami ruam dan demam. Dengan keadaan ini banyak orang mencari tip menghindari Zika.

Tapi bagian yang menakutkan adalah bahwa virus ini diduga terkait dengan ribuan kasus mikrosefali, cacat lahir yang serius di mana otak bayi menjadi menciut, yang menyebabkan kecacatan permanen dan masalah kesehatan lainnya.

Krisis telah menyebabkan panik di negara-negara yang terkena dampak, seperti El Salvador, di mana pemerintah baru-baru ini menyerukan kepada seluruh penduduk untuk menghindari kehamilan selama sedikitnya dua tahun. Itu gila!

Dari mana timbul wabah ini? Virus ini dibawa oleh nyamuk Aedes. Nyamuk yang umum di Amerika Serikat, terutama di kawasan Teluk dan negara-negara selatan lainnya. Mereka juga telah ditemukan, meskipun tidak sering, hampir di seluruh bagian timur Amerika Serikat, dan semua negara perbatasan di selatan.

Inilah kabar baiknya, virus Zika harus menginfeksi populasi Aedes lokal untuk menciptakan wabah pada manusia. Sejauh ini, di Amerika Serikat, belum terjadi. Kasus disana telah diimpor oleh wisatawan bukan ditularkan dari nyamuk lokal. Sejauh ini masih memberikan kabar gembira. Kabar buruknya adalah bahwa virus menyebar cepat setelah berakar pada populasi nyamuk domestik. Jumlah dugaan kasus mikrosefali terkait Zika di Brazil melonjak menjadi ribuan tahun lalu, 20 kali lipat dari normal.

Belum ada pengobatan untuk Zika saat ini, dan tidak ada vaksin (National Institutes of Health menyatakan vaksin setahun lagi). Jadi apa yang harus dilakukan?

lemari asam adv. – Kuncinya adalah menghindari gigitan nyamuk. Nyamuk tidak bisa hidup dalam dingin. Tapi di negara tropis seperti Indonesia, bila Zika sampai kesini, akan menjadi tempat yang nyaman bagi virus ini tersebar dengan cepat. Jadi bagaimana tip menghindari Zika bila telah terjadi bencana?

1. Tetap Di Dalam

Bila anda tidak ada hal yang perlu dilakukan di luar, tetaplah di dalam rumah anda. Dengan ruang lingkup yang lebih kecil, tentunya lebih sedikit ancaman.

2. Gunakan Pengusir Nyamuk

Jika Anda harus pergi ke luar, boros sedikit untuk penolak kulit yang mengandung setidaknya 20 persen picaridin atau 15 persen DEET. Yah bila tidak mengerti akan komposisi ini, carilah lotion pengusir nyamuk yang banyak dijual di warung-warung saat ini. Pastikan anda tidak ada alergi terhadap obat-obat tersebut.

Terapkan di atas tabir surya. Tapi, terus terang, anda seharusnya tidak perlu banyak tabir surya jika Anda mengikuti point No 3.

3. Gaun Tepat

Memakai gaun panjang, pakaian berwarna terang, sepatu tertutup, dan topi. Nyamuk menyukai kaki dan wajah, lengan atas dan tempat-tempat berkeringat lainnya (bila Anda sedang hamil, bisa di mana-mana). Mereka juga tertarik untuk pakaian gelap.

4. Kota Lebih Berbahaya

Anda akan perlu untuk mengambil tindakan pencegahan yang lebih ketika Anda sedang menunggu untuk naik angkutan umum daripada duduk santai. Nyamuk Aides sangat banyak berada di kota.

5. Periksa Rumah Anda

Nyamuk Aedes berkembang biak di genangan air yang jernih. Jadi jelajahi halaman anda untuk mencari genangan air. Singkirkan tanaman pot, bantalan tombol outdoor furniture dengan lekukan, bahkan cekungan di bilah kayu atau apapun yang menciptakan genangan kecil saat hujan. Kaleng-kaleng bekas, bahkan mungkin genangan di dalam kamar mandi anda.

6. Semprot Halaman Anda

Semprot 100-200 halaman sekitar rumah Anda (tetangga Anda mungkin akan menyambut tawaran Anda untuk menyemprot tempat mereka juga). Tip mencegah zika ini tentu tidak akan menjadi masalah bila wabah telah melanda.

7. Tutup Tempat Masuk

Periksa semua jendela dan pintu Anda. Jika Anda melihat sebuah lubang, tidak peduli seberapa kecil pun itu, itu cukup besar. Ganti penyaringnya atau menjaga jendela atau pintu tetap tertutup.

8. Manfaatkan Angin

Jika anda mengadakan barbeque, membawa penggemar keluar ke teras dan kemudian bakar-bakar sepanjang waktu, gunakan kipas. Nyamuk lemah dan tidak bisa terbang melawan angin.

9. Hindari Semak

Tinggal jauh dari semak-semak. Nyamuk suka nongkrong di semak-semak untuk bernaung saat hari sangat cerah.

10. Tip Menghindari Zika yang Ekstrim: Korbankan Manusia

Tidur dengan suami anda dimana anda mnyelusup di bawah selimut dan biarkan suami anda di luar selimut, menawarkan dirinya sebagai pengorbanan manusia ke nyamuk yang akan memilih target lebih mudah. INGAT, Zika sangat berbahaya kepada perempuan yang hamil.

11. Periksa Kehamilan

Periksa selalu apakah anda sedang hampil atau tidak. Bila memang anda sedang hamil atau menghendaki hamil, berarti anda harus lebih waspada terhap gigitan nyamuk ini.

12. Jangan Lakukan Perjalanan ke Daerah Wabah

Demi keselamatan anak turun anda, hindari untuk sementara waktu daerah-daerah yang sudah terkena wabah Zika sampai ditemukannya vaksin atau obat untuk mengatasi virus tersebut. Bersabar untuk sementara waktu lebih baik bukan?

Bayi dengan kebutuhan khusus adalah karunia indah dari Tuhan. Tapi bayi yang tidak begitu cerdas, sedikit neurotik, akan memberikan kejutan Zika luar biasa kepada ibu!, demikian tip menghindari zika yang bisa kami babar, apakah anda punya tip yang lain?

sumber: thefederalist
oleh: n3m0

Dilihat: 3 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.