Tuntutan tugas padat dan deadline kerja yang kerap membuat kepala sahabat sekretaris pusing. Bahkan bisa jadi semua pekerjaan atau tugas kantor bisa terbawa dalam semua aktivitas kita. Dan hal inilah yang bisa memicu stress yang tak terhindarkan dan tak berkesudahan.

“Tarik Napas dan Tenanglah” kata seorang teman pada rekan kerjanya yang sedang dalam emosi yang bergejolak. Stress memang datang kapan saja dan meledak kapan saja. Ketika dalam sebuah rapat atau ketika bersama atasan. Bisa jadi runyam ketika kita tidak bisa mengendalikan pikiran, logika dan emosi. Dan meditasi adalah salah satu dari sekian banyak “way out” untuk mengendalikan pikiran dan emosi agar lebih tenang.

Tehnik yang dipelajari tidak memerlukan alat dan tempat khusus. Tidak menyita waktu bahkan hanya perlu beberapa hitungan menit disela-sela kesibukan kita. Awalnya memang meditasi dapat membantu memperdalam kekuatan sakral dan menemukan jati diri. Tetapi kini dipercaya sebagai bagian relaksasi dan mengurangi kadar stress.

Sebagai terapi untuk kesehatan pikiran dan tubuh, yang perlu dilakukan dan dipahami adalah mendalami proses relaksasi dan berpikir tenang. Selama proses, fokuslah pada satu kondisi yang dituju diiringi dengan bernapas yang tenang dan teratur. Usahakan untuk menghindari kecemasan atau pikiran-pikiran negatif yang memicu stress. Jika hal ini dijalani secara baik dan rutin, niscaya akan tercapai perspektif baru untuk menghadapi kondisi stress.

Hal lain yang dapat dipetik adalah menciptakan kemampuan mengatasi stress, meningkatkan kesadaran diri, fokus pada situasi dan tidak lupa dapat mengurangi emosi serta pikiran negatif.

Lantas apakah meditasi dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh?

Ya, dan ternyata pakar meditasi pun memaparkan bahwa dengan pikiran positif dan dengan meditasi mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Bahkan bisa mengatasi beberapa problem kesehatan, diantaranya alergi, asma, kanker, depresi, penyakit jantung dan hipertensi. Di sisi lain juga gangguan tidur, rasa cemas, takut, kelelahan, ketergantungan narkoba yang dapat dipulihkan perlahan dengan meditasi.

…Selamat Mencoba Meditasi…

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 8 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan