sekretaris-olahraga-berdasar-usia
 

sekretaris-olahraga-berdasar-usia

Sahabat sekretaris, keseimbangan  antara  aktivitas kerja, istirahat dan olahraga sangat diperlukan. Ada banyak cara membuat hidup kita menjadi lebih berkualitas, termasuk  menjaga kesehatan.

Tetapi yang perlu diperhatikan oleh para rekan sekretarisku adalah bahwa olahraga perlu disesuaikan dengan usia.

Regenerasi sel dan kondisi organ tubuh  yang tidak sama, menjadi  faktor penentu olah raga apa yang sesuai dan tepat dengan kondisi tubuh dan usia kita.

Sahabat Sekretaris Usia 15-25

Berada alam kondisi paling prima.  Dimana proses pertumbuhan terjadi di usia remaja.

Olaraga yang tepat : High atau low impact tidak menjadi masalah, basket, tennis, sepeda, angkat beban, aerobik, body pump, pilates, yoga, dll. Bisa dilakukan dengan efek negatif yang minim. Bisa dilakukan 4-5 hari per minggu.

Sahabat Sekretaris Usia 25-35

Memasuki dekade ketiga ada perubahan anatomi-fisiologis. Variasi olah raga masih tidak terlalu berbeda., namun bagi non atlet high impact dan permainan kompetitif seperti basket, tennis dll. Harus mulai dikurangi. Plilates dan yoga atau olah fisik ini sebaiknya mulai dbiasakan. Pola makan, istirahat dan manajemen stress harus dikelola dengan baik.

Sahabat Sekretaris Usia 35-40

Fungsi Fisiologis dan anatomi mengalami penurunan drastic. Jika cedera perlu waktu yang lama dan kadang sulit sembuh.Aktivitas high impact di waktu muda yang bisa memmbuat tulang terstimulasi aktif menyerap magnesium  kalsium, malah bisa sebaliknya mengancam kekuatan tulang  dan osteoporosis dini.

Olahraga yang dianjurkan : low impact  seperti pilates oga renang sepeda,sementara aerobik dan body pump atau angkat beban menjadi porsi skunder.

Sahabat Sekretaris Usia 40

Ada perubahan kemampuan tubuh. Olah raga dikonsentrasikan pada keseimbangan kerja jantung dan paru-paru.  Aktivitas high impact harus dijauhi untuk menghindari kerusakan fungsi anatomi dan fisiologis.

Olahraga yang tepat adalah Yoga, Pilates, lari ringan di atas mesin kario, sepeda dan berenang.

Sahabat Sekretaris Usia pasca 50

Fase  ini olahraga sebagai bentuk perawatan tubuh sahabat sekretaris. Aktivitas yang menimbulkan efek negatif pada tubuh haus dihindari.

Olahraga yang tepat adalah Low impact, seperti Yoga yang paling ideal apabila dilakukan dengan benar.

Selamat berolahraga sekertarisku agar stamina tubuh dan pikiran tetap prima dan hidup lebih berkualitas.

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 35 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan