Sebagai seorang sekretaris atau yang selalu bekerja di depan layar komputer atau berkutat dalam lembaran-lembaran kertas kerja atau laporan-laporan dengan angka-angka, adalah hal lumrah mata menjadi lelah atau kepala mendadak pening.

Menjaga kesehatan mata cukup mudah jika mau mengikuti tips berikut ini :

  1. Dengarkan mata anda
    Rasa gatal atau lelah adalah simptom atau tanda mata anda perlu istirahat.
  2. Sering Istirahat
    Istirahatlah secara teratur setiap 40  menit dari pekerjaan yang memerlukan fokus penglihatan.  Jalan-jalan dan lihatlah objek-objek jauh sebagai pengganti. Bisa juga gunakan obat tetes mata untuk melumasi mata agar nyaman.
  3. Perlindungan
    Gunakan kacamata UV jika matahari terik, untuk melindungi dari sinar ultraviolet berbahaya. Gelombang biru adalah biang keladinya, dan filter yang baik adalah lensa dengan warna kuning, jingga atau coklat (minta proteksi UV 100%). Gunakan pada daerah yang panas, sangat silau seperti dekat air atau salju. Gunakan juga topi berpinggiran lebar untuk menghambat silau. Proteksi mata juga diperlukan untuk pekerjaan yang menggunakan mesin dan partikel-partikel kecil yang mungkin berhamburan.
  4. Berhenti merokok
    Karena meningkatkan resiko degenerasi nakula dan kerusakan syaraf mata.
  5. Pemeriksaan Teratur
    Mendeteksi dini adalah perlu. Idealnya pemeriksaan wajib adalah satu kali pada usia 20-an dan dua kali pada usia 30-an. Setelah usia 40 pemeriksaan setiap 2-4 tahun. Dan setelah 65 setiap 1-2 tahun. Orang dengan riwayat keluarga masalah dengan mata atau diabetes perlu lebih sering melakukan pemeriksaan.
  6. Makan yang sehat
    12 gelas air setiap hari mencehgah mata sembab. Penelitian mengidentifikasi nutrisi tertentu baik untuk mata, antara lain :

    • Vit.E, anti oksidannya melindungi mata terhadap perkembangan katarak, terdapat pada biji-bijian (whole grains), kacang2an, minyak tak jenuh ganda (minyak sayur), minyak tak jenuh tunggal (olive oil).
    • Vit.C, sama seperti Vit E ,melindungi perkembangan katarak, terdapat pada buah dan sayuran (terutama citrus, melon dan brokoli)
    • Zinc, meperlambat perkembangan AMD (Age-related Macular Degeneration), terdapat pada daging, unggas ikan dan produk susu.
    • Caroteinoids (Lutein danZeaxanthin), mellindungi terhadap katarak dan AMD, terdapat pada buah dan sayuran yang berdaun hiau tua yang kuning atau hijau).
  7. Bicaran pada Keluarga
    Terkadang karena masalah mata adalah penyakit keturunan. Dan jika terdiagnosa mengalami masalah, bicarakan masalah ini dengan keluarga agar bisa ditangani lebih dini.

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 43 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan