Tanya :

Saya bekerja di sebuah yayasan sudah lebih dari satu tahun sebagai Sekretaris.

Hubungan dan komunikasi dengan atasan cukup baik. Banyak pendapat saya didengar dan dipakai jika menemui kendala dalam pekerjaan.

Tetapi beberapa waktu lalu saya mendapat intruksi yang menurut saya tidak tepat. Sebenarnya saya juga ada metode lain yang bisa berhasil dan sudah sempat saya kemukakan. Tapi atasan tetap menolak, dan ternyata dugaan saya tepat, malah menjadi masalah. Dan sayalah yang menghadapi masalah ini dan harus menyelesaikan dengan pihak luar.

Bagaimana caranya menolak instruksi yang tepat dan baik, jika sebenarnya kita tahu dan yakin bahwa instruksi atau usulan tersebut tidak jitu dan mungkin tidak myelesaikan masalah?

Memang ada pendapat yang mengatakan the Boss can do no wrong, tapi untuk saya pribadi tidak mantap melakukan sesuatu yangn tidak saya yakini. Malah belakangan saya harus juga siap jadi ” tukang bersih-bersih?” dari masalah yang timbul.

Ani, Jakarta

Jawaban :

Dalam sebuah Tim kerja sebelum melakukan sesuatu memang harus dipikirkan, dibicarakan atau mungkin diperdebatkan meskipun dengan boss anda.

Memang tidak akan selalu mulus boss menerima usulan kita, dan juga boss tidak selalu benar. Itu sebabnya masukan harus diberikan.

Jangan hanya diam atau mengangguk, beranilah mengemukakan pendapat. Tetapi jangan putus asa atau lari jika pendapat kita ditolak.

Tidak ada salah menyalahkan, karena semua keputusan akan dibicarkan dan diperdebatkan. Sebagai sebuah tim setiap orang harus memberikan masukan dan konstribusi pemikiran yanng optimal.

Intinya sebuah keputusan memang tidak selalu sejalan dengan pendapat anda.

tapi jika keputusan sudah dibuat apapun hasilnya menjadi tanggung jawab bersama. Memang tidak nyaman. Tapi ini adalah bagian dari seni bekerja.

Ani, jika anda sudah memberikan pendapat yang jelas dan tegas, tapi boss punya pendapat lain yang harus dijalankan, sebenarnya atasan anda cukup paham bahwa ia gagal. Dia tahu anda sudah memberikan pendapat yang tepat.

Anda harus menerima dan ingat jangan sampai mengumumkan pada khalayak, karena bukan hal yang pantas dan perlu dilakukan.

Inilah yang disebut bagian dari Managing Boss..

With all due respect, Sir. I have different opinion (dengan segala hormat, saya punya pendapat yang berbeda), sampaikan dengan cara yang sopan. Lalu jelaskan pendapat anda dengan rinci dengan fakta dan analisis.

Good luck Ani.

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 10 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan