sekretaris-ku-balance-personal-professional
 

sekretaris-ku-balance-personal-professional

Binggo! Topik inilah yang seringkali menjadi masalah bagi para sahabat di SekertarisKu bukan? Kadang bila ada masalah rumah tangga tidak selesai, seringkali pikiran mumet dan emosi yang labil terbawa ke tempat kerja, walhasil kerjaan tidak tuntas. Atau sebaliknya, ada masalah dikantor dan akhirnya terbawa ke rumah, hasilnya tentu bisa ditebak, yang dirumah menjadi korban bukan?

Hubungan sebab akibat ini akan menjadi lingkaran setan yang terus mengakumulasi masalah yang dihadapi. Setelah otak anda tidak mampu menghandlenya, akhirnya kesehatan anda yang akan menjadi tumbalnya.
Oleh karenanya jangan dianggap remeh masalah keseimbangan ini. Selain akan secara tidak langsung menjaga kesehatan anda, juga secara tidak langsung akan membangun keprofessionalan anda.

Dibawah ini beberapa langkah yang bisa diambil oleh sahabat SKers untuk membantu menjaga keseimbangan ini.

  1. Menghilangkan semua gangguan untuk meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja.
    • Hindari pengecheckan email, sms dan voice mail pribadi. Aktifitas ini akan mencuri waktu kerja anda dan kebanyakan masalah-masalah pribadi tersebut bisa diselesaikan setelah waktu kerja.
    • Kurangi waktu anda untuk online, hindari browsing dan mengecheck situs-situs social seperti facebook, forum-forum dan lain-lain yang berhubungan dengan personal.
    • Berbicaralah hal yang berhubungan dengan pribadi bersama teman kerja pada saat lunch atau break.
  2. Bekerjalah sesuai waktunya. Jangan bekerja sampai menyita waktu pribadi anda. Tentukan target waktu untuk meninggalkan kantor dalam keseharian.
  3. Kembangkan pertemanan diluar teman kerja. Jika teman kerja anda adalah sahabat anda, buatlah rule agar mendiskusikan masalah kerjaan hanya ditempat kerja.
  4. Rencanakan aktifitas yang menyenangkan bersama keluarga diluar jam kerja.
  5. Fokus hanya untuk personal life diluar jam kantor.

Memang secara garis besar dari hal-hal yang diatas adalah bagaimana supaya SKers bisa membuat sekat pemisah yang jelas antara pekerjaan dan waktu pribadi anda. Langkah-langkah diatas hanya sebagian ide saja yang bisa di share oleh SekertarisKu, bukan tidak mungkin di antara para sahabat SKers ada tips yang lebih jitu mengenai hal ini. Bila bisa tercapai keseimbangan ini, secara tidak langsung kesehatan kita pun akan terjaga karena kita terjauh dari stress 🙂

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 13 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan