Sahabat Sekretaris, penyakit tentang batuk pilek adalah jenis penyakit yang rutin datang bertamu kapan saja di saat daya tahan tubuh kita sedang tidak dalam kondisi okay.

Belum lagi gejalanya yang sangat cepat sekali menular pada kondisi tertentu dan juga kepada anak-anak.

konon jumlah virus sampai lebih dari 200 macam yang senantiasa gentayangan di sekitar kita.

Pada saat tubuh kita lemah vistus dapat langsung bereaksi hanya dalam 1-2 hari langsung bisa muncul peradangan pada selaput lendir hidung dan tenggorokan, maka terjadilah gejala flu.

Batuk yang disertai flu memberikan tanda bahwa tubuh bereaksi untuk melindungi paru-paru dari zat pengganggu. Dan jika sampai pada salah satu reseptor batuk yang ada di hidung, tenggorokan, atau dada. Maka otak memberi sinyal pada tubuh untuk batuk.

Batuknya bisa ringan yang hanya muncul sesekali sebagai upaya tubuh untuk mengeluarkan debu. Dan bisa diatasi dengan hanya minum air putih saja untuk membersihkan tenggorokan agar menjadi nyaman.

Tetapi bisa juga berupa batuk hebat yang disertai dahak, ini terjadi karena saluran pernapasan bagian atas terinfeksi virus (ISPA=infeksi saluran pernapasan atas). Otomatis tubu melawan  dengan memproduksi mucus/dahak yang tugasnya menjebak biang penyakit demi melindungi saluran pernapasan.

Tetapi bisa saja ada yang nyelonong dan sampai ke kotak suara sehingga suara kita menjadi serak. Maka dalam kondisi ini diperlukan obat batuk expectoran sebagai pengencer dahak. Tetapi jika masih berlanjut lebih dari 2-3 minggu disertai demam, napas makin pendek disertai dahak dan darah, harus sesegera mungkin memeriksakannya ke dokter.

Dan pilek yang menjadi partner setia batuk merupakan salah satu gejala selesma.

Gejalanya adalah hidung meler dan tersumbat. Pada saat awal selaput lendir hidung meradang dengan mengeluarkan airan encer dn bening. Tapi ketika kondisinya memburuk cairannya berubah menjadi kental dan kekuningan.

Yang perlu diketahui adalah bahwa serangan batuk pilek yang disebabkan virus baik ada demam atau tidak, tidak memerlukan antibiotik. antibiotik akan diperlukan jika terjadi kompllilkasi infeksi dan kuman.

Dan virus tidak akan mati oleh antibiotik.

Yang perlu dilakukan, sekali lagi adalah istirahat total, makanan bergizi, banyak minum serta minum obat untuk mengurangi gejalanya saja.

Obat Flu dari dapur :

Jeruk nipis

Mengandung vit.C dan senyawa flanonoid yang sifanya antioksidan.

Buah dan sayur

Kaya akan Vit C , mengurangi keparahan dan mempersingkat gejala selesma.

Jamur shitake/hioko

mengandung polisakarida ketu=inan yang membantu mengatasi selesma.

Sup ayam panas

Selain mudah dicerna dan memberi efek yang enak pada tubuh, protein ayam pada sup ini mengandung sistein yang mengencerkan dahak di paru agar mudah dikeluarkan.

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 4 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan