Sahabat sekretaris kadang mendapatkan perlakukan yang tidak nyaman ditempat kerja yang dikarenakan etnis yang berbeda. Konflik antar etnis ini bisa terjadi dimana saja meskipun dunia telah maju dan semestinya manusia lebih beradab. Menurut data sensus di Amerika Serikat, tenaga kerja di AS saat ini menjadi lebih beragam. Untuk banyak bisnis ini akan menjadi keuntungan karena tempat kerja lebih beragam juga berarti keragaman pengalaman dan basis pengetahuan yang lebih luas.

Namun disisi lain konflik juga bisa muncul, dan akan bijaksana untuk menyadari penyebab konflik antaretnis di tempat kerja sebelum hal itu terjadi sebelum kita bisa menghadapinya secara efektif.

Pelecehan

Diskriminasi dan pelecehan dapat diwujudkan dalam beberapa cara. Iklim di kantor berpengaruh banyak dalam mencegah konflik antaretnis. Sebelum karyawan mulai mendiskriminasi satu sama lain melalui isu etnis, mereka mungkin akan berprilaku kasar satu sama lain dalam cara yang berbeda. Seorang majikan harus mengambil pendekatan sangat tegas bila ada insiden terjadi karena hal tersebut. Untuk perusahaan yang kecil khususnya, karena mereka memiliki lebih sedikit karyawan, harus berhati-hati dalam menciptakan lingkungan yang sehat.

Penanganan

Seringkali konflik kerja terus meningkat dan bereskalasi karena tidak ada mekanisme di tempat untuk menyelesaikan hal tersebut. Jika perusahaan menetapkan prosedur untuk mengatasi hal-hal ini dari awal, maka kedepan bisa mengurangi konflik yang mungkin muncul. Hal ini sangat penting dalam hal ras dan etnis dimana perasaan yang terlibat lebih kuat dan orang-orang yang lebih sensitif. Dengan menangani masalah sebelum mereka menjadi tidak terkendali, perusahaan bisa mencegah isu ini berlanjut kepada tingkat yang lebih serius.

Hak istimewa

Karena diskriminasi bisa dilihat sepanjang sejarah dan bisa diamati juga pada masa kini, banyak kelompok etnis yang dipandang mempunyai hak yang lebih dibanding yang lainnya. Hal ini bisa menyebabkan permasalahan ditempat kerja. Jika salah satu pekerja berpikiran bila orang lain mendapatkan peluang yang lebih baik dibanding dia dikarenakan isu etnis, hal ini bisa menimbulkan kebencian padanya.

Stress

Banyak sahabat sekretaris yang merespon karena stress untuk berperilaku jelek terhadap rekan kerjanya. Jika sebuah perusahaan mengalami penurunan produktifitas, atau jika karyawan menghadapi stres karena sebab lainnya, hal ini dapat meningkatkan ketegangan antaretnis bila masalah itu telah ada sebelumnya. Sebuah perusahaan harus jeli selama saat-saat seperti ini dan berusaha untuk mengurangi stres sebanyak mungkin untuk menghindari konflik.

Rasisme

Penyebab yang paling mendasar dari konflik antaretnis di tempat kerja adalah rasisme. Praduga tentang anggota kelompok etnis lain, meskipun sering ditekan, masih bisa muncul dan mempengaruhi hubungan dan perilaku. Mungkin sulit untuk mendeteksi sikap seperti itu, tapi perusahaan harus membuat jelas bahwa mereka tidak akan mentolerir segala hal yang berhubungan dengan isu ini. Selain itu, mereka harus sangat waspada untuk mengawasi segala tindakan yang kemungkinan di motivasi atas dasar hal ini.

Intinya sahabat sekretaris, dalam urusan etnis perlu ketegasan karena isu ini sangat sensitif. Bila tidak ditangani dengan baik, maka akan membuat suasana kerja sangat tidak nyaman dan keadaan bisa bertambah buruk di masa depan.

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 34 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan