Sahabat Sekretaris jangan anggap remeh kondisi ketika sehabis berdiri lama. berjalan dalam jangka waktu yang cukup lama, serta jangan menekuk kaki setelah terbebani cukup lama karena inilah yang bisa menyebabkan varises.

Dan ternyata varises juga bisa menyebabkan kematian.

Varises atau pembengkakan pembuluh darah vena masih dianggap sebagai gangguan estetika karena mengganggu penampilan ketimbang dianggap gangguan kesehatan yang mungkin bisa menjurus ke arah serius ketika diabaikan.

Varises merupakan resiko penyumbatan pembuluh darah atau emboli paru atau pulmonary embolism (PE).  Emboli paru merupakan penyumbatan arteri paru-paru oleh suatu embolus (bekuan darah) yang terjadi secara tiba-tiba, yang bisa mengakibatkan kematian secara mendadak.

Bila sudah parah varises bisa mengakibatkan penimbunan darah karena aliran darah balik yang tidak normal. Akibatnya, darah rentan untuk membeku dan berpotensi menyumbat aliran darah ke paru-paru. Oleh karena itu, mengutip dari www.varises.org berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya varises.

1. Olahraga yang teratur untuk menguatkan otot kaki dan vena.
2. Jangan gunakan sepatu hak tinggi secara terus menerus. Karena penggunaan otot betis jadi tidak maksimal.
3. Usahakan tidak berdiri atau duduk terlalu lama. Berdirilah atau duduklah setiap 45 menit setelah seharian duduk atau berdiri.
4. Ketika duduk, usahakan tidak menyilangkan kaki karena bisa menghambat peredaran darah
5. Jangan sering memakai pakaian ketat pada bagian pinggang, paha dan kaki.
6. Konsumsi Vit. C dan E setiap hari karena sangat baik untuk pembuluh darah dan biasakan konsumsi makanan berserat  seperti sayur dan buah.
7. Kurangi garam untuk menghindari pembengkakan. Juga makanan pedas  karena bisa merangsang pelebaran pembuluh darah.
8. Lakukan senam kaki sambil duduk, putar pergelangan kaki searah jarum jam dan juga sebaliknya.

Teh, Coklat dan Kopi si Pendongkrak Mood

Terbukti bahwa beberapa jenis minuman memang membangkitkan semangat atau mood ketika sedang kendor atau mengantuk. Oleh karena pengaturan pola makan dan minum yang tepat dapat membantu anda agar mampu beraktivitas  dengan lancar dari pagi sampai malam hari. Melansir dari  www.livestrong.com, Editor kontributor Women’s Health Magazine dari NBC’s  New York Live  Keri Glassman membagi tips agar bisa tetap semangat beraktivitas seharian penuh.

Coklat, sering jadi pilihan untuk mengatasi bad mood

Kopi, juga bisa menghilangkan kantuk dan menambah semangat yang sedang melorot. Dengan mengkreasikan  espresso dengan bubuk kayu manis atau sediit gula batu, akan memberi efek menyenangkan. Juga dengan tambahan sirup coklat  kita bisa mengubahnya menjadi mochaccino. Bahkan jika ingin espresso lebih creamy bisa menambahkan susu non fat atau susu kedelai. Ini karena espresso menjadi cappucino. Susu tanpa lemak mengandung tritophan yang dappat membuat perasaan kembali ceria. Susu juga dapat membantu melawan stress dan penuaan karena mengandung antioksidan, vitamin D, dan vitamin B12.

Menjelang sore, mood bisa makin menurun. Pada saat itu biasanya kita mencari camilan manis, garing atau tambahan kafein  untuk menaikan mood.  Jika pagi sudah secangkir kopi , sebaiknya menjelang sore menikmati teh hangat. Saat Tea time. teh anda bisa dinikmati dengan menambahkan beragam rasa yang bisa menggelitik di lidah seperti karamel, peppermint, atau coklat. Jika ingin agak spicy dan fruity bisa menambahkan lemon atau jahe. Lebih aman dengan menambah pemanis buatan seperti madu.Camilannya bisa kacang almond yang baik untuk mendongkrak mood  karena mangandung kombinasi dari asam lemak omega 3 , vit. B dan tritophan. Slain itu  sbagai sumber asam folat (vit. B9) yang dapat mengurangi depresi.

Sepertinya sudah asik untuk segera dinikmati yaa…

Meluruskan tentang Khasiat Air Kelapa

Dengan munculnya berbagai produk minuman berenergi , air kelapa tetap menjadi pilihan sebagian orang untuk meraih kembali kesegaran. Pada saat tubuh membutuhkan asupan mineral agar kesegaran bisa kembali didapatkan.  Bahkan air kelapa saat ini hadir juga dalam  kemasan yang lebih ringkas  dan semakin mudah untuk dinikmati. Tapi taukah bahwa dari sekian banyak manfaat air kelapa ada beberapa khasiat yang harus diluruskan agar tidak keliru.

Tidak membantu sistem kekebalan tubuh

Tidak ada literatur ilmiah yang membuktikan bahwa air kelapa membuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan beberapa virus penyebab penyakit.
Sistem imunitas tubuh  adalah sistem kompleks. Satu-satunya cara meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan asupan zat gizi yng diperoleh dari beragam makanan dan minuman.

Tidak menurunkan berat badan

Banyak orang menyalah-artikan bahwa dengan minum banyak air kelapa maka akan menyebabkan diare dan berat badan menjadi turun. Yang terjadi adalah kebalikannya, bahwa air kelapa  hanya bisa dijadikan stimulan (rangsangan) bagi mereka yang susah untuk buang air besar karena dapat membantu melancarkan saluran cerna.

Tidak membantu sembuhkan batu ginjal

Hal utama untuk mencegah pembentukan batu ginjal adalah dengan mengkonsumsi kecukupan cairan atau air putih. Cairan tersebut bisa didapat dari air mineral,  juga termasuk air kelapa dan lain-lainnya. Hanya saja air kelapa tidak dapat begitu saja menyembuhkan batu ginjal.

CaraMudah Konsumsi Kalium

Kalium adalah mineral penting yang dibutuhkan bagi sistem saraf dan kontraksi otot. Kalium dimanfaatkan  oleh sistem saraf otonom (SSO) yang merupakan pengendali detak jantung, fungsi otak, dan proses fisio;ogi penting lainnya.

Orang dengan kalsium rendah berpotensi mengalami  kekurangan kalium (hypokalemia). Gejalanya bisa mulai dari kejang otot sampai dengan kelumpuhan otot, penurunan fungsi paru-paru, sembelit, kelelahan dan kelainan detak jantung.

Sumber www.livestrong.com melansir, dalam jangka panjang hypokalemia bisa merusak kerja ginjal. Banyak orang  mengatakan bahwa tanda yang paling jelas dapat dilihat dari kondisi fisik mata. Mereka yang kekurangan kalium memiliki lingkaran hitam atau kantung mata yang besar.

Sumber kalium lain selain pisang bisa dijumpai  dengan mudah, seperti :

Pepaya

Buah berwarna cerah ini mengandung kalium 264 mg untuk potongan sekitar 2.5 cm. Pepaya juga efektif mencegah terjadinya atheroscrelotic  (penyumbatan pada pembuluh darah arteri) serta penyakit jantung diabetik. Konsentrasi pro-vitamin A, carotenoid phytonutrients dalam pepaya membantu pencegahan kedua penyakit itu.

Nutrisi ini mencegah terjadinya oksidasi kolesterol  sehingga mencegah terjadinya penimbunan pada dinding arteri yang akan memnjadi plak berbahaya yang bisa memicu serangan jantung dan stroke. Serat dalam pepaya juga membantu menurunkan tingkat kolesterol  jahat (LDL).

Kentang

kentang ukuran medium mengandung kalium setar 542 mg. Kentang tidak mengandung  sodium dan bebas kolesterol selama proses memasakanya sesuai, seperti direbus atau dipanggang. Jumlah lemak pada kentang di bawah 25% sehingga dapat menghalangi endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah. kentang cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah.

Melon

Seporsi melon segar kaya akan kalium 358 mg. melon mengandung daya diuretik yang bagus, yakni berpotensi menyembuhkan penyait ginjal dan eksim.

Diet SEHAT dengan Ikan

Menjaga pola makan dan seleftif dalam mengkonsumsi makananlah kunci agar tidak mudah sakit. Karena kondisi lingkungan rentan mengandung polusi udara dan mudah membuat kondisi tidak fit. Dan menurut penelitian  Harvard School of Public Helath dan University of Washington, konsumsi ikan yang rutin akan memaksimalkan kesehatan, dan mencegah kematian prematur. Konsumsi ikan juga menyehatkan jantung dan perkembangan otak dalam meningkatkan kognisi serta menjauhkan gangguan radang otak.

Dan 2 jenis ikan di bawah ini bisa dikonsumsi rutin dalam rangka diet sehat.

Ikan Kembung, disebut juga ikan makarel

Tanpa diketahui ikan kembunglah yang menduduki peringkat tertinggi dengan kandungan omega 3 ketimbang ikan salmon, seperti yang  dikira banyak orang selama ini.

Dr dr. Damayanti R Sjarif SpA(K), konsultan nutrisi dan penyakit metabolik departemen Penyait Anak FKUI/RSCM, melansir dari www.intisari-online.com ,dalam 100 gram ikan kembung  mengandung omega 3 sebanyak 2.6 gram. Sedangkan ikan salmon 1.4 gram. Dengan kandungan yang kaya akan omega 3 asam lemak essensial, ikan kembung dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi resiko  penyumbatan arteri, stroke dan serangan jantung.

Ikan Salmon

Mengkonsumsi salmon bisa mencegah penyakit jantung  karena salmon mengandung omega 3 yang dapat menurunkan tingkat trigliserida jahat yang dapat meningkatkan resio penyakit jantung. Selain itu juga dapat meningkatkan fungsi otak dan memori.  Kandungan Vit. A dan asam amino dalam salmon dapat membantu merangsang aktivitas otak dan membuat fungsi memori bekerja optimal. Komponen ini juga sangat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan dan perkembangan otak.

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 9 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan